Cara Hidup Sehat Sederhana

Cara Hidup Sehat Sederhana

Banyak orang mengira bahwa pola hidup sehat itu ribet dan mahal. Sehingga, mereka menjadi malas untuk memulainya. Padahal sebenarnya menjalani pola hidup seperti ini tidaklah serumit yang banyak orang pikirkan. Anda dapat menjalani cara hidup sehat sederhana tanpa perlu mengubah banyak kebiasaan hidup dan bahkan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Mengapa Harus Mempraktikan Cara Hidup Sehat Sederhana

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan pola hidup sehat dalam kehidupan anda. Sebagian cara tersebut memang agak ribet untuk dilakukan, seperti misalnya menakar porsi makanan dan menghitung kalorinya. Dan sebagian cara lainnya memaksa anda untuk merogoh kocek lebih dalam untuk melakukannya, contohnya membeli sayuran organik yang nota bene lebih mahal dari sayuran biasa.

Di sisi lain, kita harus menjalani pola hidup sehat agar tubuh kita terhindar dari penyakit dan tetap fit. Inilah dilema yang sering dialami banyak orang yang ingin mencapai tujuan tersebut. Sebagai alternatifnya, anda dapat mencoba pola hidup sehat sederhana. Gaya hidup ini memberi berbagai manfaat tersendiri tanpa ribet dan boros.

Mengapa Harus Mempraktikan Cara Hidup Sehat Sederhana

Pola hidup sehat sederhana sangat cocok bagi anda yang lebih suka menjalani kehidupan sederhana. Gaya hidup seperti ini memang lebih stress free dari pada gaya hidup penuh gengsi. Dengan demikian, bukan hanya pikiran anda yang akan menjadi lebih rileks dan sehat namun kondisi tubuh pun juga menjadi lebih baik. Kondisi seperti ini tentu akan membawa banyak hal positif pada kehidupan anda.

Menjalani hidup sehat sederhana tidak memerlukan banyak uang. Sehingga, siapa pun dapat melakukannya. Ada banyak hal sederhana dan terjangkau yang dapat dilakukan untuk membuat diri kita lebih bugar. Dengan demikian, dalam waktu yang bersamaan kita dapat mencapai tujuan kesehatan kita dan tetap menabung untuk memperkaya diri sendiri. Karena pada hakekatnya, hidup sederhana itu bukan berarti menjadi miskin.

Trik Melakukan Hidup Sehat Sederhana

Bagaimanakah cara kita menjalani hidup sehat namun tetap sederhana? Kini, anda tak perlu merasa bingung untuk memulainya karena semuanya akan dirangkum dalam artikel ini. Inilah beberapa trik yang dapat anda coba untuk tetap sehat dengan cara yang sederhana.

1. Memilih buah dan sayur yang tepat

Buah dan sayur adalah komponen penting dalam diet harian kita. Kedua jenis makanan ini memberi asupan mikronutrien, contohnya vitamin dan mineral, pada tubuh kita. Memang porsi nutrisi jenis ini hanya sedikit dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, mereka menyumbang manfaat besar bagi kita. Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, misalnya anemia, osteoporosis, dan avitaminosis.

Untuk tetap hidup sehat sederhana, kita tidak perlu mengkonsumsi buah dan sayur impor. Selain mahal, mereka juga tidak mudah ditemukan kecuali di supermarket besar. Buah dan sayur lokal tidak kalah dari mereka dalam hal kandungan nutrisinya. Selain itu mereka juga sangat mudah didapat. Sehingga anda dapat tetap menutrisi tubuh dengan baik dan mudah.

Apakah buah dan sayur yang kita konsumsi haruslah yang organik? Jawabannya adalah tidak. Salah satu alasan mengapa orang memilih buah-buahan dan sayuran organik karena mereka ingin menikmati makanan yang tidak terpapar pestisida. Namun, sebenarnya tidak semua sayuran dan buah non-organik mengandung pestisida tinggi. Jadi anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapat buah dan sayur yang aman.

Memilih buah dan sayur yang tepat

Ada sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan pestisida yang rendah. Beberapa diantaranya adalah alpukat, pepaya, nanas, kembang kol, kubis, melon, mangga, bawang, jagung manis, dan terong. Untuk benar-benar menghilangkan pestisida pada sumber makanan tersebut, anda hanya perlu mencucinya hingga bersih. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan campuran air dan sabun pencuci buah dan sayur secukupnya untuk membersihkannya.

Selain mahal, buah-buahan dan sayuran organik sebenarnya memiliki kadar nutrisi yang sama dengan yang non-organik. Sehingga, anda tidak akan kekurangan nutrisi hanya karena memilih untuk berhemat dengan cara membeli buah dan sayur non-organik. Agar lebih hemat, anda dapat memilih sayuran dan buah-buahan yang sedang musim. Mereka biasanya dijual dengan harga lebih murah saat sedang musim.

Untuk mendapatkan cukup mikronutrien, anda harus makan buah dan sayur dalam porsi yang tepat. Lembaga kesehatan menganjurkan kita untuk mengkonsumsi 150 gr  buah dan 250 gr sayuran setiap hari. Porsi buah yang anda makan harus lebih sedikit dari porsi sayur karena buah-buahan mengandung lebih banyak fruktosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Guna mencukupi kebutuhan nutrisi, anda dapat menambahkan Gizidat dalam diet anda. Gizidat adalah madu ikan sidat yang kaya akan vitamin dan protein. Bahan-bahan alaminya aman untuk anak-anak maupun orang dewasa. Hanya dengan meminumnya setiap hari anda akan merasakan banyak manfaatnya. Cara hidup sehat sederhana ini membuat tubuh menjadi sehat dan sistem imunitas anda semakin kuat.

2. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

Agar sistem metabolisme tubuh bekerja secara maksimal, kita harus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Kita dianjurkan untuk minum dua liter air dalam sehari. Namun, kebutuhan air seseorang sebenarnya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, contohnya kondisi kesehatan, jenis kelamin, pekerjaan, dan berat badan. Oleh karena itu, segeralah minum air putih saat anda merasa haus karena hal ini berarti anda kekurangan cairan.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup

Tahukah anda bahwa minum satu gelas air pada waktu yang tepat akan memberi manfaat lebih pada tubuh anda. Salah satunya adalah meningkatkan keefektifan kerja cairan dalam tubuh. Berikut beberapa diantaranya:

  • setelah bangun tidur pada pagi hari
  • saat akan mandi
  • tiga puluh menit sebelum makan
  • saat anda merasa lelah
  • sebelum tidur.

Air putih yang diminum sebaiknya bukan air dingin. Air dingin atau air es yang terlalu dingin dapat menyebabkan kontraksi dalam sistem pencernaan sehingga menyebabkan sakit perut. Beberapa ahli kesehatan menganjurkan kita untuk minum air putih hangat. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, sebaiknya anda memilih air putih dalam suhu ruangan.

3. Olahraga setiap hari

Agar kesehatan badan terjaga, kita harus berolahraga secara teratur. Berbagai gerakan olahraga sederhana dapat membakar lemak yang terakumulasi di dalam tubuh . Gerakan-gerakan ini tidak perlu dilakukan di tempat khusus untuk berolahraga. Anda bisa melaksanakannya di rumah sendiri. Salah satunya adalah melakukan squats selama satu menit setiap hari. Selain itu, anda juga bisa rutin melakukan push-up selama satu menit setiap hari.

Olahraga setiap hari

Selain gerakan olahraga sederhana di atas, anda juga dapat melakukan jalan-jalan pagi setiap hari selama tiga puluh menit. Cara ini cukup efektif membakar kalori dan lemak. Cara sederhana lain untuk membakar lemak adalah dengan cara menjadi lebih aktif, misalnya jalan kaki ke minimarket, memilih spot parkir yang lebih jauh dari tempat tujuan anda, dan membersihkan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *