Cara Hidup Sehat Setiap Hari

Cara Hidup Sehat Setiap Hari

Mengetahui cara hidup sehat setiap hari sangat penting untuk membuat tubuh tetap sehat baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu menjalani hidup sehat sebaiknya dilakukan sejak berusia muda. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjalani hidup yang sehat.

Pola hidup sehat dapat membuat seseorang merasa bahagia dan merupakan kunci untuk tetap panjang umur. Selain itu, pola hidup sehat juga dapat membuat seseorang lebih awet muda orang tersebut akan sehat secara fisik maupun batin. Jika Anda tertarik untuk memulai langkah pertama menjalani hidup sehat, di bawah ini adalah panduan lengkap yang bisa Anda tempuh setiap harinya.

Panduan Cara Hidup Sehat Setiap Hari

Untuk memulai langkah hidup sehat sebenarnya tidaklah rumit dan sulit. Ada banyak cara sederhana untuk melakukannya seperti di bawah ini.

1. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga menjadi salah satu kunci untuk memulai hidup sehat. Para ahli kesehatan menyarankan untuk sekurang-kurangnya olahraga selama 30 menit setiap harinya. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk dilakukan setiap hari. Tidak harus melulu olahraga seperti fitness di gym maupun berlari-lari di taman.

Luangkan waktu untuk berolahraga

Jika Anda memang tidak sempat, Anda bisa memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah atau bahkan disambi di kantor. Olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah misalnya sit up, push up, lompat tali dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika memungkinkan, Anda bisa memilih menggunakan sepeda untuk ke kantor ketimbang menggunakan kendaraan bermotor. Anda juga bisa memilih menggunakan tangga untuk menuju ke lantai atas kantor ketimbang menggunakan lift. Pilihan olahraga ini adalah olahraga murah yang bisa Anda lakukan di sela-sela jam sibuk.

Olahraga sangat baik karena dapat membakar kalori yang Anda konsumsi setiap hari dari makanan. Olahraga juga membantu memperbanyak jumlah oksigen yang mengalir ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat membuat tubuh tetap sehat. Hal inilah yang membuat banyak orang merasakan tubuh lebih bugar setelah berolahraga.

2. Mengurangi konsumsi gula harian

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas metabolisme sel-sel tubuh. Namun, kadar gula harian yang disarankan memiliki batasan dan tidak boleh berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi gula berlebihan sangat rentan membuat seseorang berisiko menderita diabetes. Diabetes sendiri merupakan gangguan fungsi hormone insulin tubuh untuk memecah kadar gula dalam darah.

Mengurangi konsumsi gula harian

Ketika kadar gula Anda berlebihan, Anda akan lebih berisiko terkena berbagai macam penyakit. Penyakit seperti stroke maupun penyakit jantung rentan diderita oleh mereka yang mengalami kelebihan kadar gula dalam darah.

Untuk mengurangi konsumsi gula harian sebenarnya sangat mudah. Jika Anda terbiasa mengkonsumsi makanan manis maka sebaiknya kurangi jumlah makanan manis tersebut. Salah satu makanan penyumbang kadar gula tinggi adalah nasi putih. Jika Anda memang sudah menderita kelebihan kadar gula, maka sebaiknya kurangi jumlah nasi putih yang dikonsumsi harian.

3. Hindari penyebab stress

Cara hidup sehat setiap hari tidak hanya terkait hal-hal yang bersifat fisik seperti dari asupan makanan dan sebagainya. Hidup sehat juga terkait erat dengan pengelolaan stress secara mental. Hal ini dikarenakan stress berisiko menimbulkan efek negative yang jauh lebih besar pada tubuh ketimbang dari makanan dan sebagainya.

Hindari penyebab stress

Ada banyak faktor penyebab stress misalnya masalah keuangan, adanya masalah di hubungan asmara, beratnya beban pekerjaan dan sebagainya. Faktor-faktor ini dapat membuat seseorang mengalami stress yang berlebihan.

Stress dapat memicu banyak masalah pada tubuh. Hal ini dikarenakan ketika seseorang stress, maka sistem pada tubuh akan meresponnya dan dapat menimbulkan dampak tidak baik pada kesehatan seseorang.

Untuk mengatasi stress, sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk menghindari faktor penyebab stress tersebut. Berdiam dirilah di suatu tempat untuk beberapa waktu. Rilekskan tubuh selama beberapa saat dengan menghembuskan napas perlahan kemudian mengeluarkannya. Lakukan selama beberapa waktu hingga Anda merasa tubuh semakin rileks.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang mengandung banyak pengawet serta pemanis buatan adalah jenis makanan yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan di kemudian hari. Jika Anda ingin menjalani cara hidup sehat setiap hari, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat bisa dilihat dari apakah makanan tersebut masih segar ataukah sudah diawetkan. Usahakan untuk memilih makanan yang masih segar dari alam, seperti sayuran segar, buah-buahan segar dan daging segar. Kemudian pastikan menu harian Anda telah memenuhi prinsip gizi seimbang. Prinsip gizi seimbang sendiri mencakup serat, protein, karbohidrat serta lemak.

Selain memenuhi nutrisi harian dengan cukup. Anda juga disarankan untuk mengganti-ganti jenis makanan Anda. misal makanan pokok bisa diganti dari yang hanya nasi putih saja diganti dengan jagung, kentang, ubi, mie dan sebagainya. Sayur-sayuran juga pilih yang bervariasi setiap hari.

Porsi makan sebaiknya juga diperhatikan. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Jangan pula terlalu mengurangi porsi harian karena alasan takut gemuk dan sebagainya.

5. Perbanyak konsumsi air putih

Patut Anda ketahui bahwa 60 persen dari tubuh terdiri dari air. Air ini kemudian akan dikeluarkan melalui urin, keringat ataupun melalui napas yang dihembuskan. Ketika air dikeluarkan dari dalam tubuh, sebenarnya air juga membawa berbagai zat yang sudah tidak dibutuhkan tubuh. Air juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Perbanyak konsumsi air putih

Oleh karena itu konsumsi air putih sangat baik untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Konsumsi air putih yang disarankan adalah minimal 8 sampai 9 gelas setiap harinya.

6. Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh agar kembali bugar keesokan harinya. Menurut penuturan seorang pakar kesehatan dari Stanford University, tidur merupakan kebutuhan mendasar untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Tidur yang cukup

Ketika tidur, zat-zat racun yang terbentu dalam otak ketika Anda dalam keadaan sadar akan dibuang. Selain itu, tidur juga membantu kinerja hati untuk mendetoksifikasi racun-racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, orang dewasa disarankan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya. Durasi waktu tidur optimal untuk orang dewasa adalah 7 sampai 9 jam setiap hari.

Selain tidur di waktu malam, penelitian juga telah membuktikan tidur di waktu siang mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Anda disarankan untuk mendapat istirahat di waktu siang setidaknya 10 sampai 15 menit agar tubuh kembali bugar.

7. Sempurnakan dengan mengkonsumsi suplemen Gizidat

Tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Anda juga bisa menyempurnakan pola hidup sehat Anda dengan mengkonsumsi suplemen dari Gizidat. Gizidat diformulasikan khusus dari tiga bahan alami yang sangat bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sempurnakan dengan mengkonsumsi suplemen Gizidat

Suplemen Gizidat dibuat dari kombinasi madu hutan alami, kurkumin atau temulawak dan juga sidat. Sidat merupakan hewan yang memiliki kandungan protein tinggi melebihi salmon Norwegia. Sidat bahkan menjadi salah satu komoditi ekspor tertinggi ke Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *