Bayi 7 Bulan Susah Makan

Bayi 7 Bulan Susah Makan

Ibu biasanya mengenalkan jenis makanan pendamping ASI (MPASI) kepada bayi pada usia 7 bulan. Namun yang sering terjadi adalah kasus bayi 7 bulan susah makan. Biasanya si kecil cenderung untuk menolak makanan tersebut. Si kecil sering menutup mulut rapat-rapat, menangis, menjerit, hingga memuntahkan makanan yang disuapkan.

Penyebabnya adalah si kecil masih merasa asing dengan makanan yang anda beri. Hal ini dikarenakan sebelumnya, bayi terbiasa untuk mengkonsumsi ASI sehingga ia menolak untuk diberi makanan baru yang berbentuk sangat berbeda dengan ASI. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kasus bayi 7 bulan susah makan.

  1. Berbagi Pengalaman dengan Para Ibu

Percayalah jika anda tidak sendirian mengalami kesulitan dalam memberikan makan pada bayi berusia 7 bulan. Ada banyak para ibu lain juga menghadapi masalah serupa. Anda bisa saling berbagi pengalaman dengan sahabat atau teman anda yang juga memiliki bayi untuk masalah ini. Komunikasi pada jaman sekarang ini lebih mu dah dilakukan di dunia maya atau di media sosial.

Berbagi Pengalaman dengan Para Ibu

Para ibu yang memiliki bayi di usia 7 bulan bisa memanfaatkan komunikasi ini untuk saling bertukar informasi dan tips. Anda bisa saling membahas soal makanan pengganti ASI dari mulai menu, takaran, cara pengolahan hingga penyajian. Teman anda yang sudah berpengalaman tentu tak sungkan untuk membagikan pengalamannya soal hal tersebut.

  1. Konsultasi dengan Orang Tua

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menghadapi kasus bayi 7 bulan susah makan, yakni bertanya dengan orang tua anda. Bagaimanapun, orang tua pernah mengasuh anda sejak lahir dan merasakan perkembangan sejak bayi hingga dewasa. Walaupun, tentu ada perbedaan perlakuan cara asuh karena perkembangan jaman, nasihat-nasihat dari orang tua rasanya ampuh untuk bisa mengatasi hal ini.

Konsultasi dengan Orang Tua

Salah satu contohnya adalah untuk membuat makanan bayi sendiri. Pada zaman dulu, sangat susah mencari makanan bayi yang bisa dibuat secara instan. Maka orang-orang dulu membuat sendiri MPASI yang mereka akan berikan kepada bayi. Anda harus bisa membuat makanan itu sendiri sesuai saran dari orang tua agar anak anda mau makan kembali.

  1. Variasi Menu untuk Bayi

Memberikan variasi menu untuk si kecil juga dipercaya bisa mengatasi bayi 7 bulan susah makan. Jika dalam beberapa hari anda terus memberikan menu makanan yang sama, si kecil bisa saja merasa bosan. Kasus ini terjadi lantaran terkadang anda merasa anak sangat lahap memakan makanan yang sama setiap hari, maka menurut anda menu tersebut menjadi andalan, namun tidak bagi si kecil.

Variasi Menu untuk Bayi

Sebaiknya hindari memberikan makanan yang sama setiap hari kepada si kecil. Cobalah untuk menyeimbangkan makanan dengan rasa gurih dan manis. Sebagai contoh, jika hari ini anda memberi makan puree pisang, besok cobalah selingi dengan bubur hati. Penerapan jadwal selang-seling ini bisa mengatasi anak agar tidak bosan.

  1. Ketahui Cara Makan yang Disenangi Bayi

Cara makan yang baik untuk si anak menurut ibu adalah duduk dengan tenang tanpa mengeluarkan suara, sehingga ibu bisa menyuapi makanan dengan lancar. Namun tidak selamanya anak menurut dengan kondisi yang diinginkan ibu. Mereka bisa menolak membuka mulut, menangis dan berteriak saat diberi suapan. Maka tugas ibu adalah mencari cara yang disenangi oleh bayi.

Ketahui Cara Makan yang Disenangi Bayi

Pada awal-awal pemberian MPASI, cobalah untuk menengadahkan kepala si kecil sambil digendong. Cara lain bisa juga dengan digendong dnegan posisi duduk dan membawanya jalan-jalan. Tambahkan selingan nyanyian dan juga dongengan dari sang ibu agar sesi makan tidak terasa. Selain itu, meletakkan si kecil pada baby walker juga bisa dilakukan agar sang anak tetap aktif walau sedang makan.

  1. Beri Rentang Waktu

Si kecil yang menolak makan bisa jadi karena dia masih merasa kenyang. Hal ini terjadi karena jarak atau interval antara makan sebelumnya terlalu dekat. Atau bisa juga terjadi karena si kecil baru saja meminum susu. Anda bisa membuatkan jadwal rutin setiap hari kapan ia harus makan. Beri rentang waktu antara 1 hingga 1,5 jam dari saat minum susu ke jam makan.

Beri Rentang Waktu

Anda juga bisa melatih bayi untuk mengekspresikan saat dia merasa lapar. Cobalah untuk sesekali membiarkan sang bayi dan menunggu hingga ia merasa lapar. Jika bayi sudah merasa lapar, ia akan mulai menangis dan coba memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Namun, sekali lagi cara ini mohon tidak terlalu sering dilakukan karena hanya bertujuan untuk melihat cara bayi menyampaikan rasa lapar.

  1. Menciptakan Suasana Makan yang Mengasyikkan

Jika buah hati anda susah makan, maka ada yang bermasalah dengan suasana hatinya. Maka tugas anda sebagai ibu adalah menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Biasanya ibu selalu merasa khawatir dengan noda atau sisa makanan yang menempel di tubuh si kecil. Justru hal ini terkadang membuat marah sang ibu sehingga menciptakan suasana makan yang canggung.

Menciptakan Suasana Makan yang Mengasyikkan

Coba abaikan dulu hal-hal kecil tersebut dan cobalah menciptakan suasana menyenangkan dengan menyetel musik bagi buah hati, memainkan pesawat-pesawatan saat akan disuap, dan biarkan dia menyuapi makanan sendiri ke mulut. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanggil hewan kesukaannya. Cara ini juga bisa mendekatkan hubungan batin antara sang ibu dan si kecil.

  1. Mengkonsumi Madu Anak Gizidat

Cara lain untuk mengatasi masalah bayi 7 bulan susah makan adalah mengkonsumsi madu anak gizidat. Madu anak gizidat hadir untuk memberikan solusi dan perhatian untuk si kecil selama pertumbuhan. Madu anak gizidat memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan anak, juga menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Madu anak gizidat terbuat dari bahan-bahan alami yakni madu hutan dan ekstrak ikan sidat. Madu dikenal baik untuk diminum untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit karena mengandung seluruh vitamin yang dibutuhkan anak (A, B1, B2, B3, B5, B6,D, K, dan E). Kandungan madu juga sangat cepat diserap oleh tubuh, hanya membutuhkan waktu satu jam saja.

Mengkonsumi Madu Anak Gizidat

Sementara sidat memiliki kandungan vitamin B1, B2 dan A yang jumlahnya melebihi dari susu sapi. Kandungan zinc dan DHA (Doconexanoic) ikan sidat juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan serta fungsi otak. Kandungan zinc ikan sidat 9 kali lipat dari susu sapi, kandungan DHA mencapai 1.337 mg/100 gr mengalahkan ikan salmon yang hanya 820 mg/100 gr.

Terbuat dari bahan-bahan alami, gizidat telah membuktikan diri menggunakan racikan alami yang berasal dari Indonesia, yang telah dipakai turun-temurun dari nenek moyang. Gizidat juga memiliki rasa manis dan disukai anak, sehingga tidak ada alasan bagi orang tua karena dikeluhkan oleh si buah hati. Selain itu, kemasan lucu yang dimiliki gizidat juga dapat menarik minat anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *