Cara Hidup Sehat Alami

Cara Hidup Sehat Alami

Mendengar ucapan ‘pola hidup sehat’ tentu banyak orang yang memandangnya sulit untuk dilakukan. Sebenarnya banyak sekali pola hidup sehat yang dapat dijalani dengan mudah dan sederhana. Salah satunya adalah cara hidup sehat alami. Sejak zaman dahulu nenek moyang sudah menerapkan pola hidup sederhana yang bergantung pada alam secara alami.

Alam menyediakan begitu banyak bahan makanan dan kebutuhan maupun sumber daya yang dapat dimanfaatkan manusia demi menunjang kehidupannya. Tak perlu biaya mahal untuk menjalankan pola hidup sehat jika kita mau kembali kepada alam dan memanfaatkan alam dengan segala kebaikannya. Mulai dari bahan makanan, bahan kosmetik, dapat dibuat dengan bahan alami.

Menjaga Asupan dengan Bahan Alami

Telah banyak beredarnya makan dan minuman olahan pabrik di pasaran menjadikan kualitas gizi yang terkandung dalam makanan tersebut menjadi berkurang. Pengolahan bahan makanan menjadi makanan yang siap jual tentu memakan waktu yang cukup panjang untuk bisa sampai di tangan konsumen. Untuk memperpanjang masa kadaluwarsa makanan olahan maka digunakan pengawet.

Menjaga Asupan dengan Bahan Alami

Pengawet yang berasal dari bahan kimia tentu saja kurang baik dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang tanpa diimbangi dengan nutrisi dari bahan alami. Konsumsi bahan pengawet yang terlalu tinggi akan menyebabkan beberapa masalah bagi tubuh, seperti masalah pencernaan, gangguan jantung, gangguan ginjal, bahkan bisa meningkatkan risiko kanker.

Untuk menghindari potensi gangguan pada tubuh lebih baik jika mengkonsumsi bahan alami seperti buah dan sayur. Selain tanpa bahan pengawet, rasanya juga lebih segar dan tentunya lebih aman untuk dikonsumsi. Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitasnya.

Cobalah untuk mengganti camilan Anda dengan potongan buah-buahan seperti apel, semangka, atau bisa juga salad buah sebagai makanan ringan yang bisa Anda konsumsi di kala waktu santai sambil menikmati udara segar maupun saat menonton televisi. Pilih buah kesukaan Anda dan tentunya makanlah buah yang bervariasi agar kebutuhan vitamin tercukupi.

Untuk mengolah sayur, pilih sayur yang banyak mengandung serat agar pencernaan dalam perut dapat berjalan dengan lancar. Sayuran hijau sangat baik bagi tubuh karena dapat melawan kanker serta menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit lainnya. Banyak olahan sayur yang dapat Anda konsumsi seperti sup, tumis, maupun yang lainnya.

Cara mengolah sayur yang baik adalah cukup merebusnya sebentar saja. Jangan sampai merusak kandungan gizi yang terdapat pada sayur tersebut hanya karena merebusnya terlalu lama. Sayur juga bisa dikonsumsi langsung sebagai menu makan yang menyehatkan seperti lalapan khas masyarakat Sunda. Contohnya mentimun, kol, kemangi, dapat menjadi teman makan ikan bakar.

Selain buah dan sayur, perbanyaklah minum air putih. Minum air putih memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Dengan minum air putih tubuh akan ternetralisasi dari racun. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur terbukti dapat memperlancar detoksifikasi dan mencegah tubuh dari kekurangan air. Selain itu, dapat juga dijadikan usaha untuk menurunkan berat badan.

Merawat Diri dengan Bahan Alami

Untuk bisa cantik sebenarnya tak perlu keluar banyak biaya, asalkan bisa memanfaatkan bahan yang telah Tuhan sediakan di alam. Selain aman bagi tubuh,tentunya kosmetik dengan bahan alami atau istilahnya kosmetik herbal tidak memiliki efek samping jangka panjang. Akhir-akhir ini tren kosmetik herbal rupanya meningkat tajam di kalangan wanita sebagai cara hidup sehat alami.

Bahan-bahan alam yang sering digunakan sebagai kosmetik dan perawatan tubuh alami diantaranya :

1. Kunyit

Kunyit

Produk kosmetik berbahan kunyit sudah terkenal sangat banyak beredar di pasaran. Namun sebenarnya kita dapat mengolahnya sendiri di rumah tanpa harus melalui proses pengolahan pabrik. Kandungan curcumin dan antioksidan pada kunyit dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, menjaga wajah agar tetap lembab, serta sering digunakan sebagai obat pelancar haid.

Cara yang biasa digunakan untuk mengolah kunyit yaitu dengan memarutnya untuk kemudian dijadikan masker. Namun sebelum itu harus dicampur dengan bahan lain seperti tepung beras dan madu, dapat juga ditambah dengan minyak kelapa. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Bengkuang

Bengkuang

Bahan alam yang satu ini tentu tidak asing lagi dalam telinga masyarakat Indonesia dalam masalah kosmetik. Bengkuang telah dikenal banyak digunakan untuk bahan masker yang terbukti dapat mencerahkan serta memperhalus wajah. Selain itu, ternyata ada fakta lain mengenai bengkuang yang jarang orang ketahui seperti khasiat bengkuang untuk meredakan demam.

3. Lidah buaya

Lidah buaya

Lidah buaya dipercaya dapat merangsang sel-sel kulit yang telah mati. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penggunaan lidah buaya untuk sampo, pelembab kulit, dan juga masker wajah. Lidah buaya mampu melembabkan kulit karena mengandung zat lignin yang menjadikan kulit tubuh tidak mudah kering dan mampu menghaluskan kulit.

4. Seledri

Seledri

Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit berminyak, seledri merupakan bahan yang tepat untuk Anda jadikan obat. Caranya dengan memotong halus daun seledri, kemudian masukkan dalam wadah berisi air mendidih, dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian oleskan dengan kuas ke kulit Anda pada malam hari. Yang terakhir bilas menggunakan air hangat.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa

Dengan menggunakan minyak kelapa untuk berkumur, masalah gigi kuning Anda akan teratasi. Senyawa leuric acid pada minyak kelapa terbukti dapat membasmi plak dan bakteri yang dapat mengakibatkan masalah gigi kuning. Gunakan minyak kelapa untuk berkumur sebanyak kurang lebih 1 sendok makan di pagi hari kemudian berkumur dengan air bersih dan sikatlah gigi Anda.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Obat Alami

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Obat Alami

Bagi masyarakat pedalaman maupun masyarakat tradisional tentu hal ini lumrah dilakukan. Berawal dari tidak terjangkaunya fasilitas kesehatan modern, mereka terus melestarikan warisan nenek moyang dalam hal obat-mengobati. Cara sederhana tersebut memang aman dan juga lebih murah ditambah lagi murah.

Beberapa tanaman yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan atau disebut jamu antara lain :

  1. Belimbing wuluh untuk mengatasi wasir, diabetes, dan tekanan darah tinggi.
  2. Mengkudu untuk mengurangi stres, menurunkan kolesterol, dan menurunkan gula darah
  3. Air kelapa muda untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

Dan masih banyak lagi berbagai jenis tanaman obat yang berkhasiat.

Lengkapi dengan Konsumsi Madu Gizidat

Lengkapi dengan Konsumsi Madu Gizidat

Sebagai pelengkap cara hidup sehat alami, madu dari Gizidat dapat Anda jadikan sebagai bahan konsumsi atau suplemen untuk tubuh. Selain manfaat dari madu asli yang telah diketahui manfaatnya, Gizidat juga telah diformulasikan untuk menambah nafsu makan dan suplemen agar energi tetap prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nafsu makan dapat ditingkatkan dengan meminum Gizidat secara rutin karena mengandung kurkumin atau temulawak yang terbukti efektif. Selain itu, energi akan menjadi prima setelah mengkonsumsi Gizidat karena mengandung protein tinggi yang diambil dari sidat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *