Cara Ampuh untuk Menambah Berat Badan

Cara Ampuh untuk Menambah Berat Badan

Mungkin selama in Anda membayangkan bahwa menambah berat badan memerlukan banyak usaha dan memakan suplemen yang tidak enak, serta proses yang panjang. Memang, menambah berat badan secara sehat memerlukan dedikasi tinggi. Namun jangan khawatir lagi, karena dalam artikel ini Anda akan menemukan cara ampuh menambah berat badan yang mudah diikuti. Dengan memakan makanan yang disebutkan di bawah ini, Anda pasti bisa mencapai berat ideal dalam waktu singkat.

Cara Ampuh Menambah Berat Badan dengan Makanan Bergizi

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan sumber lemak, protein, dan mineral (magnesium, mangan, fosfor, kalium, kalsium, tembaga), zat besi, serta vitamin A dan K. Daripada mengonsumsi cokelat susu, cokelat hitam lebih bermanfaat karena bisa mempertahankan tekanan darah normal, melindungi dari penyakit jantung, serta membantu menambah berat badan.

  1. Granola

Granola pada dasarnya merupakan campuran dari oat panggang, sereal, kacang, madu, dan gula kelapa. 100 gram granola bisa memberi Anda asupan sekitar 471 kalori. Makanan lezat ini kaya akan kandungan karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesium, kalium, folat, serta berbagai macam vitamin.

Mengkonsumsi granola saat sarapan terbukti merupakan cara ampuh menambah berat badan karena kandungan kalori yang tinggi ini. Selain sebagai sarapan, Anda juga bisa menggunakan granola sebagai camilan atau makanan penutup.

  1. Selai kacang

Selai kacang

Selai yang lezat dan mengandung kalori tinggi ini merupakan sumber karbohidrat, lemak, asam lemak omega 3 dan 6, serta berbagai zat gizi lain seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan tembaga. Jika tidak menyukai mentega biasa, Anda bisa menggunakan selai kacang sebagai alternatif. Kandungan kalori selai kacang yang sangat tinggi (nyaris 600 kalori per 100 gram) akan sangat membantu Anda dalam menambah berat badan secara efektif.

  1. Jus buah

Mungkin selama ini jus identic dengan diet, namun sebenarnya pilihan buah yang tepat bisa digunakan untuk menambah berat badan. Semua jenis buah dipenuhi dengan vitamin, mineral, dan gula alami. Untuk menambah berat badan, minum olahan jus dari buah yang padat seperti pisang, mangga, dan alpukat.

  1. Susu murni

Susu murni

Susu tanpa pengurangan kandungan lemak sangat baik untuk Anda yang ingin menambah berat badan. Susu murni sangat tinggi akan kandungan lemak, karbohidrat, protein, gula, serta berbagai macam mineral. Kandungan vitamin A dan D serta asam amino kolin akan membantu meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Jika Anda intoleran terhadap laktosa (gula alami yang terkandung dalam susu), Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai yang sama baiknya dengan susu sapi. Meskipun kandungan kalorinya sedikit lebih rendah, susu kedelai juga kaya akan protein, kalsium, serta vitamin A dan D. selain menambah berat badan, susu akan berperan dalam mempertahankan kualitas tulang Anda.

  1. Roti gandum

Roti dengan bahan dasar gandum utuh merupakan pilihan yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan roti putih biasa. Satu potong roti gandum mengandung sekitar 130 kalori serta mengandung banyak zat gizi seperti lemak, karbohidrat, protein, serat pangan, serta vitamin.

Meskipun biasanya produk gandum utuh digunakan untuk program penurunan berat badan, makanan dari gandum utuh juga bisa meningkatkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Cobalah mengkonsumsi pudding roti gandum utuh atau sandwich gandum utuh untuk menambah berat badan secara sehat dalam waktu singkat.

  1. Roti jagung (cornbread)

Roti jagung (cornbread)

Roti ini sangat baik dikonsumsi jika Anda ingin menambah berat badan. Indeks glikemiknya yang tinggi akan membuat Anda cepat merasa lapar sehingga bisa menambah asupan makanan. Kandungan gizi di dalamnya antara lain kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Satu potong roti jagung bisa menambah sekitar 300 kalori, serta merupakan pilihan sehat untuk menambah berat badan.

  1. Daging ayam dan kalkun

Daging yang berwarna putih seperti ayam dan kalkun memang biasanya direkomendasikan untuk program penurunan berat badan, namun sebenarnya bisa juga dikonsumsi jika ingin menambah berat badan. Bedanya terletak pada kulitnya. Jika biasanya bagian kulit ayam dihilangkan untuk mengurangi kalori, saat ini Anda disarankan memakan kulitnya untuk menambah kalori yang masuk ke tubuh.

  1. Suplemen makanan Gizidat

Suplemen makanan Gizidat

Mengkonsumsi makanan bergizi saja kadang tidak cukup untuk mendapatkan hasil secepat yang diharapkan. Karena faktor stress, sibuk, dan lain-lain, kadang Anda tidak sempat memikirkan asupan makanan yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk meminum Gizidat karena akan menambah nafsu makan, serta kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 nya bisa menambah berat badan secara alami.

  1. Udang

Udang merupakan sumber protein, lemak, vitamin A, kolin, dan asam lemak omega-3 yang sangat baik. Kandungan kalori dalam udang memang termasuk rendah, hanya 99 kalori per 100 gram. Untuk meningkatkan kandungan kalorinya dan membuat udang efektif sebagai salah satu cara ampuh menambah berat badan, sebaiknya udang diolah dengan cara digoreng menggunakan mentega atau menambahkan bumbu berkalori tinggi seperti mayones. Namun karena udang tinggi akan kandungan kolesterol, sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengkonsumsi udang.

  1. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal memang biasanya dikenal sebagai makanan yang ampuh untuk membantu proses penurunan berat badan, namun juga bisa dikonsumsi ketika ingin menambah berat badan karena tingginya kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Karena setiap 100 gram oatmeal matang hanya mengandung 68 kalori, disarankan menambahkan bahan lain seperti susu murni, buah kering, dan madu.

  1. Yogurt

Yogurt dengan kandungan lemak penuh merupakan makanan yang ampuh untuk menambah berat badan. Yogurt banyak mengandung lemak, kalsium, karbohidrat, serta protein. Setiap 100 gram yogurt bisa mengandung 150 kalori. Dengan kandungan kalori yang cukup tinggi ini, Anda bisa membangun massa otot dan tulang. Anda juga bisa memilih yogurt dengan aneka macam rasa supaya kandungan gula dan perisanya ikut menambah asupan kalori Anda.

  1. Minyak

Minyak

Minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kedelai, dan minyak kacang merupakan sumber lemak dan asam lemak yang sangat baik. Jenis-jenis minyak ini tidak mengandung lemak trans yang jahat, serta bisa menjadi pilihan cara ampuh menambah berat badan yang lebih sehat. Setiap satu sendok makan minyak bisa mengandung sampai dengan 120 kalori. Gunakan minyak dalam setiap kesempatan memasak – baik itu memanggang, menggoreng, atau sebagai dressing pada salad.

  1. Mayonnaise

Saus yang lezat ini merupakan makanan sempurna untuk Anda yang ingin menambah berat badan. Mayonnaise banyak mengandung lemak, protein serta asam lemak. Satu sendok makan mayonnaise bisa mengandung sampai dengan 100 kalori. Nikmati mayonnaise sebagai cocolan, olesan, atau dressing untuk salad.

  1. Es krim

Es krim

Ini merupakan berita baik untuk banyak orang. Makanan olahan susu yang sangat lezat ini biasanya mengandung banyak lemak, karbohidrat, dan kalsium sehingga cocok untuk menambah berat badan. 100 mL es krim saja bisa mengandung sampai dengan 200 kalori, maka dipastikan bisa menambah berat badan secara efektif jika dikonsumsi rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *