Cara Hidup Sehat dan Bahagia

Cara Hidup Sehat dan Bahagia

Menjaga diri tetap sehat adalah salah satu kunci untuk bisa menikmati hidup. Artinya hidup akan terasa indah jika seseorang menjalankan cara hidup sehat dan bahagia. Namun banyak yang tidak mengetahui bagaimana pola hidup sehat. Kurangnya kesadaran dan padatnya aktivitas membuat banyak orang mengesampingkan pola hidup sehat.

Munculnya banyak masalah kesehatan di masyarakat merupakan dampak dari masyarakat yang menyepelekan pola hidup sehat. Selain itu, ketidaktahuan masyarakat terhadap pentingnya pola hidup sehat masyarakat pun turut menjadi penyebab masalah dalam masyarakat. Untuk itu dibutuhkan sebuah gerakan literasi mengenai pola hidup sehat untuk menambah informasi dan pengetahuan.

Cara Sederhana untuk Menerapkan Cara Hidup Sehat dan Bahagia

1. Atur pola makan sehat

Atur pola makan sehat

Menjaga pola makan penting dilakukan agar asupan yang diterima tubuh tetap terkontrol. Asupan yang baik adalah makanan yang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Contoh asupan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Perhatikan jumlah kalori, jangan sampai tubuh Anda kekurangan maupun kelebihan kalori. Hindari terlalu sering memakan makanan cepat saji, kafein, dan makanan serta minuman yang dapat membahayakan tubuh meski dalam jangka lama. Terlalu banyak memakan makanan olahan juga kurang baik bagi tubuh. Perbanyaklah memakan sayur dan buah.

2. Jaga kebugaran dengan berolahraga

Jaga kebugaran dengan berolahraga

Olahraga penting dilakukan agar tubuh tetap fit dan menjaga sel-sel tubuh tetap sehat. Anda dapat melakukan olahraga yang Anda sukai, minimal 15 menit dalam satu hari. Olahraga dapat dilakukan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Untuk Anda yang dijerat kesibukan kantor, luangkanlah waktu sejenak untuk naik turun tangga sebagai alternatif.

Bangun pagi adalah salah satu cara terbaik untuk memulai berolahraga. Anda dapat melakukan jogging di sekitar rumah Anda di pagi hari selama kurang lebih 15 menit. Lakukanlah secara rutin agar hari-hari Anda terasa lebih bugar dan bersemangat.

3. Kurangi stres dengan refreshing

Kurangi stres dengan refreshing

Salah satu yang dapat memicu tubuh mengalami gangguan kesehatan adalah pikiran yang terlalu lelah atau stres. Hal tersebut dapat dikurangi dengan cara refreshing yang dapat menunjang cara hidup sehat dan bahagia. Salah satunya dengan berhenti sejenak dari aktivitas keseharian Anda untuk melakukan hobi yang Anda sukai, atau bisa juga mengunjungi tempat-tempat wisata di hari libur.

Keluarga dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk mengurangi stres dan kejenuhan dari rutinitas pekerjaan kantor yang melelahkan. Anda dapat memberi perhatian kecil kepada keluarga Anda dengan mencoba untuk memasak bersama istri, suami, atau anak. Hal ini dapat menjadikan ketenangan dalam diri Anda kembali dan tentu dapat memupuk rasa cinta dalam keluarga.

4. Cintai diri sendiri

Cintai diri sendiri

Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang telah menciptakan rupa dengan sebaik-baiknya, manusia hendaklah mencintai diri mereka sendiri. Salah satu bentuk cinta tersebut adalah dengan merawat diri. Merawat diri dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan keindahan tubuh. Salah satunya Anda bisa pergi ke dokter kecantikan maupun melakukan perawatan tubuh sendiri di rumah.

5. Jauhi rokok

Jauhi rokok

Kandungan nikotin, tar, dan beberapa zat bahaya yang terdapat pada rokok dapat mengakibatkan kinerja alat-alat vital dalam tubuh terganggu. Paru-paru merupakan organ yang rentan terkena dampak dari rokok, mulai dari gangguan pernapasan kecil maupun penyakit menakutkan seperti kanker. Paru-paru yang sehat dapat menjadikan tubuh terasa bugar.

6. Selalu berpikir positif

Selalu berpikir positif

Pikiran yang positif dapat menjadikan diri selalu bersemangat untuk menjalani kehidupan. Tentu orang yang selalu berpikiran positif dengan orang yang selalu berpikiran negatif akan berbeda. Pikiran negatif dapat merusak pikiran karena bersifat racun. Jika tubuh menerima racun terus menerus maka akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Berada di lingkungan positif merupakan cara hidup sehat dan bahagia. Seseorang yang dapat berpikir positif akan dapat memecahkan masalah dengan pikiran yang bersih. Pikiran bersih menjadikan Anda lebih percaya diri dalam menghadapi masalah dan tidak takut untuk berorientasi maju. Hal ini tentu akan membuat hidup Anda lebih bahagia karena aura positif yang Anda dapatkan.

7. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih

Banyak minum air putih dapat menetralisir racun yang terdapat pada tubuh. Minumlah air putih minimal dua liter per hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi dan mencegah dehidrasi tubuh. Meminum air putih setiap sebelum dan sesudah tidur juga memiliki banyak manfaat diantaranya melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, serta mengalirkan oksigen dalam tubuh.

8. Selalu menebar senyum

Selalu menebar senyum

Menebar senyum kepada orang yang kita jumpai ternyata juga dapat menjadikan otot-otot wajah menjadi rileks dan tidak kaku. Menebar senyum juga menularkan aura positif kepada oranglain. Cobalah untuk tersenyum meski Anda sedang stres, karena hal itu dapat membantu Anda meredakan stres. Senyum menjadikan Anda terlihat lebih bahagia dan dapat mendorong Anda untuk bersikap positif.

9. Hindarilah begadang hingga larut malam

Hindarilah begadang hingga larut malam

Terkadang dikejar deadline tugas menjadi alasan utama seseorang begadang hingga larut malam. Hal ini tentu kurang baik bagi kesehatan. Tubuh yang seharusnya istirahat Anda paksa untuk melakukan aktivitas. Jika dilakukan terus menerus maka akan berdampak buruk bagi tubuh. Cobalah untuk tidur tidak melebihi pukul 23.00 ke atas.

Kebiasaan begadang mengakibatkan masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, bahkan bisa berakibat kanker hati. Solusinya, kerjakanlah tugas tepat waktu dan jangan menunda-nunda agar kejadian dikejar deadline tidak terlalu membebani Anda. Cobalah untuk mencicil tugas Anda agar tugas Anda bisa terselesaikan tepat waktu.

10. Mengkonsumsi madu

Mengkonsumsi madu

Madu memiliki banyak kandungan yang sejak dahulu dipercaya sebagai obat maupun ramuan ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan fruktosa yang terdapat pada madu dapat digunakan sebagai solusi pengobatan pada penderita diabetes. Batuk dan sakit tenggorokan dapat diredakan dengan madu.

Mengkonsumsi madu bisa dilakukan dengan cara langsung maupun mencampurnya dengan air. Tubuh akan merasakan manfaat dari madu jika rutin mengkonsumsinya setiap hari terutama sebelum beraktivitas. Cobalah untuk mengkonsumsi madu setelah sarapan pagi atau bisa juga dijadikan selai roti yang tentunya tak kalah menggugah selera dan tentunya menyehatkan.

Memilih Gizidat sebagai Madu Konsumsi

Gizidat merupakan madu hutan asli yang cocok untuk semua kalangan. Seperti yang telah banyak diketahui, madu hutan mempunyai manfaat diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan protein dari sidat yang terdapat pada formula Gizidat sangat baik untuk memberikan energi untuk memulai aktivitas, Anda dapat terhindar dari lemah, letih, dan lesu, saat beraktivitas.

Memilih Gizidat sebagai Madu Konsumsi

Gizidat mengandung rempah khas Indonesia yakni kurkumin dan temulawak. Kurkumin dan temulawak merupakan rempah yang sudah sangat terkenal sebagai obat penambah nafsu makan. Namun tidak semua orang mau mengkonsumsi temulawak dan kurkumin secara langsung meski dalam bentuk perasan, maka Gizidat adalah pilihan pas untuk mengatasinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *