Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Musim panas dan hujan yang datang silih berganti tentunya menjadi kekhawatiran sendiri bagi ibu-ibu yang memiliki buah hati. Karena pada saat musim tidak menentu seperti saat ini anak-anak rentan sekali terkena berbagai penyakit misal flu, demam dan batuk.

Lalu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh anak di musim yang tidak menentu ini?.  Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan gizi yang dapat menambah atau meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berikut 7 makanan yang baik di konsumsi untuk menambah daya tahan tubuh anak.

10 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Anak

1. Yogurt

Yogurt banyak mengandung asam laktat dan probiotik yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak. Bahkan yogurt dapat diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas untuk fungsi yang sama yaitu meningkatkan daya tahan tubuh bayi serta manfaat-manfaat baik lainnya.

Yogurt

Sebaiknya konsumsi yogurt yang plain karena tidak mengandung pemanis tambahan yang justru tidak baik untuk anak. Yogurt plain memiliki rasa yang asam dan mungkin tidak disukai anak-anak, oleh sebab itu ibu-ibu harus pandai mencampur yogurt dengan makanan lain misal buah kesukaan anak agar bisa dikonsumsi.

2. Daging

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh pada anak dengan daging, tentunya karena daging mengandung mineral yaitu zat zinc yang menjadi salah satu elemen pembentuk sel darah putih dan membantu jika terjadi infeksi darah putih serta infeksi lainnya. Daging biasanya sangat disukai anak-anak dan dapat dijadikan menu apa saja sebagai lauk untuk anak-anak.

Daging Tanpa Lemak

Mineral zinc terdapat pada bermacam jenis daging seperti ayam, sapi, domba dan unggas lainnya. Daging disarankan untuk di konsumsi sebagai sumber zat zinc karena lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat zinc dari sumber nabati.

3. Telur

Salah satu makanan favorit anak-anak adalah telur, selain itu telur memiliki harga yang lebih terjangkau dan mudah ditemukan di manapun. Kuning telur banyak mengandung vitamin, mineral, lemak lengkap, asam folat bahkan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak.

Telur

Telur dikatakan sebagai sumber protein lengkap yang berperan untuk menjaga sistem imun dan mencerdaskan otak.

Meskipun telur memiliki banyak manfaat untuk anak karena kandungan gizinya yang lengkap namun telur hanya dianjurkan dimakan 4 butir seminggu untuk anak karena telur mengandung lemak yang perlu dibatasi konsumsinya.

4. Kacang

Jika anak terbiasa sarapan dengan roti gandum atau roti tawar sebaiknya memakai selai kacang yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kacang diketahui mengandung protein dan lemak baik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada anak.

kacang-kacangan

Setiap 100 gram kacang tanah mengandung sekitar 35% mineral zinc dalam satuan AKG% yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah putih yang melawan penyakit. Selain itu banyak kandungan zat gizi baik lainnya di dalam kacang yang berfungsi untuk menunjang kesehatan tubuh anak.

5. Jamur

Jamur mengandung protein dan zinc sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Beberapa jenis jamur juga mengandung kalium yang terbukti lebih besar dari pisang dan jamur diketahui sebagai antibakteri,antivirus, dan antikanker.

Jamur untuk memengari penyakit

Pengolahan jamur juga dapat dilakukan dengan mudah dan bervariasi agar anak tidak bosan. Jenis jamur juga memiliki banyak macam yang seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur shitake yang semuanya mengandung banyak manfaat untuk anak-anak.

6. Sayur dan Buah

Sayuran dan buahan tertentu dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Misalnya buah berry yang dapat disajikan sebagai jus atau salad untuk anak, buah kiwi yang banyak mengandung vitamin C dan melon yang juga mengandung vitamin yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Sayuran tertentu seperti kembang kol, brokoli, kol merah, bayam dan sayuran hijau lainnya diketahui memiliki kandungan antikanker dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak. Selain itu sayuran banyak mengandung vitamin, mineral dan air yang baik untuk kesehatan tubuh anak.

Nah untuk penyajian sayuran sebaiknya ibu-ibu harus pintar memvariasikan agar dapat disukai anak-anak. Bila perlu berikan anak Madu Gizidat yang berfungsi untuk menambah nafsu makan anak.

7. Ikan

Ikan merupakan salah satu menu yang disukai anak-anak karena rasanya yang gurih dan enak.  Ternyata ikan memiliki kandungan asam lemak yang bisa meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh pada anak. Ikan yang terkenal bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada anak misalnya ikan salmon dan ikan tuna.

Ikan salmon

Namun selain itu ikan kembung juga bisa dijadikan alternatif yang lebih murah untuk di konsumsi karena ikan kembung sendiri banyak mengandung  vitamin, mineral, omega-3 dan zat gizi lainnya yang bisa berfungsi untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh pada anak.

8. Minyak Zaitun

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sebaiknya ganti minyak anda dengan minyak zaitun. Atau dapat ditambahkan langsung pada makanan untuk menjaga kemurniannya. Minyak zaitun dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena terdapat zat yang membasmi bakteri berbahaya bagi tubuh anak.

Minyak Zaitun

Namun sebaiknya minyak zaitun ditambahkan ke dalam makanan saja alih-alih dijadikan minyak untuk menggoreng, karena minyak zaitun mentah memiliki manfaat yang lebih baik untuk daya tahan tubuh anak.

9. Madu

Saat musim hujan dan panas yang tidak menentu banyak anak yang terserang flu dan batuk. Madu dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah tertular penyakit sehingga para ibu-ibu tidak perlu khawatir anak-anak bermain di luar rumah.

Mendapat Berat Badan Ideal dengan Gizidat

Tangan yang bersih mencegah penyebaran bakteri dan virus yang mungkin terbawa dari dan ke dalam rumah, sehingga tidak sampai masuk ke dalam tubuh anak. Madu dapat di seduh dengan air hangat dan langsung diminum oleh anak-anak. Sebaiknya memilih madu yang telah dipercaya seperti Madu Gizidat dengan banyak manfaat lain bagi tubuh anak.

10. Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis sudah banyak dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti kita ketahui jika musim pancaroba tiba penyakit yang paling sering menyerang anak adalah demam, flu dan batuk. Bahkan untuk pengobatan flu dan batuk lemon dan jeruk nipis seringkali disarankan karena telah terbukti ampuh.

Lemon dan jeruk nipis

Tapi pastinya untuk lemon dan jeruk nipis harus dicampur dengan bahan makanan lain karena selain rasanya yang sangat asam sehingga tidak disukai anak-anak, rasa asam itu sendiri menunjukkan bahwa lemon dan jeruk nipis yang tidak diberi campuran dapat membahayakan lambung anak.

Untuk penyajian lemon dan jeruk nipis sendiri bisa dicampurkan sedikit pada makanan atau di seduh dengan air hangat dan dicampur madu Gizidat untuk mengurangi rasa asamnya.

Madu Gizidat adalah madu anak dengan formulasi yang tepat untuk menunjang tumbuh kembang anak serta memiliki kandungan madu hutan alami, kurkumin/temulawak dan protein sidat yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak dan penambah nafsu makan.

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh anak lainnya, beberapa hal yang dapat dilakukan ibu-ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak misalnya dengan menjaga pola makan sehat, memperhatikan waktu istirahat anak, memberikan masker ketika dekat dengan orang yang sedang terkena flu atau batuk, perbanyak minum air putih dan menjaga kebersihan lingkungan dan rumah sehingga terbebas dari virus dan bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *