Cara Hidup Sehat Dan Bersih

Cara Hidup Sehat Dan Bersih

Kebersihan dan kesehatan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Jadi, tak heran jika kita semua harus senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan. Namun, tahukah anda bahwa beberapa sikap hidup bersih malah berisiko merusak kesehatan. Perilaku tersebut dapat membuat kita rentan akan serangan infeksi bakteri, jamur, dan virus. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui cara hidup sehat dan bersih yang tepat.

Penerapan Cara Hidup Sehat dan Bersih

Penerapan pola hidup sehat dan bersih harus dilakukan oleh semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Perilaku hidup tersebut sejatinya harus diterapkan di mana saja. Diantaranya adalah di rumah, di sekolah, di tempat kerja, dan di tempat-tempat umum. Dengan demikian, semua anggota masyarakat yang tinggal di lingkungan-lingkungan tersebut dapat menikmati manfaatnya.

Lingkungan rumah yang bersih dan sehat akan secara positf mendukung tumbuh kembang anak-anak. Mereka akan tumbuh sehat dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Selain itu, semua anggota keluarga pun tidak mudah terserang penyakit. Dengan demikian, orang tua mampu menjalankan peran mereka dengan maksimal dan anak-anak dapat menjalani masa kanak-kanak mereka dengan bahagia.

Penerapan Cara Hidup Sehat dan Bersih

Lingkungan sekolah yang sehat dan bersih tak lepas dari peran guru, siswa, dan masyarakat sekolah. Dengan kondisi sekolah yang mendukung, tentu siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar dengan lancar. Dengan demikian, pendidikan para penerus bangsa akan semakin berkualitas. Hal ini tentu akan membawa dampak yang sangat besar bagi negeri ini.

Lingkungan tempat kerja yang bersih dan sehat sangatlah bermanfaat bagi masyarakat yang ada di dalamnya. Lingkungan seperti ini akan menciptakan para pekerja yang tangguh dan tidak mudah sakit. Selain itu, mereka juga akan memiliki produktivitas yang tinggi karena bekerja di tempat yang bersih dan sehat. Namun semua itu hanya dapat tercipta jika mereka sadar akan pentingnya hidup sehat dan bersih.

Jika seluruh masyarakat mampu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di tempat umum dan lingkungan tempat tinggal mereka, pasti lingkungan sehat akan tercipta. Lingkungan yang sehat akan dapat mengurangi ancaman pesebaran penyakit menular. Selain itu, lingkungan yang bersih akan mendukung pelestarian lingkungan dan mengurangi risiko bencana banjir.

Sikap Hidup Bersih yang Keliru

Sikap hidup bersih yang dapat kita tanamkan dalam diri sendiri ada berbagai macam. Produk penunjang untuk menerapkannya pun juga mudah diperoleh dan Cara Hidup Sehat dan Bersih. Namun, harus diingat bahwa menerapkan sikap hidup bersih yang dilakukan dengan menggunakan produk-produk tersebut tidak selalu baik. Ada beberapa yang malah mengakibatkan berbagai hal yang tidak baik bagi diri kita.

Untuk menghindarinya, kita harus tahu apa saja sikap hidup bersih yang tidak boleh diterapkan. Berikut ini beberapa sikap yang keliru dilakukan.

1. Membersihkan tangan dengan hand sanitizer

Kebersihan tangan memang sangat penting. Karena dari tangan lah kita dapat terserang infeksi bakteri, virus, maupun jamur. Tak heran jika banyak orang berpikir bahwa hand sanitizer adalah solusi praktis untuk kebersihan tangan. Produk ini mudah sekali didapat dan harganya pun juga terjangkau. Selain itu, produk ini juga praktis saat kita tidak memiliki akses air bersih.

Membersihkan tangan dengan hand sanitizer

Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya hand sanitizer tidak dianjurkan oleh praktisi kesehatan. Produk ini mengandung beberapa senyawa yang dapat memberi efek negatif pada kesehatan kita. Membersihkan tangan dengan hand sanitizer malah dapat meningkatkan resistensi bakteri. Sehingga, kita mudah terserang infeksi kuman. Selain itu, perilaku ini juga dapat menyebabkan kulit kering serta mempengaruhi hormon.

Mencuci tangan yang baik adalah dengan menggunakan sabun cuci tangan serta air mengalir. Anda juga harus menggosok tangan dengan benar hingga ke sela-sela jari. Langkah ini akan memastikan bahwa setiap bagian tangan anda terbebas dari kuman. Selain itu, langkah ini juga tidak meningkatkan resistensi kuman.

2. Sikat gigi setelah makan

Kesehatan gigi merupakan prioritas penting dalam kesehatan kita. Salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi. Menyikat gigi secara teratur akan membantu mengurangi risiko gigi berlubang. Sebagian orang bahkan langsung sikat gigi setelah makan agar sisa-sisa makanan tidak menempel di gigi.

Sikat gigi setelah makan

Akan tetapi, perilaku ini ternyata tidak baik untuk dilakukan. Gosok gigi tepat setelah kita makan dapat mengikis lapisan gigi. Sehingga, dentin menjadi lebih tipis. Tipisnya dentin akan mengakibatkan gigi sensitif dan akhirnya membuat anda mudah mengalami gigi ngilu. Semua itu dikarenakan asam yang dihasilkan saat kita mengunyah makanan terserap oleh gigi saat kita menyikat gigi langsung setelah makan.

Idealnya, kita hanya diharuskan menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari saat bangun tidur dan pada malam hari saat mau tidur. Jika anda ingin menyikat gigi setelah makan, sebaiknya anda menunggu beberapa menit terlebih dahulu. Menunggu selama setengah hingga satu jam setelah makan akan membantu anda menghindari risiko kerusakan gigi.

3. Menggunakan tangan untuk menutup mulut saat bersin

Saat kita bersin, secara refleks kita akan menutupi mulut dan hidung kita dengan tangan. Hal ini dilakukan agar ingus dan virus atau bakteri tidak menyebar di udara. Sehingga, orang lain tidak tertular oleh penyakit flu yang kita derita. Sayangnya, hal yang dianggap sopan dan melindungi orang lain ini malah mempermudah penularan penyakit flu.

Menggunakan tangan untuk menutup mulut saat bersin

Saat kita menggunakan tangan untuk menutup mulut ketika bersin, bakteri atau virus dari mulut dan hidung akan berpindah ke tangan kita. Dan jika kita tidak segera mencuci tangan kita hingga bersih dan malah memegang suatu benda, kuman tersebut akan berpindah ke permukaan benda itu. Apabila orang lain menggunakan benda tersebut, ia pasti akan tertular flu.

Oleh sebab itu, jika anda menderita flu, sebaiknya anda membawa tisu ke mana saja. Saat anda bersin, tutup mulut anda dengan tisu dan setelah selesai memakainya segeralah membuangnya ke tempat sampah. Apabila anda tidak memiliki tisu, tutupilah mulut anda dengan lengan dalam atau siku saat bersin.

Sikap Hidup Sehat

Sikap hidup bersih harus diimbangi dengan sikap hidup sehat yang tepat. Salah satunya adalah mengkonsumsi sayur dan buah. Sayuran dan buah-buahan kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk tumbuh sehat secara optimal. Masyarakat dianjurkan untuk mengkonsumsi 250 gr sayuran dan 150 gr buah-buahan setiap hari.

Sikap Hidup Sehat

Untuk menunjang asupan vitamin dan mineral, anda dapat mengkonsumsi madu Gizidat. Madu ini terbuat dari madu, ikan sidat, dan kurkumin. Ketiga bahan alami tersebut kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsinya setiap hari, kebutuhan vitamin dan mineral anda akan tercukupi.

Semua cara hidup sehat dan bersih di atas pasti akan membawa banyak kebaikan untuk anda. Jangan lupa untuk menyempurnakannya dengan perilaku hidup sehat dan bersih lainnya. Beberapa diantaranya adalah buang sampah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk, setiap hari menjalankan aktivitas fisik, dan tidak merokok dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *