bayi 10 bulan susah makan

bayi 10 bulan susah makan

Ketika anak buah hati anda susah makan, hal ini merupakan permasalahan yang serius karena bayi di usia 10 bulan merupakan periode dimana bayi dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan nutrisi serta gizi lebih agar pertumbuhan tubuh anak buah hati anda berjalan dengan baik sehingga orang tua sangat perlu untuk memperhatikan hal ini agar anak buah hati anda hidup sehat.

Berikut sebab dan solusi bayi 10 bulan susah makan yang perlu orang tua ketahui agar dapat membantu anak buah hati nya. Sebab bayi 10 bulan susah makan yaitu dapat disebabkan karena bosan dengan menu makanan, sariawan, menolak makanan baru, makanan tidak enak, GERD. Solusi agar sang buah hati terjauh dari susah makan terdapat 5 solusi berikut ini.

5 Sebab bayi 10 bulan susah makan

  1. Bosan dengan menu makanan

Penyebab pertama dari bayi susah makan dapat disebabkan karena bayi bosan dengan menu makanan yang disediakan oleh orang tua dengan menu yang sama setiap hari nya. Orang tua dapat memberikan anak buah hati nya menu yang bermacam – macam agar sang anak dapat beradaptasi dengan berbagai rasa serta dapat menambah nafsu makan anak.

Bosan dengan menu makanan

Orang tua akan menyediakan berbagai macam menu makanan agar anak tidak mudah bosan dan dapat menambah nafsu makan anak buah hati anda. Menu makanan dapat di buat seperti bubur sayur – sayuran, bubur buah – buahan atau bahkan bubur campuran dari buah dan sayur serta anda dapat memberikan nya puree atau buah – buah an yang di haluskan seperti pisang, dan lain – lain.

  1. Sariawan

Sariawan

Sebab selanjutnya alasan bayi 10 bulan susah makan dapat di sebabkan karena anak sariawan atau terkena sakit lain nya dimana anak akan kehilangan nafsu makan ketika sakit, oleh karena itu, perlu nya agar orang tua selalu memperhatikan anak buah hati nya bagaimanapun keadaan nya sehingga sang orang tua perlu mencarikan solusi yang terbaik bagi anak buah hati nya.

  1. Menolak makanan baru

Menolak makanan baru sering terjadi ketika anak buah hati anda mendapatkan makanan baru. Hal tersebut dapat di karenakan makanan baru yang tidak enak rasa nya sehingga anak buah hati anda menolak untuk memakan nya atau bahkan makanan baru yang anda berikan merupakan bukan masakan anda melainkan masakan orang lain. Hal ini juga dapat berpengaruh terhadap selera anak.

Menolak makanan baru

Hal tersebut dapat terjadi kepada balita anda ketika mendapatkan makanan yang bukan dari masakan anda atau tidak cocok dengan makanan nya karena menurut penelitian psikologi balita lebih memilih masakan dari sang ibu dari pada masakan dari orang lain. Ketika sang anak cocok dengan makanan yang anda sediakan sehingga nafsu makan nya kembali dan terhindar dari susah makan.

  1. Makanan tidak enak

Makanan tidak enak

Ketika anak tidak merasa cocok dengan makanan yang telah anda sediakan atau makanan yang tidak enak sehingga anak akan menolak makanan atau susah makan, sehingga sangat perlu anda untuk memperhatikan gerak – gerik anak buah hati anda ketika makan atau aktifitas lain nya agar anda dapat mengenal kesukaan serta selera makan anak buah hati anda yang di sukai nya

  1. Refluks gastroesofagus (GERD)

GERD merupakan singkatan dari Refluks gastroesofagus dimana kondisi ini akan terjadi ketika bayi mengeluarkan makanan yang berada di lambung nya. Tetapi kejadian ini berbeda dengan yang disebut dengan muntah atau gumo dimana GERD dapat di barengi dengan peradangan dinding esofagus. Esofagitis dapat membuat bayi sakit saat menelan ketika sedang makanan.

Refluks gastroesofagus (GERD)

Berikut merupakan ciri – ciri bayi mengalami GERD yaitu menangis, rewel berlebihan bahkan bayi akan sulit untuk tidur dan anak buah hati anda akan merasa lesu karena mengeluarkan makanan dari lambung dan penyakit ini akan menghambat pertumbuhan bayi dimana pertumbuhan nya berbeda dengan bayi – bayi lain yang seusia nya.

5 Solusi bayi 10 bulan susah makan

  1. Memberi semangat bayi

Memberi semangat bayi

Solusi yang dapat orang tua lakukan agar anak buah hati anda tidak susah makan yaitu memberi nya semangat dengan cara memberikan senyuman kepada anak ketika makan agar anak lebih ceria dan dapat menambah nafsu makan nya, cara kedua yaitu menatap mata sang buah hati dengan senang hati agar balita menambah nafsu makan dengan senang hati.

  1. Makan secara teratur

Makan secara teratur

Solusi bayi 10 bulan susah makan selanjutnya yaitu makan secara teratur dimana sang urang tua perlu untuk membiasakan anak buah hati nya agar makan dengan teratur. Hal ini dapat menambah nafsu makan anak buah hati anda ketika balita sudah di biasakan untuk makan teratur maka ketika di luar jam makan maka anak buah hati anda akan merasa lapar.

  1. Menu yang bervariasi

Solusi ketiga yaitu menyediakan menu yang bervariasi untuk anak buah hati anda karena balita akan cepat bosan ketika anda menyediakan menu yang sama sehingga dengan menu yang bervariasi nafsu makan anak buah hati anda akan bertambah dan anak tidak akan susah makan lagi. Menu bervariasi seperti bubur sayur, bubur buah atau puree dan lain–lain.

Menu yang bervariasi

Menu bervariasi juga akan membantu anak buah hati anda untuk beradabtasi dengan makanan dimana pada saat usia balita 10 bulan, balita akan mengenali banyak hal baru mulai dari cara makan, mengenal makanan baru selain ASI dan juga mengenal berbagai macam hal baru lain nya. Variasi menu yang orang tua sediakan dapat menambah nafsu makan anak buah hati anda meningkat.

  1. Makan dengan suasana yang ceria

Makan dengan suasana yang ceria

Makan dengan suasana yang ceria merupakan salah satu solusi bayi 10 bulan susah makan agar balita dapat menambah nafsu makan nya sehingga anak buah hati anda tidak akan susah makan. Selain itu, makan dengan suasana ceria dapat menjadikan anda dan anak buah hati anda lebih dekat satu sama lain serta mengerti satu sama lain walaupun hanya dengan senyuman dan tatapan.

  1. Posisi makan agar tidak terkena GERD

Solusi selanjutnya yaitu posisi makan anak buah hati anda agar tidak terkena GERD atau yang disebut juga dengan penyakit Refluks gastroesofagus dimana penyakit ini dapat mengeluarkan makanan yang berada di lambung nya tetapi kejadian ini berbeda dengan yang disebut dengan muntah atau gumo dimana GERD dapat di barengi dengan peradangan dinding esofagus.

Posisi makan agar tidak terkena GERD

Cara mengatasi bayi susah makan karena penyakit GERD ini dengan cara menjaga posisi bayi agar tetap tegak setelah makan perkiraan posisi ini dilakukan selama 30 menit agar makanan yang berada di dalam bayi menurun. Lalu, Hindari memberikan makanan dalam porsi besar serta jauhkan anak dari asap rokok. Apabila cara yang telah di sebutkan tidak cocok maka dapat anda bawa ke dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *