Cara Menaikkan Berat Badan Anak 1 Tahun

Cara Menaikkan Berat Badan Anak 1 Tahun

Anak usia 1 tahun sudah mulai mengkonsumsi beragam makanan yang dapat menunjang pertumbuhannya. Selain itu anak sudah mulai aktif bergerak sehingga dapat mempengaruhi berat badannya. Cara menaikkan berat badan anak 1 tahun dapat dilakukan dengan memberinya asupan nutrisi yang tepat.

8 Cara Menaikan Berat Badan Anak 1 Tahun

1. Memberikan Asi atau Susu Tambahan

Asi adalah makanan pokok bayi berusia 0 hingga 6 bulan, yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan anak. Anak usia 1 tahun masih membutuhkan asi sebagai makanan utamanya, ditambah makanan pendamping lain. Asi memenuhi sekitar 29% kebutuhan energi untuk aktivitas anak, dan 43% kebutuhan protein anak usia 1 tahun.

Memberikan Asi atau Susu Tambahan

Pemberian asi dianjurkan para ahli hingga anak berusia 2 tahun. Karena asi masih memenuhi banyak kebutuhan gizi anak. Dalam 448 ml asi, memiliki kandungan  antara lain adalah 33% kalsium, 75% vitamin, 94% vitamin B12, 76% folat dan nutrisi lainnya. Jadi asi masih sangat diperlukan anak untuk memenuhi kebutuhannya meski telah berusia diatas 1 tahun.

Bagaimana jika ibu sudah tidak dapat menyusui? Terutama untuk para ibu wanita karier. Untuk anda yang tidak dapat menyusui anak hingga usia 1 tahun ke atas, dapat memberikan susu formula yang sesuai. Meskipun susu formula tidak sebaik asi, namun susu memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan anak untuk aktivitas dan perkembangannya.

Susu formula saat ini banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merek dan fungsinya masing-masing. Perhatikan jika anak mengalami gejala seperti sakit perut, diare, sembelit, bisul dan masalah kesehatan lain setelah mengkonsumsi susu formula. Gejala tersebut adalah tanda anak memiliki intorelansi laktosa, anda dapat memberikan susu lain yang terbuat dari kacang kedelai.

2. Makanan dengan Cukup Kalori

Anak yang mulai aktif bergerak membutuhkan banyak makanan mengandung kalori. Kalori harian untuk anak usia 1 hingga 3 tahun adalah sekitar 100 kkal/kg berat badan ideal anak. Kebutuhan kalori ini dapat diberikan melalui makanan yang dikonsumsi anak. Makanan yang mengandung kalori tinggi seperti minyak zaitun, daging, ubi manis, kuning telur, keju, selai kacang dan banyak lainnya.

Makanan dengan Cukup Kalori

Pada makanan kemasan untuk anak biasanya tertera jumlah kalori. Pilihlah makanan atau snack untuk anak dengan kandungan kalori yang tinggi. Kalori yang tinggi dapat mempercepat kenaikan berat badan anak. Kalori juga dapat diberikan melalui minuman seperti jus buah segar, yogurt, smoothies, susu segar, susu formula rasa vanilla dan coklat.

3. Makanan yang Bervariasi

Variasi makanan untuk anak selain membuat anak tidak bosan, dapat pula sebagai sumber berbagai nutrisi. Anak yang berusia 1 tahun mulai mengalami perkembangan yang membutuhkan banyak vitamin, protein, mineral dan lainnya. Zat gizi makanan tersebut dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti ikan, ayam, sayur, buah dan banyak lagi.

Makanan yang Bervariasi

Asupan lemak dan karbohidrat juga ditemukan dalam berbagai makanan. Menambahkan asupan lemak dapat meningkatkan kalori yang masuk dalam tubuh anak. Karbohidrat termasuk salah satu sumber gizi yang mengandung banyak kalori. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kismis, buah-buahan dan granola.

4. Sering Memberi Makanan dalam Porsi Kecil

Sering memberi makanan juga dapat dengan cepat menaikkan berat badan anak. Hal yang perlu diingat, anak memiliki lambung yang kecil sehingga akan muntah jika diberikan banyak makanan sekaligus. Anak dapat mengkonsumsi sedikit makanan dalam satu waktu karena perutnya yang kecil. Anda dapat memberi anak makan sesering mungkin dengan jumlah porsi yang kecil.

Sering Memberi Makanan dalam Porsi Kecil

Makanan tambahan anak dapat berupa cemilan yang diberikan disela-sela makanan utama anak. Berikan makanan pokok anak dan berikan cemilan sehat sebagai pelengkap seperti buah yang dihaluskan atau dibuat jus sebagai minuman. Bila anak cenderung memilih makanan, anda dapat mengkreasikan makanan yang disukai dan tidak disukai anak.

5. Jadwal Makan Teratur

Jangan pernah lewatkan waktu makan anak, minimal 3 kali sehari.  Anak dijadwalkan memiliki waktu makan pagi, siang dan sore dengan menu utama. Cemilan dapat diberikan saat anak lapar namun belum waktunya makan atau telah lewat waktu makan. Makanan normal anak usia 1 tahun adalah karbohidrat dengan tekstur lembut, agar mudah ditelan dan dicerna anak.

Jadwal Makan Teratur

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan memberikan anak makan secara teratur. Sarapan dipagi hari dapat memberikan anak energi untuk bermain hingga waktu makan siang tiba. Makan sore atau malam dapat membuat anak beristirahat dengan baik dan tidak rewel karena perutnya terisi penuh.

6. Alpukat dan Pisang

Dua buah ini dapat diberikan untuk menambah berat badan anak. Pisang dapat diolah menjadi bubur karena anak usia 1 tahun belum bisa menelan pisang. Struktur pisang yang mudah untuk dihaluskan dapat ditambah dengan makanan lain seperti bubur nasi dan air. Pisang adalah salah satu sumber kalori tinggi, serat, kalium, dan vitamin yang baik untuk tubuh anak.

Alpukat dan Pisang

Alpukat dapat diblender agar menjadi halus dan dapat dikonsumsi anak usia 1 tahun. Untuk menambah cita rasa, anda dapat mencampur dengan sedikit gula, susu atau madu. Buah ajaib ini dipercaya dapat menambah berat bayi dan membuat pencernaan lancar karena mengandung banyak lemak. Kandungan lemak sehat pada alpukat dapat menambah berat badan anak usia 1 tahun.

7. Tidur yang Cukup

Tubuh anak berusia 1 tahun yang mulai aktif bergerak, membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dapat menghindari penurunan berat badan anak akibat kelelahan beraktivitas. Selain itu setelah bangun tidur anak biasanya akan lapar dan meminta makanan. Untuk anak paling minimal harus memiliki jam tidur 8 jam, namun dianjurkan anak usia 1 tahun memiliki tidur lebih banyak.

Tidur yang Cukup

Tidur siang bisa diterapkan untuk anak agar memenuhi kebutuhan tidurnya. Tidur siang juga dapat membuat anak beristirahat sejenak dari aktivitasnya. Meski kelihatan sepele, anak yang kekurangan waktu tidur biasanya memiliki berat badan dibawah ideal.

8. Memberikan Gizidat, Multivitamin Penambah Nafsu Makan

Bagi anda yang memiliki anak yang sulit atau pilih-pilih makanan, anda dapat memberikan madu Gizidat sebagai multivitamin. Gizidat mengandung temulawak yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan pada anak. Temulawak juga dikenal sebagai zat antibakteri dan antiradang, yang sangat baik untuk menjaga pertumbuhan anak anda.

Memberikan Gizidat, Multivitamin Penambah Nafsu Makan

Madu Gizidat dihasilkan dari madu hutan alami dan merupakan produk asli Indonesia. Lebah Apis Dorsata yang menghasilkan madu Gizidat adalah lebah unggulan yang lebih baik dari lebah ternak. Selain itu madu Gizidat mengandung prebiotik yang baik untuk usus anak dan extrak ikan sidat untuk kecerdasan anak.

Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan anak dapat dilakukan dengan cara menaikkan berat badan anak 1 tahun seperti diatas. Kombinasikan makanan untuk menambah berat badan anak setiap hari agar anak mendapat nutrisi yang beragam. Anda akan mendapatkan keuntungan lebih baik lagi jika menambahkan multivitamin madu Gizidat yang memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *