cara agar anak gemuk

cara agar anak gemuk

Masa anak-anak yakni antara 4 – 12 tahun merupakan masa dimana pertumbuhan mereka sedang dalam masa berkembang. Di usia tersebut bentuk fisik tubuh mulai mengalami perubahan. Beberapa anak tumbuh sehat dengan berat badan yang ideal, dan ada juga anak yang tumbuh dengan berat badan yang tidak sesuai dengan usianya. Para orang tua melakukan segala cara agar anak gemuk.

Padahal dengan memberikan anak makan sebanyak mungkin tidak akan menjamin anak akan gemuk. Masa kanak-kanak juga merupakan masa teraktif manusia dimana anak-anak akan sangat aktif bergerak sehingga energi dan kalori mereka akan banyak terbuang. Itulah mengapa anak yang walaupun tetap makan banyak  tetapi tidak gemuk. Ada cara lain yang harus dilakukan agar anak cepat gemuk.

7 Cara Agar Anak Gemuk Dengan Tetap Mempertimbangkan Gizi Yang Seimbang

  1. Atur jadwal makan anak

Anak harus ditetapkan jadwal makan sejak dini dengan alasan selain agar mereka makan dengan teratur juga agar menjadi kebiasaan mereka hingga dewasa. Jadwal wajib tersebut harus ditetapkan dengan konsisten. Misalnya saja untuk anak-anak yang belum bersekolah, maka jadwal sarapan mereka ditetapkan pada pukul 8 -9 pagi dan pukul 7 pagi untuk anak-anak yang sudah bersekolah.

Atur jadwal makan anak

Untuk makan siangnya ditetapkan pukul 12 – 1 dan makan malam mulai dari pukul 6 – 8 malam. Yang terpenting adalah jangan sampai anak meninggalkan sarapan karena makanan akan lebih mudah diserap dan di proses oleh tubuh pada pagi hari sehingga sarapan merupakan jadwal yang sangat penting bagi pertumbuh kembangan anak.

  1. Tingkatkan porsi setahap demi tahap

Jangan langsung memaksa anak makan dalam porsi yang banyak karena akan membuat mereka mudah bosan dan justru tidak ingin makan lagi. Cara terbaik adalah dengan meningkatkan porsi makanan anak secara bertahap. Peningkatan porsinya pun jangan terlalu spontan. Misalnya saja untuk hari ini anak Anda berhasil menghabiskan setengah porsi dewasa, lalu besoknya  bisa tambahkan satu sendok  saja.

Tingkatkan porsi setahap demi tahap

Jumlah makanan yang dapat dimakan oleh anak-anak tentu berbeda tergantung pada kemampuan lambung dan usus mereka menampung dan mencerna makanan sehingga orang tua perlu mengetahui batas maksimal organ pencernaan anak bisa menerima makanan. Itulah sebabnya jangan terlalu cepat meningkatkan porsi makan anak karena jika dipaksakan justru merusak lambung dan usus mereka.

  1. Istirahat siang hari

Istirahat tidak hanya penting bagi orang dewasa yang memiliki aktivitas lebih banyak, tetapi juga penting bagi anak-anak. anak-anak membutuhkan istirahat sebagai waktu yang tepat agar tubuh mereka berkembang dengan baik karena tidak melakukan aktivitas apapun. Biasanya juga anak-anak yang terbiasa tidur siang memiliki berat tubuh yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak tidur siang.

Istirahat siang hari

Akan tetapi tips ini bukan alasan orang tua untuk mencegah anak beraktifitas seperti bermain. Bermain dan melakukan aktivitas ‘movement’ perlu dilakukan untuk menunjang pertumbuhan otot, tulang dan otak anak. yang perlu diperhatikan adalah waktu bermain yang disesuaikan dengan waktu istirahat sehingga waktu istirahat dan bermain seimbang dan tubuh anak dapat berkembang dengan baik.

  1. Beri camilan yang bergizi

Beri camilan yang bergizi

Bukan hal mustahil bila selepas tidur siang biasanya anak akan lapar dan ingin memakan sesuatu. Cara agar anak gemuk adalah dengan memberi camilan yang bernutrisi dan kaya lemak. Seperti misalnya olahan yang mengandung butter, selai kacang, telur, susu dan krim. Jangan pernah memberi anak camilan snack komersial karena justru akan membuat mereka tidak berselera makan dan menjadi kurus.

  1. Seleksi asupan harian anak

Seleksi asupan harian anak

Beri buah hati Anda dengan pilihan asupan makan yang memiliki kalori tinggi. Makanan dengan kalori yang lebih tinggi dapat dengan mudah meningkatkan berat badan anak. Makanan dengan tinggi kalori didapatkan dari daging, kuning telur, kacang-kacangan dan sebagainya. Jangan lupa pengolahannya juga harus menyehatkan, jangan sampai karena salah pengolahan, gizi makanan tersebut menghilang.

  1. Mengolah makanan dengan semenarik mungkin

Tips yang ini biasanya untuk anak-anak yang rewel makan. Mereka sebenarnya lapar, akan tetapi karena makanan yang disajikan mungkin membuat mereka tidak berselera sehingga diperlukan trik lain yaitu dengan membuat makanan semenarik mungkin. Biasanya kreasi kreatif seperti ‘bento’ cukup menarik perhatian anak bahkan anak yang tidak terlalu lapar akan tertarik dan ingin memakan makanan tersebut.

Mengolah makanan dengan semenarik mungkin

Tips ini juga berlaku bagi anak yang tidak ingin makan sayur. Tentunya rasa sayur yang hambar dan jenisnya itu-itu saja membuat anak tidak tertarik memakan sayur. Bunda bisa mengkreasikan  sayur mayur menjadi bentuk-bentuk lucu atau karakter yang anak sukai serta memperkaya cita rasa masakan pada sayur sehingga anak-anak tertarik untuk mencoba mencicipi sayur tersebut.

  1. Memberikan suplemen makanan gizidat

Ada sebagian orang tua yang telah melakukan cara yang tepat dengan memberikan makanan yang bergizi dan kaya akan lemak kepada buah hatinya, namun tetap saja berat badan buah hati tidak meningkat. Kasus seperti ini biasanya dapat ditangani dengan memberikan suplemen ekstra atau vitamin tambahan di luar makanan yang di konsumsi anak setiap harinya.

Memberikan suplemen makanan gizidat

Suplemen tersebut juga bukanlah satu-satunya pilihan melainkan harus dipadukan juga dengan pemberian makanan bergizi. Salah satu produk suplemen atau vitamin penambah nafsu makan anak adalah Gizidat. Suplemen ini merupakan suplemen alami yang terbuat dari  formula 3 bahan pilihan terbaik yang dapat meningkatkan selera makan anak yaitu madu hutan, ikan sidat dan kurkumin.

Selain sebagai suplemen penambah nafsu makan anak, Gizidat juga merupakan suplemen atau vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak dimana suplemen ini mampu memeuhi kebutuhan anak akan vitamin dan nutrisi yang tidak tercukupi hanya dengan makanan yang di konsumsi setiap harinya. anak dengan daya tahan tubuh tinggi akan lebih kebal sehingga sangat jarang  terserang virus dan sakit.

Manfaat Gizidat Bagi Pertumbuhan dan Peningkatan Berat Badan Anak

  • Sebagai suplemen yang mampu menjaga daya tahan tubuh anak sehingga anak lebih kebal terhadap virus ataupun bakteri yang menyebabkan penyakit. Anak yang sering sakit tentu akan lebih sulit dalam pertumbuhannya dan biasanya anak yang sakit akan lebih mudah kurus.
  • Meningkatkan nafsu makan anak sehingga anak bisa mengkonsumsi makanan bergizi yang lebih beragam setiap harinya untuk meningkatkan berat badannya.
  • Aman di konsumsi oleh anak-anak bahkan oleh bayi karena merupakan suplemen alami untuk memenuhi protein, gizi serta nutrisi yang terbuat dari bahan alam berkualitas dan terbaik. Tidak menyebabkan efek samping apapun dan tidak menyebabkan ketergantungan pada anak.
  • Rasa yang lezat dan disukai anak-anak dengan perpaduan rasa manis yang menjadi rasa kesukaan anak dari madu dan wangi khas dari kurkumin.
  • Bukan sejenis obat-obatan sehingga bila anak mengkonsumsi dalam jumlah lebih dari sendok takaran pun tidak apa-apa karena meminum suplemen Gizidat sama saja dengan mengkonsumsi madu alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *