Cara Hidup Sehat Ibu Hamil

Cara Hidup Sehat Ibu Hamil

Gaya hidup ibu hamil tentu berbeda dengan orang biasa. Ada cara hidup sehat ibu hamil yang harus dijalani agar janin maupun ibu tetap sehat hingga masa bersalin. Tentunya ada berbagai makanan yang dilarang untuk dikonsumsi selama kehamilan hingga makanan yang justru harus ditambahkan.

Untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi yang dikandung, biasanya orang akan mengkonsumsi susu selama kehamilan. Namun, cukupkah hanya dengan mengkonsumsi susu selama kehamilan agar ibu tetap sehat? Berikut ini adalah tips dan panduan hidup sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya Anda lakukan.

Panduan Cara Hidup Sehat Ibu Hamil

1. Menyelaraskan Asupan Gizi Sesuai dengan Trimester Kehamilan

Mungkin terdengar sedikit ribet, namun ini merupakan salah satu cara hidup sehat ibu hamil yang harus Anda jalani agar ibu dan bayi tetap sehat. Ibu membutuhkan asupan protein, asam folat, vitamin serta mineral yang cukup selama kehamilan. Hal ini dikarenakan ibu sedang mengandung janin yang membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh dan kembangnya.

Menyelaraskan Asupan Gizi Sesuai dengan Trimester Kehamilan

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) ibu hamil pada trimester pertama dituntut untuk memperoleh tambahan asupan kalori harian sebanyak 180 kalori lebih banyak dari biasanya.

Ketika masa kehamilan telah menginjak trimester kedua, Anda disarankan untuk menambahkan asupan tersebut sebanyak 300 kalori. Tambahan kalori hingga 300 kalori juga perlu ditambahkan ketika telah menginjak trimester terakhir.

2. Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Kehamilan bukan berarti saat untuk bermalas-malasan. Justru, Anda disarankan untuk rutin berolahraga selama kehamilan agar proses persalinan lancar tanpa perlu operasi. Olahraga juga baik untuk menjaga kebugaran ibu hamil.

Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Beberapa olahraga yang disarankan untuk dilakukan adalah jalan kaki, senam, berenang, hingga yoga. Jalan kaki santai setiap hari membantu memperlancar peredaran darah, hingga memperbaiki kinerja jantung.

Sebaiknya lakukan jalan kaki santai minimal 30 menit setiap harinya. Tidak perlu berjalan terlalu jauh cukup berjalan kaki di sekeliling rumah pada saat pagi hari.

3, Tidur yang Cukup

Ibu hamil tentu mengalami perubahan fisik maupun psikis selama kehamilan. Ibu hamil dituntut untuk memiliki energi dua kali lebih besar karena harus membawa janin di dalam kandungan. Untuk itu, waktu tidur ibu hamil pun akan jauh lebih lama ketimbang orang normal.

Tidur yang Cukup

Usahakan untuk mendapat tidur delapan jam pada malam hari dan sekitar 1 jam pada siang hari. Anda juda disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri karena akan membuat sirkulasi darah ke jantung, Rahim dan ginjal lebih lancar.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol sebenarnya harus Anda hindari tidak hanya saat kehamilan namun juga di kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan rokok dan alkohol dapat menimbulkan efek negative yang berbahaya bagi tubuh. Terlebih ketika mengandung maka efek negative ini akan berpuluh kali lebih berbahaya.

Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alokohol dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Selain itu juga dapat menyebabkan bayi mengalami masalah emosional hingga keterbelakangan mental.

Anda juga sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein terlalu banyak. Minuman seperti kopi, the dan soda sebaiknya dihindari selama kehamilan.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih setidaknya dua liter atau 8 sampai 10 gelas setiap hari. Air putih yang cukup akan membantu tumbuh kembang janin lebih sempurna. Selain itu, air putih yang cukup akan membuat ibu lebih terhindar dari sakit kepala dan kelelahan.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Itulah beberapa panduan cara hidup sehat untuk ibu hamil yang harus Anda ikuti. Jika Anda masih bingung mengkombinasikan menu sehat harian selama kehamilan, berikut panduannya.

Pilihan Makanan untuk Ibu Hamil yang Tepat

1. Sumber karbohidrat

Ada banyak sumber karbohidrat yang bisa dipilih selama kehamilan. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia, ibu hamil disarankan untuk memvariasikan makanan yang dikonsumsi agar nutrisi lebih seimbang.

Sumber karbohidrat

Anda bisa memilih beras merah sebagai sumber karbohidrat. Beras merah lebih unggul dari beras putih karena mengandung serat tiga kali lebih banyak. Selain itu, beras merah mengandung vitamin, mineral dan zat besi yang jauh lebih tinggi ketimbang beras putih.

Sementara jika ibu ingin makan roti, akan lebih baik memilih roti yang terbuat dari gandum utuh karena mengandung lebih banyak serat yang dibutuhkan.

2. Sumber Protein

Ada beberapa sumber protein yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi, seperti ikan, daging dan telur. IkanĀ  baik dikonsumsi selama kehamilan karena tinggi protein dan asam lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk tumbuh kembang otak janin. Pilihlah ikan yang mengandung sedikit merkuri karena kini telah banyak ikan yang tercemar zat berbahaya.

Sumber Protein

Selain ikan Anda juga bisa memilih daging merah maupun telur sebagai sumber protein. Hindari bagian dalam hewan seperti jeroan atau tetelan karena lebih tinggi kandungan kolesterolnya.

3. Sumber vitamin dan mineral

Rutinlah mengkonsumsi sayur maupun buah selama kehamilan. Jika dulunya Anda suka ngemil keripik, kue maupun cemilan lannya, kini ganti cemilan Anda dengan buah segar.

Sumber vitamin dan mineral

Buah dan sayur seperti apel, stroberi, bayam, brokoli, tomat, wortel dan anggur mengandung tinggi zat besi yang baik untuk kehamilan. Selain itu, makanan seperit kacang merah juga mengandung tinggi zat besi.

4. Asam Folat

Anda tentu sering mendengar iklan susu ibu hamil yang telah diperkaya dengan asam folat bukan? Yups, hal ini dikarenakan asam folat memang sangat dibutuhkan ibu selama kehamilan.

Asam Folat

Asam folat berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat seperti kelainan serius pada sumsum tulang belakang maupun otak. Asam folat juga berguna untuk mencegah keguguran maupun bayi lahir premature.

Anda bisa mendapatkan asam folat dari makanan seerti bayam, sawi, brokoli, selada, wortel, jagung, kacang merah, kacang kedelai, alpukat dan masih banyak lainnya. Anda juga bisa memperoleh asam folat dari susu yang telah difortifikasi dengan asam folat.

Sempurnakan dengan Konsumsi Suplemen Gizidat agar Ibu dan Janin Tetap Sehat

Cara hidup sehat ibu hamil yang harus Anda lakukan agar Anda dan janin sehat adalah dengan menambah asupan nutrisi dari suplemen Gizidat. Gizidat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena terbuat dari 100% bahan alami yang diambil langsung dari alam.

Sempurnakan dengan Konsumsi Suplemen Gizidat agar Ibu dan Janin Tetap Sehat

Gizidat terbuat dari kombinasi madu hutan alami, kurkumin atau temulawak serta sidat. Kandungan protein di dalam sidat atau belut bahkan jauh lebih tinggi ketimbang ikan salmon Norwegia.

Kandungan proteinnya yang tinggi ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dan perkembangan saraf sel motoric janin. Gizidat juga baik untuk membantu mengatasi maag maupun rasa kembung yang kerap dialami ibu hamil.

Konsumsi Gizidat secara rutin setiap hari agar mendapatkan hasil optimal. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok atau secukupnya Gizidat ke dalam makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Minumlah sekurang-kurangnya satu kali sehari selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *