Cara Menaikan Berat Badan Bayi Asi

Cara Menaikan Berat Badan Bayi Asi

Para ahli menyarankan asi diberikan pada anak hingga berusia 2 tahun. Asi memiliki banyak kandungan gizi yang sangat penting dan dapat memenuhi semua kebutuhan anak. Meski telah diberikan asi eksklusif, beberapa bayi asi memiliki bobot tubuh rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus memahami cara menaikan berat badan bayi asi dengan benar.

Berat badan bayi asi dipengaruhi oleh konsumsi asi yang masuk ke tubuhnya. Jika berat badan bayi asi rendah mungkin bayi yang kurang menyusui atau produksi asi yang sedikit. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan bayi asi.

8 Cara Menaikan Berat Badan Bayi Asi

1. Menyusui Tiap 2 Jam

Bayi yang baru lahir secara teori membutuhkan 8 hingga 12 kali menyusu dalam sehari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut beberapa ahli menyarankan agar bayi disusui tiap 2 jam. Namun anda tidak perlu tepat menghitung hingga 2 jam, karena jika tidak lapar meski telah 2 jam berlalu bayi tidak ingin menyusu.

Menyusui Tiap 2 Jam

Kisaran waktu tersebut sangat penting, karena jika bayi terlalu lama tidak menyusu berat badannya susah naik. Jika bayi tidur namun waktu menyusui telah tiba, anda dapat menggendong bayi dan mendekatkan dengan payudara. Bayi yang mencium aroma asi secara otomatis akan mulai mencari asi untuk dikonsumsi, meski dengan mata tertutup.

2. Menyusui Hindmilk

Asi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu foremilk dengan struktur yang encer dan hindmilk. Hindmilk adalah asi yang berada didasar payudara, memiliki struktur yang lebih kental dan banyak mengandung lemak serta kalori. Dengan meningkatkan pemberian asi yang mengandung hindmilk maka berat badan bayi akan lebih cepat naik.

Menyusui Hindmilk

Cara menyusui hondmilk adalah dengan membiarkan bayi menyusui hingga payudara benar-benar kosong. Jika bayi menyusu sedikit maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan memompa payudara terlebih dahulu untuk mengeluarkan asi yang encer/foremilk. Hindari bayi yang berpindah-pindah saat menyusui, jika payudara sudah kosong barulah pindah ke payudara satunya lagi.

3. Menyusui Secara Langsung

Menyusui bayi secara langsung memiliki banyak keuntungan. Ikatan anak dan ibu yang kuat bisa didapatkan melalui menyusui, dan tentu saja bayi menjadi lebih sehat karena asi yang diberikan selalu segar. Menyusui langsung juga menstimulasi produksi asi yang lebih banyak dibandingkan asi pompa.

Menyusui Secara Langsung

Jika anda wanita karier yang terpaksa harus memberikan asi pompa, anda dapat memvariasikan dengan cara memberi asi langsung saat berada dirumah. Asi memiliki kandungan yang terus berubah seiring perkembangan bayi, sehingga untuk asi pompa sebaiknya jangan terlalu lama disimpan. Asi yang disimpan hingga berbulan-bulan tidak dapat mencukupi kebutuhan kalori bayi lagi.

4. Makanan Bergizi untuk Busui

Produksi asi juga dipengaruhi makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Makanan sebaiknya memenuhi semua kebutuhan  karbo, protein, lemak, vitamin dan mineral. Intinya ibu yang menyusui harus makan yang bergizi dan teratur untuk produksi asi yang sehat. Asi yang melimpah membuat bayi tidak kekurangan nutrisi dan tidak memerlukan makanan tambahan lain.

Makanan Bergizi untuk Busui

Bagi anda yang menyusui sambil bekerja, anda dapat mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui dan superfood seperti alpukat, brokoli, kacang almond dan lainnya. Ibu menyusui juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk kebutuhan ibu dan bayi. Kalsium dapat dikonsumsi dari keju atau susu.

Agar asi lancar ibu menyusui dapat mengkonsumsi daun katuk dan melakukan pijat payudara. Kedua hal ini dapat membuat asi lancar dan produksi asi melimpah. Makanan lain yang dapat meningkatkan produksi asi adalah pepaya, sup, outmeal, bayam dan wortel.

5. Menyusui dengan Benar

Menyusui bayi dengan benar dapat memberikan manfaat bagi ibu dan bayi. Posisi menyusu yang tidak nyaman dapat membuat bayi muntah, puting lecet dan bayi tidak tenang. Buat diri anda senyaman mungkin sebelum menggendong bayi untuk disusui. Anda dapat menggunakan nursing pillow/bantal menyusui agar lebih nyaman.

Menyusui dengan Benar

Posisi menyusui yang tidak benar mengakibatkan bayi tidak dapat meminum asi dengan maksimal. Dan tentunya hal ini dapat menyebabkan berat badannya tidak mengalami peningkatan. Usahakan pelekatan menyusu pada bayi kuat agar menjadi tenang.

6. Banyak Air Putih

Banyak Air Putih

Ibu yang menyusui disarankan meminum lebih banyak air putih, karena membutuhkan lebih banyak cairan dibandingkan yang tidak menyusui. Air putih adalah sumber cairan utama pembentuk asi, oleh sebab itu konsumsi air dapat mempengaruhi produksi asi. Ibu menyusui membutuhkan setidaknya sekitar  3,1 liter air putih atau 13 gelas setiap harinya.

7. Pijat untuk Bayi

Bayi usia 1 hingga 2 tahun mulai aktif bergerak dan banyak mencoba hal baru yang menghabiskan energi. Aktivitas bayi ini membuat berat badan bayi turun jika tidak mendapat asupan kalori yang cukup. Selain itu bayi akan menjadi lelah dan nafsu makannya berkurang. Pijat untuk bayi dapat dilakukan sendiri dirumah atau dengan ahli pemijat bayi.

Pijat untuk Bayi

Bayi anda yang memijat bayi sendiri dapat dilakukan secara perlahan dan mengikuti panduan yang benar. Pijat ini bertujuan untuk meningkatkan nafsu makan pada bayi, membuat bayi tidur lelap dan bayi menjadi lebih rileks. Bayi dengan nafsu makan yang baik dapat dengan mudah menaikkan berat badannya.

Pemijatan pada bayi dapat membuat peredaran darah bayi manjadi lancar dan pencernaannya bekerja lebih optimal. Hal tersebut membuat bayi dapat menyerap asi dengan baik. Dan secara tentunya ikut menaikkan berat badan bayi lebih cepat.

7. Makanan Pendamping Asi

Bayi yang berusia 6 bulan ke atas sudah bisa diberikan makanan pendamping asi. Makanan ini sebaiknya banyak mengandung kalori, lemak dan karbohidrat. Ketiga zat gizi tersebut dapat meningkatkan berat badan bayi. Makanan pendamping asi lebih baik dibuat sendiri karena lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

Makanan Pendamping Asi

Makanan yang diberikan untuk bayi dapat bervariasi agar bayi mendapatkan banyak gizi lain yang penting untuk pertumbuhannya. Buah pisang dan alpukat yang banyak mengandung lemak serta kalori, dapat diberikan untuk menambah berat badan bayi. Madu Gizidat dapat diberikan sebagai multivitamin penambah nafsu makan anak.

8. Gizidat Untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Gizidat dapat diberikan untuk anak yang berusia 1 tahun ke atas. Madu alami yang terdapat pada Gizidat dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Temulawak atau curcuma dapat menambah nafsu makan anak. Kandungan gizi lain adalah prebiotik dan ekstrak ikan sidat yang berfungsi untuk kesehatan pencernaan dan kecerdasan anak.

Gizidat Untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Anak berusia 1 tahun keatas mulai mengkonsumsi makanan tambahan pendamping asi. Makanan ini harus bervariasi, mulai dari daging, telur, ayam, buah, sayur dan lainnya. Anak biasanya tidak menyukai jenis sayur tertentu, sehingga madu Gizidat dapat diberikan untuk menambah nafsu makannya.

Jika bayi anda memiliki berat badan yang kurang, jangan berikan susu formula. Sebaiknya lakukan cara menaikan berat badan bayi asi seperti tertera di atas. Asi memiliki kalori dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan susu formula. Anda dapat memperbaiki produksi asi dan memberikan makanan tambahan yang bergizi untuk menaikkan berat badan bayi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *