Anak Susah Makan Nasi

Anak Susah Makan Nasi

Memberi asupan gizi yang tepat, sangat dibutuhkan bagi anak untuk masa pertumbuhannya. Tetapi  disaat anak susah makan nasi, kita sebagai orang tua harus mencari cara agar nafsu makan anak dapat kembali lagi. Biasanya anak akan tertarik apabila makanannya dibuat semenarik mungkin, seperti dihias atau memberi video kesukaannya agar anak ingin makan.

Biasanya setelah usia 1 tahun, anak mulai susah makan. Dikarenakan pertumbuhannya melambat, sehingga selera makannya berkurang. Disaat anak tidak ingin makan, kita sebagai orang tua harus tetap memastikan nutrisinya tercukupi. karena apabila tidak, anak bisa jatuh sakit. Diperlukan kesabaran untuk membujuk anak untuk makan, nah untuk mengatasi masalah tersebut simak tips berikut ini.

Mengatasi Anak Yang Susah Makan Nasi

1. Membuat Menu Yang Berbeda Setiap Hari

Membuat Menu Yang Berbeda Setiap Hari

Agar anak tidak bosan saat makan, anda bisa membuat menu yang bervariasi, anda bisa membuat pancake buah, omelet, atau mini pizza. Dan juga, anda pastikan bahwa makanan itu adalah makanan yang anak anda suka.

Anda juga bisa mengkreasikan makanan anak agar lebih menarik lagi, seperti menghias makanannya dengan tomat yang dipotong kecil-kecil .

2. Membuat Waktu Makan Menjadi Menyenangkan

Membuat Waktu Makan Menjadi Menyenangkan

Anak akan jadi lebih menunggu waktu makan, apabila waktu makan tersebut tidak membosankan. Anda bisa mencoba dengan cara, makan ditemani oleh keluarga atau teman, karena biasanya anak akan lebih banyak makan disaat berkumpul dengan temannya.

Anda juga bisa membuat permainan di meja, mengajak anak makan sambil bermain, dapat membuat anak nafsu makan, karena waktu makannya menjadi menyenangkan. Bisa juga dengan menyajikan makanan dengan bentuk yang menarik, karena bentuk dan warna yang menarik membuat anak menjadi tertarik dengan rasa makanan tersebut.

3. Jangan Memaksa Anak Untuk Makan

Jangan Memaksa Anak Untuk Makan

Banyak orang tua yang keliru dalam menghadapi anak yang susah makan seperti memberi ancaman atau menakuti – nakutinya. Hal seperti ini dapat membuat anak memiliki kesan negatif tentang makanan.

Sebaiknya jangan memaksa anak untuk makan, karena itu akan membuat si anak lebih malas lagi untuk makan. Jadi, sebaiknya tunggu saja anak sampai dia mau makan. Mungkin anda bisa memberinya camilan sehat atau finger food agar perutnya tidak terlalu kosong.

4. Memberi Pujian

Memberi Pujian

Saat tiba waktu makan, tidak salahnya untuk sesekali memberi anak pujian. Pujian seperti tepuk tangan saat anak anda makan sendiri, ingin mencoba makanan baru atau apabila dia menghabiskan makanannya.

5. Mengajak Anak Menyiapkan Makanannya

Mengajak Anak Menyiapkan Makanannya

Biasanya anak akan lebih senang, apabila diajak ikut serta menyiapkan makanannya sendiri. Saat anak diajak untuk menyiapkan makanannya sendiri, anda juga bisa sambil mengajarkan berbagai jenis makanan dan cara mengolahnya.

Seperti membantu dalam mengoles margarin atau selai ke roti, atau juga bisa mengajak anak anda untuk menghias makanan sesuai dengan kemauannya atau memilih makanan yang ia suka.

6. Memberi Makan Dalam Porsi Kecil

Memberi Makan Dalam Porsi Kecil

Karena kapasitas perut anak berbeda – beda, jadi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan si anak. Apabila anak susah makan nasi dalam porsi besar, anda bisa memberi makan dalam porsi yang lebih kecil dan memberinya dalam jangka waktu yang sering mungkin agar perutnya tidak kosong.

7. Memastikan Nutrisi Tercukupi

Memastikan Nutrisi Tercukupi

Disaat anak susah makan nasi, pasti orang tua akan khawatir anak akan kekurangan nutrisi lengkap. Jadi sebagai orang tua, sudah sepatutnya untuk memastikan nutrisi anak tercukupi. Nutrisi seperti vitamin, mineral yang terdapat di daging sapi, ikan, dan berbagai sayuran hijau.

Nutrisi yang dibutuhkan anak juga bisa didapat dari madu, madu dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak. Nah, Gizidat adalah madu anak yang dapat meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh. Madu Gizidat mengandung Madu Hutan Alami, Kurkumin atau Temulawak dan Sidat yang tinggi akan protein.

8. Memberi Camilan Sehat

Memberi Camilan Sehat

Camilan juga bisa menjadi solusi, apabila anak tidak ingin makan nasi. Tetapi perlu diperhatikan, untuk memberi camilan sehat bukan camilan seperti junk food.  Karena apabila anak terlalu sering makan junk food, dikhawatirkan anak akan ketagihan dengan junk food bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Anda bisa memberinya camilan sehat seperti, puding buah, es buah, atau buah itu langsung. Anda juga bisa membuat camilan sehat dirumah, agar lebih terjamin kesehatam dan kualitasnya.

9. Jangan Terlalu Memberi Banyak Minum

Jangan Terlalu Memberi Banyak Minum

Anak akan cepat kenyang, apabila diberi terlalu banyak susu atau jus pada waktu sebelum makan. Sehingga saat waktu makan tiba, anak sudah tidak tertarik lagi. Anda bisa memberikan susu atau jus disaat makan bukan disaat sebelum makan.

10. Menyediakan Alat Makan Khusus

Menyediakan Alat Makan Khusus

Cara mengatasi anak susah makan, tidak harus selalu berfokus pada jenis makanan, tetapi bisa juga dengan membiarkan si anak memilih sendiri alat makan yag dia mau.

Anda bisa menyediakan alat makan dengan tema kartun atau warna favoritnya.

Biarkan si anak memilih piring, sendok, gelas yang dia inginkan agar dia merasa senang saat waktu makan tiba.

11. Biarkan Anak Makan Sendiri

Biarkan Anak Makan Sendiri

Terkadang kita sebagai orang tua, merasa khawatir apabila anak makan sendiri. karena takut nutrisi nya tidak tercukupi. Sebetulnya, makan sendiri dapat melatih kemandirian anak, dan melatih stimulasi dan motorik halusnya.

Untuk anak usia 9 sampai 11 bulan bisa dilatih untuk memegang makanannya sendiri untuk melatih motorik halusnya, sehingga tangannya akan lebih terampil. Dan untuk anak usia 2 sampai 3 tahun sudah harus dibiasakan memegang sendok dan garpunya sendiri.

12. Memberikan Vitamin

Memberikan Vitamin

Biasanya ketika anak susah makan, orang tua memberikan vitamin untuk meningkakan nafsu makannya. Vitamin bisa diberikan apabila anak sudah susah makan dengan waktu beberapa minggu, mungkin anak butuh suplemen tambahan untuk mencukupi nutrisinya.

Suplemen tetaplah hanya sebagai pelengkap bukan makanan utama.

Suplemen berguna sebagai pencegahan agar anak tidak kekurangan gizi tertentu. Walaupun suplemen yang diminum berasal dari bahan alami, tetapi akan lebih baik mendapat vitamin dari sumber vitamin itu sendiri. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, untuk memilih vitamin yang tepat untuk anak.

13. Ajak Anak Main Keluar

Ajak Anak Main Keluar

Bisa jadi anak butuh suasana baru, karena jenuh dengan suasana saat makan. Anda bisa mengajak anak makan sambil  mengajaknya bermain keluar ruangan untuk meningkatkan nafsu makannya.

14. Konsultasikan Ke Dokter

Konsultasikan Ke Dokter

Bila nafsu makan anak tidak kunjung bertambah, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak.  Karena bisa jadi anak sedang tidak dalam kondisi yang baik sehingga tidak nafsu makan.

Memang membutuhkan banyak kesabaran disaat anak susah makan nasi, masalah ini memang dialami oleh banyak orang tua. Tetapi kita sebagai orang tua harus mencari solusi yang bisa mengembalikan nafsu makan anak, agar anak tidak terserang penyakit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk memecahkan masalah anak yang susah makan bagi para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *