Cara Membesarkan Badan

Cara Membesarkan Badan

Berat badan yang ideal memang menjadi impian setiap orang, namun pada dasarnya tidak semua orang bisa memilikinya dengan mudah. Realitanya ada beberapa orang yang kelebihan berat badan dan ada juga yang kekurangan berat badan. Jika memang berat badan Anda masih di bawah rata-rata, pastinya Anda akan melakukan cara membesarkan badan.

Masalah berat badan juga menjadi suatu hal yang serius, terlebih lagi seseorang mempunyai badan yang kurus. Bisa jadi, seorang yang mempunyai berat badan jauh di bawah rata-rata mengidap penyakit tertentu yang belum terdeteksi. Oleh sebab itu, masalah badan kurus bisa diatasi dengan cara membesarkan badan dengan cara alami tanpa harus minum obat.

Penyebab Berat Badan Rendah

Ada beberapa hal yang menyebabkan berat badan Anda menurun drastis dan kemudian menjadi kurus. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah:

  1. Stress

Orang yang stress seringkali enggan makan atau nafsu makannya menurun. Hal itu dikarenakan mereka sering melamun atau terlalu banyak memikirkan sesuatu. Bahkan karena stress, berat badan seseorang bisa turun secara signifikan. Oleh sebab itu, tidak seharusnya Anda memikirkan sesuatu secara berlebihan hingga mengesampingkan makan.

  1. Faktor keturunan

Ukuran tubuh seseorang memang ada yang disebabkan oleh gen atau keturunan. Jadi, misalnya Anda mempunyai badan yang kurus bukan karena sakit dan sebagainya berarti itu sudah dari asalnya atau keturunan. Meskipun demikian Anda sebaiknya tetap berusaha untuk menjadikan tubuh tampak lebih gemuk atau besar dengan cara olahraga.

  1. Gangguan makanan

Beberapa orang ada yang mengalami gangguan makan seperti halnya sangat tidak nafsu makan. Hal itu seringkali terjadi pada usia anak-anak, sementara orang tua belum tentu mengerti mengenai makanan apa yang diinginkannya.

Untuk itu, Anda bisa memberikan kurkuma gizidat untuk menambah nafsu makan anak-anak. Gizidat tersebut mengandung probiotik yang dapat meningkatkan dua kali pencernaan. Selain itu pastinya juga mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makan. Kandungan lain yang baik untuk kesehatan juga ada ikan sidat dan madu hutan.

  1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan gangguan yang menimbulkan sistem metabolisme seseorang bekerja secara berlebihan sehingga kemudian berat badan menjadi menurun secara tidak normal. Zat makanan yang diserap oleh tubuh lebih kecil daripada yang terbuang menjadi sampah dan dikeluarkan.

Jadi, meskipun Anda makan cukup banyak dan teratur, bisa jadi berat badan tetap menurun atau stabil kurus.

  1. Penyakit diabetes, kanker, penyakit infeksi lainnya

Seringkali orang yang mempunyai tubuh kurus disebabkan terinfeksi penyakit tertentu seperti halnya diabetes, kanker, dan sebagainya. Secara fisik, penyakit tersebut tidak begitu mencolok, namun jika sudah cukup lama berkembang dalam tubuh, penyakit semacam diabetes tersebut bisa menggerogoti tubuh dari dalam. Tidak heran jika pengidapnya terlihat semakin kurus.

Untuk penyakit yang sudah serius tersebut, Anda harus segera mengatasinya dengan membawanya ke dokter. Mengingat beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, bahkan HIV tersebut merupakan penyakit yang sulit untuk sembuh dan langsung hengkang dari tubuh manusia.

Cara Membesarkan Badan Secara Alami dan Aman

Seingkali untuk menambah berat badan orang meminum susu tertentu dan sebagainya. Namun hal itu belum tentu berhasil sebab Anda bisa menambah berat melalui cara yang alami serta tanpa menggunakan obat-obat tertentu. Namun dengan catatan kondisi badan yang kurus tidak disebabkan oleh penyakit yang berat atau berinfeksi. Berikut adalah langkah dan cara menambahn berat badan:

  1. Makan makanan yang kaya nutrisi

Makan makanan yang bergizi dan mempunyai gizi seimbang dianjurkan untuk mendapat ukuran tubuh yang ideal. Hal itu seperti buah-buahan, sayur, kacang, susu, dan lain sebagainya yang masih segar.

Jika yang yang bermasalah dengan ukuran tubuh adalah anak-anak sementara mereka tidak suka dengan buah ataupun sayur, Anda bisa memberi mereka gizidat yang kaya nutrisi dan juga protein. Pada dasarnya gizidat berupa madu asli dari hutan yang mengandung bahan lain seperti ekstra ikan sidat hingga temulawak.

  1. Makan makanan yang berkarbohidrat tinggi

Karbohidrat bukan hanya berfungsi sebagai penambah kekuatan bagi tubuh, namun juga bisa menjadi menambah berat badan seseorang. Pada umumnya makan makanan yang berkarbohidrat dilakukan tiga kali dalam sehari. Anda bisa memperolehnya dari nasi, ubi-ubian, dan sebagainya.

  1. Makan makanan yang mengandung banyak kalori

Makanan yang mengandung banyak kalori dipercaya bisa menambah berat badan seseorang. Setidaknya Anda harus mengkonsumsi kalori kurang lebih sebanyak 7000-10000 kalori. Kalori bisa didapat dari kacang-kacangan dan makanan berat seperti nasi, pisang,  dan alpukat.

Kalori yang diserap dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar. Dengan demikian, kalori yang terserap bisa menjadi kekuatan untuk tubuh. Sebagai catatan, sebaiknya makanan yang berkalori tersebut juga tidak boleh mengandung banyak lemak agar kesehatan tetap terjaga.

  1. Mengatur pola dan waktu makan serta minum

Pola makan dan minum juga harus diperhatikan, sebab hal itu bisa berpengaruh terhadap nafsu makan. Jika Anda sering minum secara berlebihan sebelum makan, maka bisa dipastikan tidak bisa makan dengan cukup banyak porsi karena perut terasa sudah kenyang dan penuh dengan air.

Sebaiknya, sebelum makan Anda harus minum sedikit saja agar nantinya bisa menghabiskan makanan pokok yang sudah menjadi makanan kebiasaan. Kemudian setelah makan khususnya kira-kira setelah 30 menit juga harus tetap minum dengan ukuran yang normal.

Anda juga bisa menambah ukuran porsi makan jika memang sudah mulai terbiasa dengan jenis makanan yang ada. Setidaknya makanan yang harus Anda konsumsi setiap harinya bertambah dan masuk dalam perut dengan baik dan benar, mengingat ada beberapa anak yang sulit untuk menjaga pola makan.

  1. Memperbanyak camilan

Camilan di sela-sela makan makanan pokok bisa menjadi cara membesarkan badan. Namun camilan yang baik adalah yang bebas dari minyak atau gorengan seperti halnya buah kurma, salad sayur, kedelai, jagung rebus, hingga kacang. Intinya, camilan yang dimakan harus termasuk kategori yang sehat dan aman dimakan bukan seperti snack ciki-ciki.

Memperbanyak camilan memang sering dipercaya untuk menambah ukuran berat badan, terlebih lagi jika ngemilnya dilakukan pada saat malam hari. Jadi, disamping makan hingga beberapa kali dan banyak porsi, ngemil juga bisa diterapkan sebagai pelengkapnya.

  1. Olahraga secara teratur

Selain makan makanan sehat dan teratur, alangkah baiknya jika Anda mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Anda bisa melakukannya setiap pagi setau sore setidaknya 15-20 menit. Olahraga itupun tidak harus yang berat, sebab jogging, senam, ataupun jalan-jalan biasa sudah termasuk dalam olahraga yang cukup baik.

Jika ukuran tubuh Anda sudah cukup ideal, olahraga bisa menjadi cara untuk tetap mempertahankannya. Dengan olahraga, makanan-makanan yang masuk dalam tubuh bisa dipastikan menjadi otot bukan lemak yang akhirnya nanti mengendap. Setelah olahraga sebaiknya makan makanan yang berprotein tinggi agar mendapat hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *