Cara Cepat Gemuk Sehat

Cara Cepat Gemuk Sehat

Kekurangan berat badan merupakan suatu kondisi di mana seseorang memiliki indeks massa tubuh kurang dari 18.5 Jika hal ini terjadi, maka bisa dikatakan orang itu tidak mendapat cukup kalori yang ia butuhkan. Banyak juga vitamin dan zat gizi yang terlewatkan. Keadaan ini bisa menyebabkan berbagai macam gangguan, seperti gangguan pertumbuhan, tulang rapuh, berkurangnya kekebalan tubuh, anemia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa orang dengan berat badan yang terlalu rendah lebih rentan terhadap kematian yang dipicu faktor eksternal seperti kecelakaan dan bunuh diri dibandingkan dengan mereka yang mempunyai berat badan normal. Ingin terhindar dari berbagai masalah yang telah disebutkan? Saatnya Anda mengetahui cara cepat gemuk sehat dalam artikel ini dan memiliki tubuh yang lebih sehat.

Keadaan yang menyebabkan Kekurangan Berat Badan

Memiliki berat badan yang kurang bisa jadi disebabkan tidak memakan cukup kalori, namun masih ada banyak penyebab lain yang bisa menyebabkan keadaan ini. Beberapa keadaan tersebut menyebabkan penderitanya makan lebih sedikit kalori dan mengalami penurunan berat badan, dan ada juga yang menyebabkan penurunan berat badan tanpa mengubah pola makan penderita sama sekali.

  1. Genetik

Genetik

Beberapa orang memang terlahir dengan metabolisme yang terlali cepat atau nafsu makan yang kecil, sehingga artinya mereka akan memiliki tubuh yang lebih ringan dari orang pada umumnya.

  1. Memiliki aktivitas fisik yang tinggi

Jika aktivitas fisik Anda termasuk tinggi, artinya akan lebih banyak kalori yang terbakar dibandingkan dengan orang yang tidak aktif. Jika Anda adalah seorang atlet, banyak berolahraga, atau memiliki pekerjaan yang menuntut untuk bergerak aktif, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan jika Anda tidak terlalu aktif.

  1. Penyakit

Penyakit

Banyak kondisi kesehatan, termasuk masalah tiroid, diabetes, dan masalah pencernaan – seperti penyakit Crohn, bahkan kanker. Berbagai kondisi kesehatan ini bisa menyebabkan seseorang memiliki berat badan yang kurang. Jika berkonsultasi dengan dokter, ia bisa mendiagnosa apa kondisi kesehatan yang mungkin memengaruhi Anda dan merekomendasikan pengobatan yang sesuai.

  1. Efek samping dari pengobatan

Obat resep maupun yang dijual bebas bisa saja menyebabkan mual dan penurunan berat badan. Bisa juga obat-obatan ini menyebabkan penurunan nafsu makan yang berakibat turunnya berat badan.

  1. Stres

Stres

Merasa stress, terlalu banyak bekerja, atau merasa cemas sepanjang waktu bisa memengaruhi nafsu makan.

  1. Depresi dan masalah psikologis lainnya

Depresi, kecemasan berlebih, serta kondisi mental lainnya juga bisa memengaruhi pola makan sehingga berat badan kemungkinan besar juga terpengaruh.

  1. Merokok

Merokok bisa menekan nafsu makan, sehingga seorang perokok kemungkinan besar memiliki berat badan yang kurang.

Masalah Kesehatan yang Bisa Timbul karena Kurang Berat Badan

Orang dengan berat badan kurang biasanya tidak sebugar orang dengan berat badan normal, walaupun ini bukan berarti orang dengan berat badan kurang pasti menderita sakit. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh kurangnya berat badan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Orang dengan berat badan yang kurang karena tidak cukup mendapatkan nutrisi tidak bisa menyimpan energi sehingga akan lebih sulit untuk melawan infeksi.

  1. Terlambatnya tumbuh kembang anak

Anak dan remaja membutuhkan banyak energi dan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang secara mental maupun fisik.

  1. Osteoporosis

Osteoporosis

Risiko memiliki tulang yang rapuh dan mudah patah meningkat banyak. Ini disebabkan oleh kekurangn vitamin D dan kalsium. Selain itu, semakin rendah berat badan seseorang, semakin sedikit mineral yang bisa digunakan untuk membangun tulang sehingga sulit untuk melindungi tulang dari kerusakan.

  1. Anemia

Kurangnya asupan zat besi bisa menyebabkan anemia, yaitu kekurangan sel darah merah. Jika ini terjadi, ia akan merasakan efek buruk seperti lemas dan tidak punya energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Cara Cepat Gemuk Sehat yang Terbukti Ampuh

Untuk menambah berat badan, Anda harus mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh, artinya Anda harus makan lebih banyak. Namun memilih makanan yang kurang sehat seperti burger, kentang goreng, dan makanan manis untuk menambah asupan kalori hanya akan menambah masalah kesehatan Anda dalam jangka Panjang.

Cara Cepat Gemuk Sehat yang Terbukti Ampuh

Pikirkan bagaimana kebiasaan Anda saat makan. Apakah Anda makan hanya sampai merasa tidak lapar lagi, atau sampai benar-benar kenyang? Seringkali, orang dengan berat badan rendah makan hanya sampai mereka tidak merasa lapar lagi. Jika ingin menambah berat badan, Anda disarankan untuk makan sampai benar-benar merasa kenyang. Tujuannya bukan untuk makan berlebihan, namun untuk meningkatkan asupan kalori Anda.

Anda juga harus melakukan cara cepat gemuk sehat secara sabar dan konsisten. Menambah asupan makanan terlalu cepat menambah tekanan pada metabolism Anda, sehingga akan mengacaukannya dan lebih sulit untuk menjaga berat badan di batas normal.

Penting juga bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, khususnya yang  tinggi kalori seperti kacang, buah kering, produk olahan susu, dan makanan berpati. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menambah berat badan secara cepat jika Anda kekurangan berat badan.

  1. Jangan hanya mementingkan kalori

Jangan hanya mementingkan kalori

Cobalah memilih makanan yang kaya akan kandungan gizi, bukan sekadar tinggi kalori. Konsumsilah banyak makanan yang mengandung karbohidrat baik, seperti gandum utuh dan protein.

  1. Tingkatkan frekuensi makan

Jika Anda termasuk orang yang mudah kenyang, coba makan 5 hingga 6 kali dalam sehari untuk menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh tanpa merasa terlalu kenyang dan tidak nyaman. Beberapa atau semua makanan yang Anda pilih bisa disesuaikan porsinya menjadi lebih kecil atau besar, asalkan total kalori yang masuk ke tubuh tetap lebih dari kebutuhan.

  1. Konsumsi suplemen Gizidat

Konsumsi suplemen Gizidat

Dengan maraknya berbagai suplemen makanan penambah berat badan di pasaran, mungkin agak sulit bagi Anda untuk memilih yang tepat untuk cara cepat gemuk sehat. Namun percayakanlah pada Gizidat yang mengandung banyak zat gizi yang penting bagi tubuh seperti omega-3, protein, dan DHA. Selain mendukung penambahan berat badan yang sehat, suplemen ini akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  1. Konsumsi lemak yang baik

Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak baik adalah alpukat dan kacang-kacangan. Bahan makanan ini tentu saja penyajiannya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

  1. Tambahkan kalori jika ada kesempatan

Tambahkan kalori jika ada kesempatan

Setiap kali Anda makan, cobalah menambah jumlah asupan kalori. Contohnya, tambahkan topping roti kering atau kacang pada salad. Anda juga bisa menambahkan keju pada pasta atau telur untuk meningkatkan kandungan kalori serta gizi.

  1. Pilih minuman yang tepat

Walaupun tujuan Anda adalah menambah berat badan, tetap saja Anda harus menghindari minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti the dan kopi manis. Sebaiknya, pilih minuman yang berkalori serta bernutrisi tinggi seperti susu atau smoothie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *