Agar Anak Nafsu Makan

Agar Anak Nafsu Makan

Salah satu permasalahan yang dialami oleh seorang anak adalah susah makan. Oleh karena itu, orang tua harus pandai dalam membujuk agar anak nafsu makan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sehingga anak selalu bersemangat untuk makan.

Makan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Lewat makan seorang anak dapat mengkonsumsi nutrisi bergizi  yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh selalu sehat dan tidak rentan terhadap berbagai penyakit.

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Ada dua macam faktor yang dapat menyebabkan seorang anak susah makan, yaitu faktor kesehatan dan psikis.  Berikut ini akan dikaji lebih dalam penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya. Tujuannya adalah agar anak nafsu makan kembali.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan:

1. Faktor kesehatan

Ada beberapa faktor kesehatan yang dapat memicu anak susah makan, antara lain adalah sebagai berikut:

Faktor kesehatan

  • Sedang muncul gigi

Anak yang sedang muncul giginya juga dapat menyebabkan nafsu makannya berkurang. Solusinya adalah dengan membuat menu makanan yang bertekstur lebih halus.

  • Anak sedang sakit

Pada saat anak terkena batuk dan pilek maka dapat menyebabkan anak susah makan karena pada kondisi tersebut anak merasa tidak enak badan.

  • Mengkonsumsi makanan yang manis sebelum makan

Makanan yang manis memiliki kalori yang tinggi sehingga anak akan merasa kenyang saat mengkonsumsi makanan tersebut seperti coklat dan lain – lain.  Dengan demikian anak akan menjadi susah makan.

  • Anak terlalu banyak makan camilan

Anda harus pandai dalam mengarahkan anak agar tidak banyak mengkonsumsi camilan. Memang camilan dapat menyebabkan perut kenyang, namun jika camilan yang dimakan mengandung banyak MSG akan berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus memperhatikan hal ini karena efek jangka panjangnya sangat berbahaya jika anak kecanduan dengan makanan yang mengandung MSG. Selain itu, nafsu makan anak akan berkurang sehingga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kurang.

  • Pada saat anak sudah mampu membedakan rasa dari setiap makanan maka anak akan memilih makanan yang dianggapnya enak. Apabila makanan yang disajikan tidak sesuai selera maka anak akan susah makan.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membuat variasi menu saat menyajikan makanan. Tujuannya agar anak tidak merasa bosan dengan menu makanan yang Anda buat. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi mood anak untuk makan.

2. Faktor Psikis

Berikut ini adalah beberapa gangguan yang terjadi pada psikis anak sehingga menyebabkan anak susah makan:

Tips Agar Anak Nafsu Makan Faktor Psikis

  • Anak merasa takut. Anda harus jeli terhadap kondisi psikis anak. Rasa takut dapat muncul karena anak merasa asing di lingkungan sekitarnya. Selain itu, juga disebabkan karena anak merasa takut terhadap berbagai jenis makanan seperti lele, belut dan lain – lain.
  • Cemas dan Kesepian. Rasa cemas itu muncul pada anak saat ditinggal orang tuanya bekerja seolah – olah anak merasa kurang diperhatikan. Akhirnya membuat anak menjadi mogok makan. Solusinya adalah dengan sering meluangkan waktu untuk sang buah hati tercinta.
  • Stress dan depresi. Kedua hal tersebut dapat membuat anak tidak nafsu makan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak menekan dan bersikap keras kepada anak karena terlalu banyak menekan anak dapat menyebabkan depresi dan stress. Hal ini tidak dapat dibiarkan karena dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tips Agar Anak Nafsu Makan

Tips Agar Anak Nafsu Makan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda jalankan agar anak Anda memiliki nafsu makan:

  • Berolahraga secara Rutin

Salah satu upaya untuk merangsang nafsu makan anak meningkat adalah dengan mengajak anak untuk rajin berolahraga.  Saat anak berolahraga tubuh bergerak secara aktif sehingga terjadi proses pembakaran kalori. Alhasil nafsu makan anak menjadi bertambah.

  • Hindari Minum Sebelum Makan

Anda sebagai orang tua dapat mengajari anak untuk membiasakan tidak minum sebelum makan. Hal ini dikarenakan apabila anak minum dulu maka perut akan terasa kenyang sehingga nafsu makannya berkurang.

  • Banyak Mengkonsumsi Buah Jeruk

Banyak Mengkonsumsi Buah Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat berperan dalam meningkatkan sistem imun di dalam tubuh dan menambah nafsu makan anak. Selain itu, juga dapat memperlancar proses metabolisme pada tubuh Anda.

  • Mengajak Anak Sering Tertawa

Hasil dari sebuah riset telah membuktikan bahwa orang yang sering tertawa nafsu makannya bertambah. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak – anak saja melainkan juga berlaku untuk orang dewasa.

  • Memakai Peralatan yang Lucu

Tempat makanan ternyata juga berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Anda dapat membeli peralatan makan seperti sendok, piring, garpu dan lainnya dengan bentuknya yang lucu dan berwarna warni. Contohnya adalah berbentuk hewan atau kartun yang sedang disukai anak Anda. Tujuannya adalah agar merangsang mood anak untuk makan.

  • Anak Diajak untuk Menyiapkan Makanan

Salah satu cara untuk merangsang anak agar mau makan adalah dengan melibatkan anak dalam memasak. Pertama, biarkan anak memilih bahan masak yang disukai. Setelah itu, libatkan juga anak saat menyiapkan makanan di meja makan. Dengan demikian anak akan semakin bersemangat makan.

  • Membuat Menu Makan yang Bervariasi

Membuat Menu Makan yang Bervariasi

Menu makan yang sama setiap hari dapat membuat anak bosan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membuat makanan yang bervariasi setiap harinya. Dengan demikian anak akan mendapatkan nutrisi yang kaya akan gizi lewat makanan yang dikonsumsi.

  • Membuat Jadwal Makan yang Teratur

Anda dianjurkan untuk mengatur jadwal makan yang teratur untuk anak Anda. Hal ini dikarenakan dapat berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Saat anak merasa lapar maka bersegeralah diajak untuk makan sebelum anak kehilangan nafsu makan.

  • Mengkonsumsi Vitamin

Anda dapat memberikan nutrisi dari luar yang berupa vitamin B dan zinc. Kedua nutrisi tersebut sangat bagus untuk membantu meningkatkan mood anak untuk makan. Dengan demikian anak akan mendapatkan asupan gizi yang lengkap lewat makanan yang dikonsumsinya.

  • Hindari Memaksa Anak untuk Makan

Anda dianjurkan untuk tidak memaksa anak untuk makan. Hal ini akan berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk mendisiplinkan waktu makan anak agar pada saatnya makan tiba maka anak merasa lapar.

  • Mengkonsumsi Gizidat

Mengkonsumsi Gizidat

Salah satu contoh produk gizidat yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak adalah madu gizidat. Mengapa harus mengkonsumsi gizidat? Hal ini dikarenakan produk gizidat terbuat dari bahan alami yang bagus untuk dikonsumsi anak.

Selain itu, madu juga memiliki banyak khasiat seperti membantu mencerdaskan anak, mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, membantu produksi sel darah merah dan lain – lain.

  • Mengurangi Porsi Makan Anak

Memberikan anak makanan dengan porsi kecil terlebih dahulu agar merangsang anak untuk makan dengan lahap sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *