Cara Hidup Sehat Menurut Alquran

Cara Hidup Sehat Menurut Alquran

Alquran merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang diturunkan oleh Allah subhanahu wata’ala. Di dalam Alquran terdapat berbagai macam petunjuk bagi umat Islam, salah satu diantaranya adalah mengenai cara hidup sehat. Rasulullah sebagai suri tauladan umat Islam telah mencontohkan bagaimana cara hidup sehat menurut Alquran melalui tindakannya sendiri.

Selama Rasulullah hidup, jarang sekali beliau mengalami sakit. Hal itu dikarenakan beliau senantiasa menjaga pola hidupnya. Beliau menjalani pola hidup yang tidak terlalu mewah melainkan sangat sederhana namun tetap bisa dijadikan contoh pola hidup yang baik. Fakta tersebut tentu sangat menarik untuk diulas lebih jauh dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Hidup Menurut Alquran yang Pantas untuk Dijalankan

Seperti yang kita tahu, Rasulullah bukanlah orang yang suka bermalas-malasan. Beliau setiap hari sibuk dengan urusan agama. Namun aktivitas beliau yang sangat padat bukan serta merta menjadikan beliau mengabaikan pola hidup sehat. Cara makan, cara tidur, dan cara olahraga merupakan faktor yang mendukung pola hidup sehat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

1. Memilih bahan makanan

Yang menjadi patokan utama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam memilih makanan adalah dengan cara memilih makanan yang halallan toyyiban, artinya adalah makanan yang halal dan juga baik. Makanan yang halal dan baik sebelumnya memang telah dijelaskan dalam ayat Alquran secara jelas dan juga banyak hadis nabi yang telah menjelaskannya secara detail.

Memilih bahan makanan

Makanan yang harus dihindari yakni makanan yang buruk bagi tubuh dan juga haram menurut dalil dalam Islam. Contoh makanan yang haram secara konkret dan nampak di mata umat Islam tentu sudah banyak diketahui, seperti babi, anjing, hewan buas, hewan bertaring, hewan berkuku tajam, darah, bangkai, khamr atau alkohol, dan lain sebagainya. Pengharaman makanan tersebut tentu memiliki alasan tersendiri.

Selain makanan yang haram secara jelas dan dapat dilihat secara nyata, terdapat pula makanan yang haram karena sebab sesuatu yang menjadikannya haram. Seperti daging yang disembelih dengan tidak mengucap nama Allah atau bismillah, daging hewan yang didapat dengan cara dibunuh, daging yang disembelih sebagai persembahan kepada berhala, roh-roh, dan lain-lain.

Makanan yang buruk dapat juga diindikasikan dengan makanan yang dapat meracuni atau merusak tubuh baik secara jangka panjang maupun jangka pendek. Seperti buah-buahan dan sayuran busuk yang tentu saja tidak baik bagi tubuh untuk dikonsumsi. Hewan yang dihukumi halal namun terjangkit suatu penyakit yang dapat mematikan atau meracuni tubuh juga tergolong makanan yang buruk.

2. Tata cara dan aturan makan

Selain cara memilih makanan untuk menerapkan cara hidup sehat menurut Alquran, dalam Islam juga diatur bagaimana aturan dan tata cara makan. Seperti yang telah dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, cara makan yang benar dapat menunjang pola hidup sehat. Rasullah sebagai cerminan Alquran mencontohkan bagaimana tata cara makan yang baik dan benar.

Tata cara dan aturan makan

Pertama, beliau selalu makan dengan keadaan duduk menggunakan tangan kanan. Memang benar setelah diteliti, makan maupun minum dengan keadaan berdiri dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh seperti:

  • Naiknya asam lambung
  • Lambung tidak dapat mencerna makanan dengan baik
  • Terlalu sering buang angin
  • Aktivitas kandung kemih meningkat
  • Merasa mual
  • Terlalu sering lapar

Kedua, makan dan minum secukupnya. Beliau selalu berhenti makan sebelum kenyang dan tidak berlebih-lebihan dalam memakan makanan. Hal ini sesuai perintah Allah subhanahu wata’ala dalam Alquran yang menyebutkan bahwa Allah tidak menyukai orang yang suka berlebih-lebihan. Bila dikaji memang benar bahwa tubuh memiliki kapasitas yang terbatas dalam menerima porsi makanan.

3. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan

Kebersihan sebagian dari iman, selain itu kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Untuk memulai cara hidup sehat menurut Alquran memelihara kesehatan lahir dan batin adalah hal yang wajib. Dengan jiwa dan raga yang sehat dan bersih, akal seseorang akan mampu untuk mencerna segala kejadian di sekitar dengan kritis, tidak mudah berburuk sangka dalam menyikapinya.

Jika kebersihan raga dapat menjaga tubuh dari penyakit yang menyerang, maka kebersihan jiwa dapat menjaga akal dan pikiran dari stres dan tekanan. Ketika seseorang merasa stres dan tertekan hendaklah ia membersihkan jiwa dan pikirannya agar dapat hidup tenang, dan tidak membebani pikiran. Berdzikir atau mengingat Allah adalah salah satu cara membersihkan jiwa.

4. Cara tidur sehat

Cara tidur sehat

Rasulullah mencontohkan bagaimana kebiasaan tidur dan istirahat yang sehat dan dapat menjaga dari segala penyakit. Beliau selalu tidur kurang dari 8 jam sehari yang diawali dengan tidur setelah Isya dan bangun pada sepertiga malam untuk melaksanakan qiyamul lail. Jika dihitung, memang benar jika beliau tidur tidak terlalu lama dan lebih menyukai aktivitas yang dapat menggerakkan tubuh.

Selain menjalankan kesunnahan melaksanakan solat malam atau qiyamul lail, ternyata bangun di pagi hari juga memiliki manfaat bagi tubuh. Ketika Anda bangun di pagi hari keluar rumah untuk melaksanakan solat maka Anda akan menghirup udara pagi hari yang segar. Udara pagi yang segar dapat membantu mengalirkan banyak oksigen sehingga tubuh akan lebih kaya oksigen.

Cara hidup menurut Alquran jika meninjau dari cara tidur yang dicontohkan oleh rasulullah bisa juga dinilai dari posisi tidur Rasulullah. Beliau selalu tidur di atas tulang rusuk kanannya. Maksudnya adalah beliau selalu tidur memiringkan tubuhnya ke arah kanan. Hal ini dibenarkan oleh medis bahwa posisi tidur miring ke arah kanan adalah posisi tidur paling tepat.

5. Mengkonsumsi buah, sayur, dan madu

Mengkonsumsi buah, sayur, dan madu

Dalam Alquran banyak dijelaskan mengenai keutamaan mengkonsumsi buah-buahan. Selain memiliki banyak khasiat, buah-buahan memiliki banyak vitamin dan kandungan gizi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam Alquran dijelaskan bahwa makanan penduduk surga adalah buah-buahan yang tersedia sangat melimpah di sana.

Selain buah, sayuran dan madu juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi serta merupakan cara hidup sehat menurut Alquran. Tubuh sangat membutuhkan zat yang terkandung dalam sayuran seperti serat dan yang lainnya. Sedangkan madu sebagai bahan alami dapat dijadikan sebagai suplemen bagi tubuh dalam rangka melindungi daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi Gizidat sebagai Madu Alami dan Multivitamin

Seperti yang telah dijelaskan bahwa madu memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Di dalam madu terdapat monosakarida fruktosa dan glukosa yang membuat rasanya manis seperti gula. Madu juga mengandung zat antioksidan, termasuk vitamin C. Sejak dahulu madu sudah dijadikan pengobatan berbagai macam penyakit.

Mengkonsumsi Gizidat sebagai Madu Alami dan Multivitamin

Dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh sebagai upaya menghindari penyakit yang dapat menyerang tubuh, Gizidat menjawab persoalan tersebut dengan tepat. Kandungan madu hutan asli dalam Gizidat dapat membantu Anda dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, Gizidat mengandung protein tinggi yang diambil dari sidat yang dapat membantu meningkatkan stamina tubuh.

Dalam Gizidat mengandung kurkumin atau temulawak yang dapat dijadikan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *