Cara Cepat Tinggi

Cara Cepat Tinggi

Beberapa orang mungkin mempunyai masalah dengan tinggi badan baik dewasa maupun anak-anak. Khususnya anak-anak seringkali mempunyai tingkat pertumbuhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang pertumbuhannya cepat tinggi, stabil, hingga tidak cepat tinggi. Oleh sebab itu, beberapa orang tua berusaha mencari solusi mengenai cara cepat tinggi untuk anak.

Upaya untuk meningkatkan pertumbuhan untuk anak-anak ada cukup banyak baik secara alami maupun tidak, seperti halnya dengan olahraga hingga minum susu peninggi badan. Namun, untuk anak lebih disarankan agar menggunakan cara yang alami, tanpa menggunakan zat obat dan semacamnya.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

Pertumbuhan anak sangat berpengaruh terhadap ukuran tinggi badan. Sementara itu, juga ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan seseorang, khususnya untuk anak-anak, diantaranya adalah:

  1. Faktor jenis kelamin

Jenis kelamin sangat mempengaruhi tumbuh kembang seseorang terlebih dalam hal kedewasaan. Anak perempuan cenderung lebih dahulu cepat bertumbuh tinggi daripada anak laki-laki. Anak laki-laki masa pertumbuhannya cukup lama dan cenderung lebih tinggi jika dibanding anak laki-laki.

  1. Suku atau ras

Menurut penelitian antropolog rasa tau suku yang berkulit coklat dan kuning cenderung mempunyai tinggi badan yang pendek jika dibandingkan dengan orang kulit putih. Seperti halnya orang-orang Asia lebih pendek dibandingkan dengan orang-orang Eropa ataupun Amerika.

Demikian, keberagaman suku yang ada di muka bumi ini mempengaruhi bentuk fisik manusia juga, khususnya dalam hal tinggi badan. Oleh sebab itu, tinggi badan setiap orang tidak bisa disamakan dan menjadikan satu orang saja menjadi tolak ukur untuk tinggi ideal itu tidak bisa dibenarkan.

  1. Usia

Usia jelas menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Tinggi badan orang dewasa jelas berbeda dengan anak-anak, dimana pada umumnya orang dewasa jauh lebih tinggi jika  dibandingkan dengan orang dewasa. Namun tingkat pertumbuhan bagi anak masih terbilang sangat cepat karena masa pertumbuhannya masih berjalan hingga mereka remaja 17 tahun.

  1. Gen atau keturunan keluarga

Suatu anggota keluarga tidak jarang yang mempunyai ukuran tinggi badan yang beragam, misalnya seorang badannya cenderung pendek dan beberapa orang lagi mempunyai badan yang tinggi. Tidak heran jika hal itu bisa menurun ke anak cucunya di masa mendatang.

Tinggi badan anak bisa saja dipengaruhi oleh keturunan. Jika pertumbuhan anak Anda sedikit lambat dan cenderung pendek, bisa jadi disebabkan karena keturunan, dimana pastinya ada salah satu anggota kaluarga yang tingginya tidak biasa.

  1. Faktor lain seperti kesehatan

Pertumbuhan pada anak juga bisa dipengaruhi oleh kesehatan. Mereka yang sering sakit pertumbuhannya seringkali lambat karena sel-sel dan jaringan dalam tubuhnya ikut terganggu. Sementara itu, bagi mereka yang dalam kondisi sehat dan selalu aktif pertumbuhannya lebih cepat dan baik.

Selain itu juga ada hal yang mempengaruhi tinggi badan seseorang yaitu kelainan pada hormon tertentu yang bisa mengakibatkan ukuran tinggi badan orang dewasa tidak seperti pada umumnya. Biasanya orang yang mengidap kelainan tersebut mempunyai ukuran tubuh yang kecil seperti anak-anak meskipun usia sudah dewasa.

Trik dan Cara Cepat Tinggi Untuk Anak-Anak

Tumbuh kembang pada manusia dimulai sejak masa anak-anak hingga remaja. Bagi anak laki-laki masa yang paling krusial dalam pertumbuhan dimulai sejak usia 11 hingga 13 tahun. Sementara itu, bagi anak perempuan pertumbuhannya terjadi 9 sampai 12 tahun. Oleh sebab itu, ketika masih anak-anak orang tua selalu berusaha untuk memperhatikan pertumbuhan anak mereka dengan baik.

Ada banyak hal yang sering dilakukan oleh orang tua agar anak-anak bisa tumbuh kembang dengan baik dan tetap sehat. Berikut adalah beberapa trik dan cara cepatnya:

  1. Minum susu dengan kalsium tinggi

Kini sudah banyak susu yang diproduksi khusus untuk mempercepat pertumbuhan anak. Seperti halnya susu hilo, boneto, dan semacamnya yang banyak dijual di toko maupun apotek terdekat. Susu tumbuh kembang anak terdiri dari beberapa jenis yang disesuaikan dengan usia dan rasa. Susu penambah tinggi badan tersebut juga tetap sehat untuk anak.

  1. Minum air mineral secara teratur
Minum air mineral secara teratur

Minum air mineral atau air putih sangat dianjurkan untuk menambah tinggi badan anak. Selain minum susu, juga harus dibarengi dengan minum air putih secara teratur, mengingat air mineral sangat alami dan aman untuk kesehatan anak-anak. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir terhadap anak yang lebih suka minum air mineral daripada yang lainnya.

  1. Makan makanan berkalsium tinggi

Selain minum susu yang berkalsium tinggi, juga harus makan makanan yang berkalsium tinggi seperti bayam, ikan, sayur, jamur, kubis, dan brokoli. Kalsium sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang anak, khususnya ketika masih dalam usia pertumbuhan. Selain itu, makanan yang berkalsium tinggi juga dapat memperkuat daya tahan tulang anak-anak.

Di samping mengkonsumsi makanan yang berkalsium, juga dianjurkan untuk makan yang mengandung vitamin D, mengandung protein tanpa lemak seperti daging sapi, ayam, hingga ikan serta kacang-kacangan yang baik juga baik untuk kesehatan tulang anak. Jika anak Anda tidak suka dengan ikan, bisa memberinya gizidat yang mengandung ikan sidat yang kaya akan protein.

  1. Mengkonsumsi gizidat

Gizidat merupakan formula yang berupa madu dengan percampuran beberapa bahan seperti ikat sidat, temulawak, dan sebagainya. Madu sendiri dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak. Hal itu disebabkan madu akan membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh menjadi lebih optimal.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat bisa dilakukan dengan cara tidur dengan cukup yaitu 9 sampai 10 jam. Bagi anak sebaiknya tidak boleh tidur terlalu larut malam sebab hal itu bisa mengakibatkan mengantuk pada saat pagi atau siangnya, terlebih lagi jika waktu sekolah. Kurang tidur juga bisa memperlambat pertumbuhan anak.

Orang tua juga harus tetap memantau pola istirahat anak agar kesehatannya tetap terjaga. Sebaiknya anak diberi kesempatan untuk bermain dengan teman sebayanya juga biarkan beraktifitas dengan aktif. Hal itu bertujuan agar fisik anak sering bergerak aktif sehingga bisa membantu pertumbuhannya.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur sangat dianjurkan untuk mendapat meningkatkan pertumbuhan anak. Renang sering kali menjadi olahraga alternative sebagai cara cepat tinggi di samping mengkonsumsi susu peninggi badan. Olahraga renang juga bisa melatih sistem pernafasan bagi anak.

Selain renang juga bisa melakukan olahraga lain seperti menendang, lompat, hingga volli. Hal itu bisa dilakukan setiap hari atau seminggu sebanyak 2-3 kali secara rutin. Selain bertujuan untuk menambah tinggi badan anak, juga melatih anak agar bergerak lebih aktif.

Sebagai catatan, sebaiknya  membiarkan anak melakukan olahraga apa saja yang mereka sukai, mengingat setiap anak mempunyai hobi dan kesukaan yang berbeda-beda termasuk dalam hal olahraga. Jika anak melakukan olahraga dengan senang hati dan enjoy, pasti akan bisa lebih konsisten dalam melakukannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *