Berat badan Ideal Wanita

Berat badan Ideal Wanita

Berat badan ideal merupakan suatu hal yang relative, namun kebanyakan wanita menginginkan mempunyai berat badan yang ideal. Seperti halnya yang gendut ingin kurus dan sebaliknya yang kurus ingin agak gendut. Padahal kurus maupun gendut tidak bisa menjadi tolok ukur bagi berat badan ideal wanita, sebab hal itu tergantung pada usia, keturunan, dan sebagainya.

Untuk mengetahui berapa berat badan ideal bagi wanita, Anda bisa menggunakan sistem atau rumus tertentu yang sudah berlaku dan sering dilakukan. Hasilnya nanti bisa menjadi tolak ukur bagi Anda untuk lebih memperhatikan pola makan dan aktifitas keseharian.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Pada umumnya cara menghitung berat badan ideal bagi wanita seringkali menggunakan rumus Brosca. Adapun rumusnya adalah:

Berat badan ideal (kg) = [(Tinggi badan (cm) – 100) – (Tinggi badan (cm) – 100) x 15 %]

Contohnya seperti seorang wanita mempunyai tinggi badan 158 cm, maka untuk menghitung berat badan idealnya adalah [(158 cm – 100) – (158 cm) – 100) x 15 %] = 49,3 kg

Sebagai catatan rumus untuk menghitung berat badan tersebut hanya baik berlaku bagi wanita dewasa yang berusia minimal 20 tahun. Jadi, anak yang berusia di bawah 20 tahun mempunyai cara tersendiri untuk menghitung berat badan, begitu pula tidak berlaku bagi wanita yang hamil.

Selain metode atau rumus tersebut, juga masih ada cara lain untuk menghitung berat badan ideal bagi wanita yaitu menggunakan sistem kalkukator BMI (Body Mass Index). BMI merupakan perhitungan kalkukasi berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. Metode ini hanya mempunyai satu rumus saja untuk wanita dan pria. Berikut adalah cara atau rumusnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kg) : (Tinggi badan (m))²

Sebagai contoh adalah seorang wanita berusia 23 tahun mempunyai berat badan 50 kg. Sementara itu tingginya mencapai 1,60 m. Maka nilai BMI yang didapat adalah 50 : (1,60)² = 19,53

Berikut adalah standar berat badan metode BMI bagi wanita

  1. Kurang dari 18 berarti kurus. Dalam kondisi ini Anda dianjurkan untuk periksadan konsultasi ke dokter karena kemungkinannya tubuh Anda sedang terjangkit penyakit tertentu tetapi ada juga yang tidak atau sehat-sehat saja. Meskipun demikian, Anda juga tidak perlu khawatir sebab semua itu bisa di atasi.
  2. 18-25 artinya normal atau berat badannya ideal dan sebisa mungkin harus dipertahankan.
  3. 25-27 berarti kegemukan. Saat kondisi ini Anda tidak perlu khawatir berlebihan, sebab hal itu bisa diatasi hanya dengan olahraga secara teratur.
  4. Lebih dari 27 artinya adalah obesitas dan seseorang dianjurkan untuk segera memeriksa ke dokter.

Berdasarkan contoh perhitungan BMI tersebut di atas, maka berat badan wanita tersebut termasuk normal atau ideal yaitu pada titik 19,53. Jika sudah dalam kondisi tersebut, Anda harus mempertahankannya serta menjaga tubuh dengan baik.

Cara mengitung berat badan ideal wanita menggunakan rumus Brosca tersebut dinilai lebih mudah dipahami dari pada menggunakan sistem BMI (Body Mass Index). Hal itu disebabkan satuan yang digunakan dalam rumus BMI cukup rumit serta ada aturan standar tersendiri yang menjadi acuan apakah seseorang dengan berat badan tertentu masuk dalam kategori obesitas, ideal, ataupun kurang.

Upaya Membuat Berat Badan Ideal Bagi Wanita

Ada beberapa upaya untuk memperoleh berat badan yang ideal, khususnya bagi wanita. Anda hanya cukup melakukan hal-hal sederhana dalam hidup dan kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:

  1. Pola makan yang teratur dan sehat

Makan secara teratur bisa menjadi dasar untuk mendapatberat badan yang ideal. Dalam satu hari rata-rata orang harus makan sebanyak 2-3 kali dengan porsi yang cukup. Selain itu, sebaiknya juga tidak terlalu berlebihan agar tidak terjadi gangguan pencernaan dan sebagainya.

Pola makan secara teratur saja tidak cukup, sebab keduanya harus tetap seimbang. Makan makanan yang sehat seperti yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, susu, dan sebagainya. Bagi Anda yang sedang dalam program berat badan ideal tidak disarankan untuk makan junk food atau semacamnya.

Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai bobot lebih dan ingin mendapat berat badan ideal, sebaiknya lebih memperhatikan pola makan, ukuran porsi makan, hingga jenis makanan. Sementara itu, bagi Anda yang kurus dan ingin lebih gemuk sedikit sebaiknya makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, lemak, dan tetap bergizi.

  1. Pola minum yang baik

Selain pola makan, yang harus diperhatikan juga ada pola minum, khususnya untuk air putih. Minum air putih terlebih dahulu sebelum makan merupakan suatu hal yang baik dalam perut, terlebih bagi Anda yang mempunyai berat badan lebih serta dalam program memperoleh berat badan ideal.

Minum air putih semacam itu bisa mengendalikan diri Anda untuk tidak makan secara berlebihan. Selain itu, setelah makan pastinya juga dianjurkan untuk minum setidaknya 15 menit setelahnya.

Sementara itu, sebagai sampingan dan pelengkap, Anda juga bisa minum susu yang baik untuk memperoleh berat badan yang ideal. Seperti halnya susu untuk menambah berat badan bagi Anda yang merasa masih kurus dan semacamnya.

  1. Mengkonsumsi gizidat

Mengkonsumsi gizidat bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menambah berat badan serta dalam upaya memperoleh berat badan yang ideal. Gizidat pada dasarnya bukan hanya untuk anak-anak saja, namun juga bisa untuk orang dewasa wanita. Kandungan probiotik dalam gizidat bisa memperlancar pencernaan.

Sementara itu, yang paling cocok untuk anak-anak adalah madu gizidat yang mengandung banyak nutrisi. Madu yang dibuat merupakan madu hutan asli yang pastinya aman untuk dikonsumsi anak-anak di segala usia.

  1. Ngemil secara sehat

Ngemil seringkali dipercaya bisa berpengaruh terhadap berat badan, khususnya menjadi lebih gendut. Terlebih lagi ngemil dilakukan pada malam hari yang sangat mudah berpengaruh terhadap kesehatan.

Pada dasarnya ngemil dapat mengurangi nafsu makan seperti halnya menjadi malas untuk makan makanan yang berat atau berkarbohidrat tinggi. Hal itu disebabkan jika kebanyak ngemil, perut terasa menjadi lebih kenyang padahal hanya beberapa makanan ringan kemudian minum.

Dalam hal ini pastinya ngemil harus tetap yang sehat seperti halnya ngemil buah segar tertentu. Selain itu, tidak dianjurkan untuk ngemil chiki-chiki atau snack yang banyak mengandung zat buatan seperti perasa maupun pewarna. Ngemil juga ada waktunya sendiri yang baik dan tepat agar tetap tidak menggeser posisi makanan pokok.

  1. Olahraga secara teratur

Jika semua hal seperti makan, minum, dan sebainya secara teratur dan sehat sudah berjalan dengan maksimal, sebaiknya harus dibarengi dengan olahraga teratur. Sebaiknya olahraga dilakukan setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal ketika dalam program upaya mendapat berat badan yang ideal.

Anda bisa melakukan olahraga apa saja dan kapan saja melakukannya sesuai dengan hobi atau keinginan. Seperti halnya olahraga jogging, bersepada, hingga ngegym agar di samping memperoleh berat badan ideal juga bisa memperindah bentuk tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *