Budaya Hidup Sehat

Budaya Hidup Sehat

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Karena tubuh yang sehat akan dapat melakukan berbagai aktivitas apapun. Hal ini tentunya berbeda sekali dengan kondisi tubuh yang kurang sehat. Tentunya akan mengganggu aktivitas Anda dalam sehari – hari. Belum lagi biaya pengobatannya yang tidaklah murah.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh yang terjaga kesehatannya. Anda perlu menerapkan budaya hidup sehat. Untuk melakukannya pun sebenarnya tidaklah sulit. Namun, Anda perlu untuk melakukannya secara konsisten agar tubuh Anda tetap dalam kondisi prima.

13 Cara Melakukan Budaya Hidup Sehat

Pernahkah Anda merasakan yang namanya sakit? Pastinya di antara Anda pernah ya dan tidak menginginkan sakit itu kembali lagi. Ketika sakit biasanya nafsu makan akan menghilang, belum lagi harus membayar biaya pengobatan dan menelan pahitnya obat – obatan yang diberikan dokter.

Maka dari itu, sepatutnya dari sekarang Anda perlu memahami kebiasaan hidup Anda dengan menerapkan budaya hidup yang sehat. Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwa kesehatan adalah salah satu harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu perlu sekali Anda mempelajari cara melakukan budaya hidup sehat yang akan dibahas pada informasi lengkapnya berikut ini.

  1. Bergaul dengan orang sehat

Kunci hidup sehat yang dapat Anda terapkan adalah dengan bergaul dengan orang yang memiliki gaya hidup sehat. Bila Anda memiliki semakin banyak waktu yang dihabiskan dengan orang – orang di sekitar Anda yang terjaga kesehatan jasmani dan rohaninya. Maka akan semakin baik pula kesehatan Anda karena akan menambah kesadaran pada diri Anda.

  1. Memperhatikan kesehatan gigi

Budaya hidup sehat yang selanjutnya adalah memperhatikan kesehatan gigi Anda. Hal ini karena gigi memiliki peranan penting dalam proses mengunyah makanan sebelum masuk ke dalam sistem pencernaan. Oleh sebab itu, pastikan berkunjung pada dokter gigi setidaknya sekali dalam 6 bulan. Sehingga akan mendapat manfaat mengenai menjaga kesehatan gigi.

  1. Lakukan aktivitas luar ruangan

Melakukan aktivitas luar ruangan tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan sekali untuk Anda lakukan. Khususnya teruntuk Anda yang sering menghabiskan waktu di kantor yang mana selalu di dalam ruangan.

Maka ada baiknya sekali untuk Anda meluangkan waktu pada akhir pecak bersama – sama dengan keluarga ataupun teman yang berguna agar mendapatkan lebih banyak aktivitas di luar ruangan. Belum lagi ditambah nuansa sinar matahari pagi dan udara yang masih segar. Tentunya baik untuk kesehatan tubuh Anda bukan?

  1. Beralih ke vegetarian

Menjadi seseorang yang dijuluki vegetarian tentu bukan hanya sekedar memperhatikan perkara kesehatan. Ini karena ada diet vegetarian kurang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, baiknya sebelum menjadi vegetarian pelajarilaj seluk beluk seseorang yang menjadi vegetarian kemudian lakukanlah dengan bertahap.

  1. Pilih camilan sehat

Ketika merasa lapar dan waktu makan Anda belum tiba kemudian Anda memutuskan untuk memakan camilan. Maka ada baiknya untuk memilih camilan yang sehat contohnya seperti buah – buahan, atau snack rendah kalori. Namun, lebih direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah – buahan saja karena mengandung kandungan yang alami.

  1. Berhentilah merokok

Bagi Anda yang menjadi seorang perokok sebaiknya mulailah untuk mencoba berhenti merokok. Telah banyak dibuktikan bahwa merokok itu hanya akan merugikan kesehatan tubuh Anda. Seperti meningkatnya resiko terkena penyakit paru – paru maupun kanker mulut. Belum lagi ditambah dengan mahalnya biaya pengobatan bila terkena kanker tersebut.

Oleh karena itu, mulailah berhenti merokok dari sekarang. Karena bila Anda masih setia untuk merokok itu berarti sama saja Anda mempertaruhkan kesehatan tubuh Anda.

  1. Membawa botol air sendiri

Salah satu hal yang paling sepele dilakukan oleh orang – orang yang kebanyakan bekerja di kantor adalah membawa botol air sendiri. Mereka lebih senang untuk menggunakan fasilitas yang berada di kantor. Padahal, dengan meminum menggunakan botol air sendiri kesehatan tubuh Anda akan terjaga.

Karena apa? Karena bila Anda menggunakan fasilitas seperti gelas di kantor yang digunakan untuk minum seluruh pegawai disitu. Itu sama saja menjadi salah satu media perpindahan penyakit dari yang satu dengan yang lain. Walaupun sebenarnya telah dicuci dengan bersih. Tetap saja kuman ataupun bakteri tetap menempel bukan?

  1. Hindari alkohol

Alkohol memang menjadi salah satu trend minuman yang dikonsumsi oleh beberapa orang. Padahal bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang akan berdampak tidak baik bagi tubuh seperti mempengaruhi fungsi otak, paru – paru, hati dan organ pada tubuh lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya berhenti meminum alkohol sekarang juga demi kesehatan tubuh Anda.

  1. Kurangi mengkonsumsi soda

Soda memiliki sifat diuretik atau yang biasa dikenal dengan mempercepat laju pada produksi urin. Pastinya akan mengurangi asupan pada air di dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk mengurangi konsumsi soda. Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi jus buah yang bebas gula yang mana mengandung bahan alami dan air.

  1. Konsumsi air putih

Tubuh manusia tersusun atas jaringan sel – sel yang saling terhubung antara yang satu dengan yang lain dan membutuhkan banyak sekali cairan guna memperlancar kinerja sel – sel dalam tubuh tersebut. Inilah mengapa Anda perlun untuk mengkonsumsi air secara teratur dalam jumlah yang banyak tiap harinya yakni 2, 7 sampai 3, 7 liter.

  1. Olahraga secara teratur

 

Dalam sebuah studi yang menunjukan bahwa dengan melakukan aktivitas olahraga pada tiap harinya akan membawa manfaat yang sangat luar biasa pada kesehatan tubuh Anda. Seperti menigkatnya rentang hidup, menurunkan resiko dari penyakit berbahaya, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

Bila Anda terhalang untuk melakukan olahraga Anda bisa melakukan cara yang lain misalnya saja dengan berjalan kaki atau memilih menaiki tangga dibandingkan dengan menggunakan lift. Aktivitas itu terhitung melakukan olahraga juga kan?

  1. Penuhi makanan berserat

Tubuh Anda membutuhkan makanan yang didalamnya mengandung serat yang tinggi. Itu berguna untuk menjaga kondisi tubuh dari serangan berbagai bakteri. Selain itu juga berguna untuk merangsang kelancaran pada pengeluaran kotoran dalam tubuh Anda. Karena bila tidak dikeluarkan akan menimbulkan racun yang menumpuk.

Contoh makanan yang mengandung serat tinggi adalah Buah kiwi yang mana kandungan serat dalam buah kiwi mencapai 3, 0 gram per 100 gram serat. Anda bisa mengkonsumsinya dengan dibuat jus atau sup buah. Hal ini digunakan untuk menghindari kebosanan mengkonsumsi buah kiwi secara langsung.

Selain pada buah kiwi, kandungan serat juga terkandung pada sayuran buncis. Menurut sebuah penelitian buncis dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki serat tinggi. Bahkan selain serat di dalam buncis juga mengandung antioksidan yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah serangan penyakit jantung.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Tubuh memiliki hak untuk mendapatkan makanan yang bergizi caranya dengan menyediakan makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi nasi, sayuran, buah – buahan, lauk dan susu. Dimana nasi merupakan makanan pokok sebagai sumber karbihidrat atau energi pada tubuh, lauk sebagai protein, sayuran sebagai mineral, buah – buahan sebagai sumber dari vitamin.

Kemudian, sebagai penyempurna dianjurkan untuk mengkonsumsi susu yang berfungsi memperkuat kondisi tulang dan meningkatkan energi dalam tubuh. Untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna itu tidak perlu yang mahal – mahal yang paling penting kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *