Cara Hidup Sehat Menurut Islam

Cara Hidup Sehat Menurut Islam

Cara hidup sehat menurut Islam tentu tidak bisa dilepaskan dari cara hidup yang dijalani oleh suri tauladan terbaik umat Muslim, yaitu Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

Beliau merupakan panutan yang patut dicontoh oleh seluruh umat Muslim. Bahkan cara hidup Rasulullah shallallahu alaihi wassalam kini terbukti merupakan cara hidup paling sehat yang telah dibuktikan secara Sains.

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam selama hidupnya tidak pernah mengalami sakit kecuali hanya dua kali. Kali pertama yaitu ketika beliau diracun oleh seorang wanita Yahudi dari Bani Khaibar. Kali kedua adalah sakit ketika menjelang wafat Beliau.

Melihat fakta ini tentunya sangat menarik disimak bagaimanakah hidup sehat ala Rasulullah shallallahu alaihi wassalam? Berikut ulasannya.

Cara Hidup Sehat Menurut Islam yang Patut Diamalkan

Pola hidup sehat ala Rasulullah shallallahu alaihi wassalam sangat ditentukan oleh banyak faktor, dari mulai makanan, cara tidur, hingga olahraga beliau. Meski beliau merupakan sosok yang sangat sibuk siang dan malam, namun aktivitas ini tidak pernah membuat beliau jatuh sakit. Berikut adalah panduan hidup sehat menurut Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

1. Pola Makan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam

Yang pertama dan utama harus kita camkan di dalam pikiran mengenai makanan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam tentunya adalah makanan yang halallan thoyyiban (halal dan baik). Makanan yang halal sudah dijelaskan di dalam Al Quran dan As-Sunnah apa-apa saja jenisnya.

Makanan haram meliputi hewan seperti babi, hewan berkuku tajam, hewan buas, bangkai, darah merupakan kelompok makanan yang haram dimakan.

Selain itu, cara penyembelihan dan cara mendapatkan makanan akan menentukan kehalalan makanan tersebut.

Sementara makanan baik indikatornya dapat dilihat secara Sains dan Kesehatan. Makanan baik adalah makanan yang tidak mengandung zat yang mendatangkan penyakit.

Misal minyak goreng yang telah digunakan berkali-kali tentu tidak termasuk makanan thoyyib atau baik.

Lantas, apa sajakah menu makan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam?

Dalam riwayat Mahmud bin Ghailan yang berasal dari Abi Usaid r.a bahwa Rasulullah bersabda “Makanlah minyak zaitun serta berminyaklah dengannya (minyak zaitun). Sesungguhnya minyak zaitun tersebut berasal dari pohon yang diberkahi”

Diketahui saat ini bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan bahkan kecantikan. Minyak zaitun kaya akan asam lemak omega 6 serta omega 3.

Bahkan kandungan dalam minyak zaitun mengalahkan minyak kelapa. Tidak heran salah satu bagian cara hidup sehat menurut islam adalah dengan mengkonsumsi minyak zaitun.

Berikut adalah daftar menu kesukaan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam:

  • Menu sarapan

Menu sarapan

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam senang sarapan dengan segelas air putih yang dicampur dengan satu sendok madu murni. Selain itu, Rasulullah juga menyenangi minuman dari kurma yang direndam semalaman (air nabeez)

  • Menu di waktu dhuha

Menu di waktu dhuha

Rasulullah senang mengkonsumsi tujuh buah kurma ajwa’. Kurma sendiri bermanfaat untuk menetralisir racun.

  • Menu di malam hari

Menu di malam hari

Rasulullah biasanya mengkonsumsi sayuran di malam hari. Sayuran sendiri bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan tubuh karena kaya akan serat.

Setelah makan di malam hari, beliau akan sholat sebelum kemudian berangkat tidur. Aktivitas ini akan membuat makanan lebih mudah dicerna.

2. Tidur sehat seperti yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam mengajarkan umatnya untuk berwudhu serta bersiwak sebelum berangkat tidur. Diketahui saat ini bahwa ternyata aktivitas membersihkan diri sebelum tidur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan terdapat banyak bakteri di dalam mulut setelah seharian mengkonsumsi banyak makanan. Ketika bersiwak, bakteri ini akan dibersihkan.

Tidur sehat seperti yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wassalam

Cara tidur Rasulullah shallallahu alaihi wassalam adalah dengan tidur di awal waktu kemudian bangun lebih awal. Rasulullah shallallahu alaihi wassalam biasanya bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat Tahajud. Sehingga Rasulullah sangat menganjurkan untuk bangun sebelum waktu Shubuh.

Tahukah Anda manfaat dari bangun tidur sebelum Shubuh? Ketika Anda ke masjid untuk melaksanakan sholat Shubuh maka tubuh Anda akan menghirup udara segar yang masih bersih. Hal ini akan membuat tubuh lebih kaya akan oksigen.

Waktu tidur Rasulullah adalah setelah Isya. Kurang lebih jika di Indonesia sekitar pukul 9 malam. Kemudian Rasulullah akan bangun di sepertiga malam. Artinya, total tidur Rasulullah adalah kurang dari 8 jam sehari. Menurut penelitian hari ini diketahui bahwa total tidur lebih dari 8 jam justru dapat meningkatkan risiko kematian lebih cepat. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari Jepang dan Amerika.

Cara hidup sehat menurut islam dilihat dari pola tidur Rasulullah bukan hanya terkait waktu tidur, namun juga posisi saat tidur. Rasulullah shallallahu alaihi wassalam tidur dengan memiringkan tubuh ke arah kanan sambil berzikir kepada Allah. Menurut penelitian medis modern diketahui bahwa posisi tidur ini adalah posisi yang paling baik untuk kesehatan.

3. Olahraga rutin

Meski memiliki agenda yang sangat sibuk, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam tidak pernah melepaskan olahraga dari rutinitas beliau. Beliau adalah sosok yang sangat gemar berolahraga. Olahraga yang disunnahkan oleh beliau untuk dijalankan umatnya adalah olahraga memanah, berenang dan menunggang kuda.

Olahraga rutin

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda “Ketahuilah yang dimaksudkan dengan kekuatan itu adalah memanah.” Beliau mengucapkan sebanyak tiga kali (HR. Muslim).

4. Rutin Berpuasa Sunnah

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam adalah seseorang yang rutin mengerjakan puasa Sunnah. Beliau sering menganjurkan umatnya untuk mengerjakan puasa Sunnah seperti puasa Senin dan Kamis, puasa Yaumul Bidh, hingga puasa Daud. Ketika puasa, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam menganjurkan untuk bersegera berbuka dan makan sahur.

Rutin Berpuasa Sunnah

Menurut penelitian medis hari ini, diketahui bahwa ternyata puasa memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

  • Mencegah dan mengobati diabetes
  • Mengobati penyakit asma serta kelainan pada saluran pernapasan
  • Mencegah penyakit degenerative seperti kanker
  • Mengobati tekanan darah tinggi
  • Mengobati penyakit hati dan sebagainya

5. Tidak Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebihan

Tidak Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebihan

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam selalu mengajarkan umatnya untuk mengkonsumsi makanan secukupnya. Apa batasan secukupnya ini? Yaitu berhentilah Anda sebelum merasakan kenyang. Namun segeralah makan sebelum merasakan lapar. Cara ini sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit seperti obesitas hingga penyakit magh.

Tambahkan Dengan Suplemen Gizidat

Untuk menunjang cara hidup sehat menurut Islam, Anda dapat mengkonsumsi Gizidat yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan daya tubuh. Di dalam Gizidat terkandung madu hutan murni yang tentu sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wassalam untuk dikonsumsi rutin setiap pagi.

Tambahkan Dengan Suplemen Gizidat

Madu murni sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta obat berbagai penyakit. Cukup campurkan satu tetes Gizidat ke dalam segelas air putih dan minum rutin setiap hari. Gizidat juga mengandung protein yang tinggi dari sidat sehingga sangat baik untuk memberikan energi menjalani hari.

Gizidat juga terbuat dari kurkumin atau temulawak yang merupakan rempah Nusantara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *