Anak Demam Tinggi

Anak Demam Tinggi

Demam yang terjadi pada anak dapat terjadi, ketika suhu tubuh yang dimiliki anak sudah mencapai lebih dari 38°C sedangkan untuk suhu normal yang dimiliki anak sendiri hanya 36,5 – 37,5° C. Demam yang terjadi pada anak sendiri juga disebabkan oleh banyak hal. Banyak ibu yang masih merasa panik jika si anak terkena demam. Untuk itu, akan sangat baik jika dapat mengetahui tips anak demam tinggi.

Saat anak mengalami demam tinggi, hal ini disebabkan oleh banyak hal. Namun bukan berarti bahwa penangananya harus langsung menggunakan bantuan dokter. Dalam hal ini, untuk anak yang sedang demam tinggi, anda dapat melakukan penanganan yang dapat membantu demam agar cepat turun. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai demam tinggi yang dimiliki anak.

Penyebab Demam Tinggi

Demam sendiri merupakan salah satu mekanisme yang dimiliki oleh tubuh, dimana reaksi tubuh saat melawan infeksi. Demam pada anak sendiri muncul, dan dapat dikatakan sebagai penanda bahwa sistem kekebalan yang dialami anak sedang bekerja untuk melawan virus lain seperti salah satunya flu. Demam sendiri terjadi saat otak memberikan sebuah perintah agar tubuh meningkatkann suhu tubuh yang dimilikinya.

Hal ini juga dibutuhkan dimana untuk dapat mengarahkan sel-sel putih yang anak miliki, agar dapat melawan virus dan juga bakteri yang cukup mengganggu tubuh. Berikut ini ada beberapa penyebab anak demam tinggi yang harus diketahui:

1. Infeksi

Infeksi

Demam adalah tanda dimana sistem kekebalan tubuh sendiri yang ada pada anak, melawan infeksi. Infeksi sendiri juga sering kali menjadi penyebab saat anak mulai menderita demam tinggi yang mana merupakan infeksi dari bakteri dan juga virus. Penyakit dari infeksi ini juga menyebabkan demam seperti juga radang, radang amandel, infeksi pada telinga dan masih banyak lagi.

2. Pakaian dan Suhu Pada Lingkungan

Pakaian dan Suhu Pada Lingkungan

Bukan hanya disebabkan pada infeksi, namun dalam hal ini demam juga dapat menyerang anak jika si anak terlalu lama saat beraktivitas di luar ruangan terutama saat cuaca sedang panas. Anak demam tinggi juga dapat muncul atau terjadi, ketika anak menggunakan pakaian yang terlalu tebal. Namun biasanya hal ini hanya muncul pada bayi, terutama bayi yang baru lahir.

3. Efek dari Imunisasi

Efek dari Imunisasi

Memang hal ini tidak terjadi pada semua bayi atau anak, namun untuk sebagian bayi dan juga anak dapat mengalami kondisi dimana si anak terkenan demam setelah melakukan imunisasi. Namun biasanya dalam hal ini, demam tergolong masih ringan. Anda dapat menanyakan kepada dokter yang sebelumnya memberikan anak imuniasais. Mungkin penangannya akan meredakan demam anak.

Kriteria Demam

 Demam sendiri merupakan salah satu tanda, dimana sistem imun yang ada sedang bekerja untuk dapat melawan infeksi, jamur, bakteri, virus dan juga zat asing yang akan masuk ke tubuh. Demam sendiri harus di tangani, karena dilakukan utnuk dapat meringankan rasa yang tidak nyaman. Dalam hal ini kriteria demam yang dimiliki anak juga beragam, karena suhu normal yang dimiliki berbeda.

Namun secara umum, suhu tubuh sendiri dikatakan memang sudah berada diatas normal seperti ketika mencapai 37 derajat celcius yang di lakukan dengan pengukuran mulut atau 37,2 derajat celcius yang mana diukur melalui anus. Jika anak anda mulai memasuki masa ini, anak harus cepat mendapatkan penanganan.

Demam lainnya yang juga harus mendapatkan penanganan adalah, dimana saat demam lebih dari 38 derajat celcius yang harus cepat melakukan penanganan. Demam yang mencapai hingga 40 derajat celcius atau bahkan lebih tinggi, dalam hal ini dianggap sebagai salah satu kondisi yang berbahaya. Bahkan anak harus segera mendapatkan bantuan medis. Hal ini akan menyebabkan gangguan fungsi otak.

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak

Saat demam anak terjadi, tentunya cairan tubuh yang dimilikinya akan cepat menguap. Hal ini tentunya akan meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi. Maka dari itu, ada beberapa hal penting yang mana harus di lakukan pertama kali untuk dapat mengatasi demam tinggi yang dimiliki anak untuk dapat mencakupi kebutuhan cairan yang dimiliki seperti dengan meminum banyak air putih.

  1. Suhu Ruangan

Suhu Ruangan

Untuk mengatasi anak demam tinggi, langkah pertama yang harus anda ketahui cobalah untuk memastikan bahwa suhu ruangan rumah anda tetap sejuk. Dalam hal ini, dilakukan untuk membuat anak tetap merasa nyaman dan mengatasi demam tinggi yang dimiliki oleh anak. Cara ini juga dapat membantu untuk menurunkan demam tinggi yang dimiliki anak agar tidak semakin tinggi.

  1. Sirkulasi Udara

Sirkulasi Udara

Cara lain yang dapat anda lakukan, cobalah untuk menyelimuti anak, usahakan dengan kain tipis dan juga buka jendela. Hal ini dilakukan agar anda dapat terus memastiukan anak anda mendapatkan sirkulasi udara yang lancar dan membuat suhu ruangan lebih sejuk dan nyaman untuk anak.

  1. Kompres

Kompres

Kegiatan kompres memang merupakan salah satu kegiatan yang banyak di lakukan oleh para ibu. Dalam hal ini, anda dapat melakukan kompres dengan menggunakan perlengkapan yang ada. cobalah untuk meletakan handuk kecil, yang mana sudah dibasahi dengan air hangat di dahi anak sendiri. Hal ini akan membantu untuk mengatasi demam yang dialami oleh anak dengan aman.

  1. Istirahat

Istirahat

Utamanya saat anak mengalami demam tinggi, memang penting untuk membuat anak merasa nyaman agar mencegah menggihil atau bahkan kepanasan terutama untuk demam tinggi. Cobalah untuk membiarkan anak agar banyak sitirahat dan usahakan untuk tidak banyak berpergian ke luar rumah terlalu sering. Dalam hal ini akan membantunya untuk pemulihan lebih cepat.

  1. Meminum Paracetamol

Meminum Paracetamol

Setelah penanganan dengan istirahat, and ajuga diharuskan untuk memberikan paracetamol untuk membantu menurunkan demam. Paracetamol ini juga dapat meringankan gejala lainnya seperti sakit punggung, nyeri, sakit gigi dan masih banyak lagi. Paracetamol ini akan sangat membantu menurunkan demam yang dimiliki anak, agar dapat turun dan membaik.

  1. Ibuprofen

Ibuprofen

Untuk menurunkana anak demam tinggi, dalam hal ini ibuprofen juga merupakan salah satu obat yang digunakan untuk menurunkan panas demam tinggi. Cara kerja dari ibuprofen sendiri sangat alami, karena memabntu untuk menekana produksi zat alami pada tubuh tertentu. Ibuprofen ini juga harus dikonsumsi berdasarkan anjuran dari dokter si anak, dan biasanya 4-6 jam.

  1. Gizidat

Cara alami yang dapat membantu menurunkan demam tinggi adalah Gizidat. Dalam hal ini Gizidat terbuat dari bahan alami yang mampu, untuk menurunkan demam anak. Bahan yang digunakan juga sangat alami dan herbal, sehingga akan aman untuk dikonsumsi oleh anak. Anda dapat melihat laman website resminya di Gizidat.com untuk informasi lebih lanjut.

Gizidat

Masih banyak lagi cara untuk membantu menurunkan anak demam tinggi, anda tetap harus suplemen yang masuk ke dalam tubuh si anak salah satunya Gizidat. Anda dapat dengan mudah menemukannya di apotik terdekat, atau bahkan memiliki persediaannya dirumah untuk menangani hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *