Cara Cepat Menaikkan Berat Badan

Cara Cepat Menaikkan Berat Badan

Memiliki bentuk badan yang terlalu kurus memang menjadi sebuah masalah. Baik itu untuk laki – laki maupun untuk wanita. Ada beberapa hal yang bisa diakibatkan oleh kondisi ini. Diantaranya adalah bahaya penyakit seperti arthritis atau gangguan jantung, lebih beresiko terhadap depresi, kesulitan dalam melahirkan untuk wanita, dan lain – lain. Lalu, bagaimana cara cepat menaikkan berat badan?

Sama seperti menurunkan berat badan, untuk sebagian orang menaikkan berat badan memang sangat sulit. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, penyakit tertentu seperti hipertiroidisme, tingginya aktivitas fisik, obat – obatan tertentu, hingga masalah psikologis seperti emosional dan gangguan makan. Cobalah untuk mengubah pola hidup Anda menjadi seperti di bawah ini!

Cara Cepat Menaikkan Berat Badan

  1. Makan Lebih Sering

Jika hanya dibayangkan memang kedengarannya mudah, akan tetapi bagi Anda yang kurus karena tidak memiliki nafsu makan normal hal ini sangatlah sulit. Untuk itu mula – mula makanlah dengan porsi sedikit namun sering, bisa ditingkatkan hingga 5 – 6 kali sehari. Bisa di atur pada saat sarapan, pukul 10 pagi, pukul 12 siang, pukul 3 sore, dan pukul 7 malam. Atau bisa disesuaikan dengan jadwal pekerjaan Anda.

Makanan tidak melulu harus nasi. Pilih makanan yang tinggi kalori. Misalnya makan pagi roti tawar dengan selai kacang dan segelas susu. Pukul 10 pagi bisa dengan camilan kurma dan smoothies. Makan siang dengan nasi padang. Pukul 3 sore bisa es krim dengan cake cokelat. Di malam harinya Anda bisa memilih menu sate atau apa saja asalkan dari daging.

  1. Suplemen Makanan

Jika kebutuhan makanan dan nutrisi dirasa kurang, atau jadwal makan Anda masih berantakan karena beban pekerjaan maka cobalah untuk menambah asupan dengan suplemen makanan. Gizidat adalah yang paling dianjurkan, untuk anak – anak pun sangat cocok dan aman. Suplemen ini dibuat dari bahan – bahan alami yang aman dan tidak mengakibatkan efek samping membahayakan.

Gizidat terbuat dari madu pilihan yang berasal dari hutan tropis di Indonesia. Kandungan proteinnya sangat tinggi sehingga bersifat membangun tubuh. Zat tersebut berasal dari minyak ikan sidat yang kini menjadi komoditi ekspor besar ke negri sakura Jepang. Mengkonsumsinya secara teratur akan membuat Anda memiliki nafsu makan yang lebih tinggi karena kandungan temulawaknya.

  1. Atur Waktu Tidur

Memiliki jam tidur di bawah batas normal bisa membuat organ tubuh lekas rusak, metabolisme menjadi melambat, dan mengakibatkan mudah letih lesu. Untuk itu, biasakan untuk tidur malam paling lambat pukul sebelas dan bangun pukul lima pagi. Di siang hari, jika memungkinkan sempatkan satu jam atau kurang untuk tidur siang. Bila tidak bisa, rebahkan saja badan dan rilekslah selama beberapa saat.

  1. Camilan Bernutrisi

Menaikkan berat badan bukan berarti menjadi gemuk, bergelambir, dan selulit terlihat di lekuk tubuh Anda. Jadi, pilihlah camilan bernutrisi yang tidak akan menyebabkan hal – hal yang seperti demikian ini terjadi. Apa saja yang termasuk dalam camilan bernutrisi? Ada yogurt, keju, buah – buahan tinggi kalori seperti pisang dan alpukat, puding manis, kurma, kacang rebus, dan masih banyak yang lainnya.

Selang seling setiap hari dengan makanan seperti cokelat, es krim, dan aneka kue seperti soes dan martabak manis. Dijamin, Anda akan lekas mendapatkan berat yang diinginkan.

  1. Olahraga

Siapa bilang olahraga hanya bisa menurunkan berat badan? Sebaliknya, dengan olahraga Anda akan menjadikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh menjadi lebih terkontrol karena cadangan makanan dalam tubuh akan diubah menjadi otot yang bermassa. Akibatnya, tubuh Anda akan menjadi berisi dan memiliki bentuk yang lebih indah.

Olahraga yang disarankan diantaranya adalah angkat beban, gym, berenang, dan olah raga anaerobik. Akan lebih baik jika Anda memiliki instruktur sendiri dalam hal ini. Olahraga Anda akan menjadi lebih terarah dan goal yang diinginkan akan lebih mudah diraih.

  1. Hindari Stress

Stress bisa menjadi penghalang besar dan penyebab utama mengapa Anda berangsur – angsur mengalami penurunan berat badan. Survey membuktikan bahwa orang kurus pemikirannya lebih banyak dan lebih kompleks. Cari tahu apa yang mengganjal dalam pikiran Anda, segera selesaikan dan jangan terlalu dipikirkan.

Bagaimana jika hal ini tidak ditangani dan diabaikan? Jelas akan menguras tenaga dan pikiran bahkan tanpa Anda melakukan aktifitas fisik berat sekalipun. Stress juga bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan. Apabila Anda dilanda stress karena pekerjaan, cobalah untuk mengambil cuti atau setidaknya melakukan rekreasi ke daerah pegunungan atau pantai misalnya. Hal ini akan sangat menolong!

  1. Hilangkan Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan kebiasaan ngemil menjadi menurun hingga akhirnya menghilang. Perokok akan merasa cukup dan puas bahkan dengan porsi makan yang kecil sekalipun. Jelas ini berbahaya, pernyataan ini didukung oleh penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Selain itu, nikotin juga mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan membuatnya kacau. Bahkan penelitian terbaru menyebutkan bahwa indeks massa tubuh seorang perokok itu lebih rendah daripada seseorang yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Jadi, cepat – cepatlah menghilangkan kebiasaan tersebut jika ingin menaikkan berat badan. Anda bisa menggantinya dengan permen cokelat.

  1. Tingkatkan Konsumsi Makanan Lemak Sehat

Menambah asupan dengan makanan berlemak adalah salah satu hal yang paling efektif sebagai cara cepat menaikkan berat badan. Ada banyak sekali makanan yang mengandung lemak, tetapi tetaplah waspada! Bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi junkfood seperti burger dan pizza dalam porsi berkali lipat. Makanan tersebut mengandung lemak jenuh yang bisa menaikkan kolesterol tubuh.

Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah daging merah (sapi, kambing, domba), berbagai ikan (tongkol, tuna, dan salmon), daging ayam, minyak zaitun, buah alpukat, dan mentega. Usahakan setiap hari Anda memakan salah satu dari makanan tersebut.

  1. Kunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan cepat akan berpengaruh pada proses penyerapan makanan di usus. Akibatnya organ pencernaan akan bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak tenaga. Selain itu, makanan yang tak berhasil diserap dengan baik hanya akan lewat saja dan terbuang bersama kotoran.

Kunyah makanan hingga 32 kali, dengan begitu nutrisi bisa terserap dengan lebih maksimal. Apalagi untuk makanan daging – dagingan seperti tetelan dan jeroan.

  1. Enjoy-lah Menjalani Hidup

Hidup hanya sekali, janganlah terlalu tegang dalam menghadapi masalah. Ingatlah bahwa Tuhan itu Maha Baik. Akan ada pembelajaran di balik peristiwa dan masalah yang dihadapi. Untuk itu, jangan terlalu overthinking karena akan berpengaruh terhadap nafsu makan Anda.

Cobalah untuk selalu berbahagya. Tinggalkan memori – memori sedih dan ingatan tidak baik pada kejadian yang menimpa Anda. Umumnya mereka yang selalu berbahagya dan menikmati hidup akan lebih cepat naik massa tubuhnya walaupun porsi makanannya normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *