Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Menjalani cara hidup sehat dan awet muda tentu tidaklah mudah. Apalagi jika kita terbiasa menjalani pola hidup yang asal-asalan dan tidak memerhatikan kesehatan.

Padahal, menjalani pola hidup yang sehat sejak dini dapat memberikan banyak keuntungan dari mulai masa tua yang tetap sehat dan bugar bahkan tetap awet muda meski sudah berusia di atas 40 tahun.

Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengatur pola makan hingga olahraga secara teratur. Pola hidup justru lebih murah ketimbang Anda harus membayar biaya pengobatan tinggi apabila jatuh sakit. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips untuk menjalani hidup sehat agar Anda tetap awet muda hingga usia tua.

Tips Cara Hidup Sehat dan Awet Muda Hingga Usia Tua

Berikut adalah tips menjalani hidup sehat yang harus Anda lakukan secara rutin dan terus-menerus agar mendapatkan tubuh yang sehat.

1. Menjalani Pola Konsumsi Makanan yang Sehat

Pola makanan sehat yang harus Anda konsumsi agar tetap awet muda adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang seimbang. Makanan dengan gizi seimbang adalah makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak serta mineral.

Menjalani Pola Konsumsi Makanan yang Sehat

Mungkin beberapa dari Anda justru mengira makanan mengandung lemak tidak baik untuk kesehatan. Padahal, faktanya lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh meski dalam jumlah yang tidak boleh melebihi batas harian.

Karbohidrat dan lemak dibutuhkan untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Sehingga kedua zat ini memiliki fungsi yang sangat esensial untuk menunjang aktivtas Anda sehari-hari.

Sementara zat protein berfungsi untuk menghasilkan enzim serta mempertahankan enzim berfungsi dengan baik. Zat protein sendiri merupakan zat utama yang terdapat dalam kuku maupun rambut dalam bentuk zat keratin. Protein juga membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Protein bisa Anda peroleh dari nabati seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan. Anda juga bisa memperoleh protein dari hewani seperti ikan, daging merah dan telur.

Anda juga harus memerhatikan asupan vitamin dan mineral. Asupan ini dapat Anda peroleh dari buah-buahan maupun sayuran segar.

2. Mengurangi Jumlah Konsumsi Garam Harian

Garam merupakan salah satu sumber mineral ionik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Meski dibutuhkan, Anda tetap tidak diperbolehkan mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih.

Mengurangi Jumlah Konsumsi Garam Harian

Jumlah konsumsi sodium harian yang dianjurkan adalah kurang dari 2.300 miligram setiap hari. Sementara untuk orang berusia lebih dari 51 tahun ke atas harus mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari 1.500 mg setiap harinya.

Konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah hingga timbul penyakit degenerative lainnya. Penyakit seperti stroke dan penyakit jantung pun mudah menyerang.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Dibuat dari Fermentasi

Makanan yang dibuat dari proses fermentasi memiliki sejumlah bakteri baik atau probiotik yang memiliki manfaat untuk tubuh. Organ tubuh seperti organ pencernaan maupun organ kewanitaan membutuhkan sejumlah probiotik agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

Mengkonsumsi Makanan yang Dibuat dari Fermentasi

Organ pencernaan terutama usus mengandung sejumlah bakteri yang bahkan diperkirakan dua kali lebih banyak dari total sel dalam tubuh.

Ketika jumlah bakteri baik di dalam usus lebih sedikit, maka bakteri jahat akan semakin berkembang. Saat bakteri jahat lebih banyak di dalam pencernaan, hal ini dapat menyebabkan pencernaan Anda terganggu dan menimbulkan penyakit seperti diare.

Makanan sumber probiotik yang bisa Anda konsumsi seperti yoghurt yang dibuat dari susu rendah lemak yang telah difermentasi oleh bakteri. Selain yoghurt, minuman seperti the kombucha juga dapat menemani Anda ketika bersantai.

Makanan hasil fermentasi seperti kimchi yang berasal dari Korea, maupun tempe bisa menjadi pilihan makanan harian dari proses fermentasi.

4. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Cara hidup sehat dan awet muda yang murah dan mudah bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi air putih secukupnya setiap hari. Air mineral tanpa tambahan zat apapun dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh.

Konsumsi Air Putih Secukupnya

Air memiliki fungsi untuk membuang racun maupun logam berat yang tertimbun dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Racun ini akan dikeluarkan oleh air yang Anda konsumsi dalam bentuk urine, keringat, maupun dari pernapasan.

Dengan mengkonsumsi air putih secukupnya setiap hari, Anda pun akan lebih awet muda karena tubuh bersih dari racun yang berbahaya.

Anda disarankan untuk sekurang-kurangnya mengkonsumsi air sejumlah 6 sampai 8 gelas setiap hari. jumlah asupan air ini juga dapat meningkat ketika Anda memang harus menjalankan aktivitas fisik yang berat.

Sementara ketika kondisi panas, Anda juga disarankan menambah asupan cairan karena tubuh mudah terdehidrasi.

5. Olahraga dan Bergerak Aktif Setiap Hari

Berolahraga merupakan salah satu kunci cara hidup sehat dan awet muda yang bisa Anda jalani setiap hari. Pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan juga beragam, tidak melulu harus pergi ke gym dan sebagainya.

Olahraga dan Bergerak Aktif Setiap Hari

Anda bisa berolahraga murah dengan jogging keliling rumah setiap hari. Selain itu, beralihlah menggunakan tangga untuk menuju ke kantor setiap hari juga merupakan langkah yang tepat.

Olahraga berperan dalam membuat kulit lebih awet muda meski telah berusia 30 sampai 40 tahun ke atas karena olahraga dapat membantu menjaga sirkulasi darah maupun proses metabolisme tubuh lebih teratur.

Ketika sirkulasi darah teratur, maka sel tubuh pun akan beregenerasi lebih optimal sehingga kulit tetap awet muda.

Olahraga juga dapat membantu mencegah penyakit demensia atau gangguan fungsi memori karena olahraga dapat meningkatkan interaksi antara sel saraf dalam otak.

Olahraga juga dapat membuat tubuh tetap sehat dan terhindari dari berbagai penyakit seperti penyakit otot maupun jantung. Olahraga juga membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit sejak dini merupakan langkah awal agar tetap awet muda dan kulit tidak keriput. Anda disarankan untuk menggunakan pelembab kulit yang mengandung SPF atau tabir surya minimal SPF 15. Hal ini untuk melindungi kulit dari efek negative sinar matahari.

Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar matahari memiliki efek negative pada kulit seperti timbulnya bercak hitam dan kulit menjadi kusam. Penelitian secara medis telah membuktikan penggunaan tabir surya secara rutin bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan kulit.

Tabir surya juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari kanker akibat paparan sinar matahari.

7. Konsumsi Suplemen Kesehatan dari Gizidat

Cara hidup sehat dan awet muda yang tidak kalah penting selanjutnya adalah menyempurnakan asupan Anda dengan suplemen Gizidat. Gizidat terbuat dari tiga bahan alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh hingga membuat kulit lebih awet muda.

Konsumsi Suplemen Kesehatan dari Gizidat

Suplemen Gizidat terbuat dari kombinasi madu hutan alami, kurkumin atau temulawak serta sidat. Madu alami telah dikenal sejak lama berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit bangsa Mesir Kuno.

Minumlah satu tetes Gizidat yang telah dicampur dalam minuman Anda setiap hari agar tubuh lebih sehat dan awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *