anak gampang sakit

anak gampang sakit

Bagi orang tua yang baru berpengalaman memiliki buah hati tentu ada banyak hal yang harus dipelajari terutama merawat dan menjaga anak agar tumbuh sehat dan normal. Terkadang hal yang paling menakutkan bagi semua orang tua adalah anak gampang sakit di usia balita. Anak lebih rentan terkena serangan penyakit karena sistem imun tubuhnya masih terbilang tidak terlalu kuat seperti orang dewasa.

Banyak orang tua yang baru berpengalaman justru sangat khawatir ketika anak terserang penyakit dan lebih mengkhawatirkan lagi ketika anak-anak mudah terserang penyakit dengan hal sepele. Orang tua yang baru berpengalaman tentu akan lebih sulit dalam mengidentifikasi apa yang menyebabkan sakit pada anak sehingga yang ada di pikiran orang tua tentu hal negatif mengenai penyakit sang buah hati.

Ketahui Penyebab Kenapa Anak Gampang Sakit

  1. Kurangnya asupan probiotik bagi anak

Asupan probiotik adalah asupan yang mampu menghasilkan bakteri baik di dalam usus. Asupan ini sangat penting dimasa pertumbuhan anak karena bakteri baik probiotik dapat menyehatkan perut dan memperkuat sistem kekebalan. Semakin tinggi sistem banyak bakteri baik pada usus maka semakin tinggi pula spertahanna tubuh anak terhadap virus dan bakteri yang menyerang setiap harinya.

Kurangnya asupan probiotik bagi anak

Makanan sehari-hari yang dapat dimakan oleh anak-anak dan mengandung probiotik sangatlah banyak, harganya murah dan juga sangat mudah di dapatkan. Salah satunya adalah tempe, yogurt, susu fermentasi, sayur fermentasi dan makanan sehat berfermentasi lainnya. Bunda bisa menyediakan camilan berupa makanan berfermentasi dan sehat bagi buah hati agar asupan probiotiknya terpenuhi.

  1. Pentingnya memenuhi kebutuhan asupan gizi harian

Alasan anak gampang sakit yang paling krusial adalah tidak terpenuhinya asupan harian berupa vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Vitamin dan mineral merupakan dua nutrisi yang wajib terpenuhi setiap harinya. Berbagai vitamin dan mineral didapatkan dengan mengkonsumsi buah, sayur, daging, susu dan kacang-kacangan yang biasanya sudah diatur di dalam menu 4 sehat 5 sempurna.

Pentingnya memenuhi kebutuhan asupan gizi harian

Bagi bunda yang mengalami masalah anak tidak suka makan sayur atau suka memilih-milih makanan, Bunda dapat mengolah sayur yang tidak disukai menjadi makanan lain. Seperti misalnya anak tidak suka makan wortel maka bunda dapat mengolah wortel menjadibaso wortel atau carrot cake. Bisa juga mengolah bayam menjadi nugget bayam atau masakan olahan yang sekiranya di sukai oleh buah hati.

  1. Kurang aktivitas fisik

Aktivitas juga sangat penting bagi anak-anak dimasa pertumbuhannya. Anak-anak yang lebih aktif akan tampak lebih ceria, gembira dan tentunya lebih sehat karena tubuh mereka terus digunakan untuk bergerak. Selain itu, kemampuan kognitif, motorik, dan sensorik anak yang aktif juga lebih tinggi daripada anak yang pasif. Bergerak di luar ruangan juga mampu meningkatkan asupan vitamin D bagi anak.

Kurang aktivitas fisik

Sinar matahari menghasilkan vitamin D yang mampu meningkatkan sistem imun anak sehingga anak tidak gampang sakit. Itulah sebabnya orang tua diharuskan untuk tetap mengajak anak beraktifitas baik di dalam maupun di luar ruangan. Terlebih lagi di luar ruangan yang mana anak dapat beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas dan juga dapat menikmati udara segar yang menyehatkan di pagi hari.

  1. Kurang mendapat istirahat yang cukup

Tidak hanya aktivitas saja yang di tuntut untuk diajarkan orang tua kepada anak namun juga kebiasaan istirahat agar tubuh seimbang. Sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak agar beristirahat dengan rutin supaya nantinya dapat menjadi kebiasaan gaya hidup sehat anak sampai dewasa. Tidur yang dianjurkan juga merupakan tidur sehat dimana anak tidur dengan pulas tanpa ada gangguan.

Kurang mendapat istirahat yang cukup

Gangguan yang dimaksud bisa berupa gangguan dari benda-benda sekitar terutama benda elektronik seperti suara TV, cahaya lampu, suara kipas, dingin AC, serta radiasi gadget yang diletakkan berdekatan dengan anak yang tengah tertidur. Usahakan kamar anak benar-benar dijauhkan dari benda-benda elektronik yang merangsang terlalu banyak saat tidur dan buat kamar tidur senyaman mungkin bagi anak.

  1. Kurang menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tentu merupakan tugas orang tua dan juga hal yang harus diajarkan kepada anak sejak kecil. Anak yang kebersihannya tidak terlalu diperhatikan oleh orang tuanya tentu akan lebih mudah sakit karena akan lebih sering terserang bakteri dan virus. Orang tua perlu mengajarkan agar anak tidak melakukan kebiasaan buruk seperti mengemut jari, memakan makanan yang sudah jatuh dan lainnya.

Kurang menjaga kebersihan

Orang tua juga sangat penting menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan anak. Misalnya saja kuku anak di potong seminggu sekali, membersihkan bagian-bagian tubuh yang bakteri dan kuman berpotensi cepat berkembang biak dan selalu memperhatikan pakaian atau benda-benda yang melekat di tubuh anak. Selain itu, kebersihan rumah yang menjadi lingkungan utama anak juga perlu di perhatikan.

Agar Anak Tidak Gampang Sakit, Berikut Yang Harus Diperhatikan Orang Tua

  1. Terapkan gaya hidup sehat sejak dini kepada anak

Terapkan gaya hidup sehat sejak dini kepada anak

Agar anak tidak gampang sakit, orang tua harus membiasakan anak melakukan gaya hidup sehat seperti beraktifitas, olahraga sembari bermain, istirahat yang cukup. Beraktifitas di luar ruangan seperti di alam terbuka dan hijau dengan udara yang sehat tentu akan lebih baik bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh anak dan area sekitar yang jadi lingkungan anak.

  1. Menjaga asupan gizi harian tetap seimbang

Menjaga asupan gizi harian tetap seimbang

Orang tua harus selalu memastikan buah hati menerima asupan gizi yang seimbang dengan selalu memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi agar tubuh kuat menghadapi virus. Orang tua juga wajib menjaga camilan anak dengan cara jangan terlalu sering diberikan snack komersial yang mengandung bahan pengawet dan penambah rasa berlebihan karena dapat merusak selera makan anak-anak.

  1. Lawan virus mematikan dengan imunisasi rutin

Lawan virus mematikan dengan imunisasi rutin

Penangkal virus yang direkomendasikan adalah dengan memberikan imunisasi yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan. Imunisasi penting sebagai protection anak terhadap virus penyakit berbahaya yang mudah menyerang anak-anak. Anak-anak harusnya tidak terlewatkan untuk diberikan imunisasi karena sistem imunisasi  dilakukan secara berkala dengan jenis imunisasi tertentu untuk virus tertentu juga.

  1. Memberikan suplemen vitamin tambahan

Suplemen vitamin sebenarnya hanya vitamin tambahan di luar makanan yang di konsumsi anak-anak Suplemen sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan akan gizi yang tidak terpenuhi dari makanan yang di konsumsi oleh anak-anak. Meski demikian, suplemen sangat penting sebagai antisipasi karena beberapa orang  tua tentu tidak mengingat jenis asupan vitamin apa yang diberikan kepada anaknya.

Memberikan suplemen vitamin tambahan

Salah satu suplemen vitamin alami dan aman bagi anak dan bayi adalah Gizidat. Gizidat merupakan suplemen vitamin yang membantu meningkatkan berat badan anak dengan merangsang nafsu makan anak. Terbuat dari bahan alami seperti ikan sidat, temulawak (kurkumin) dan madu hutan alami, suplemen yang disukai anak-anak ini juga dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang belum tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *