Cara Menaikkan Berat Badan

Cara Menaikkan Berat Badan

Apakah Anda merasa tubuh Anda terlalu kurus? Tentunya hal ini cukup membuat malu, serta menurunkan kepercayaan diri terutama di depan umum. Walaupun beberapa orang, khususnya wanita, mati-matian menurunkan badan suapaya memiliki tubuh langsing, banyak juga mereka yang ingin menaikkan berat badan.

Dalam kondisi tertentu, menaikkan berat badan merupakan hal yang susah karena tubuh orang berbeda-beda. Tidak jarang juga ada yang banyak makan tapi berat tidak bertambah sedikitpun. Makanan apa saja dimakan. Bisa jadi cara seperti itu salah dan malah menimbulkan masalah-masalah kesehatan. Lalu, bagaimana cara menaikkan berat badan yang benar?

Terlalu Kurus Itu Berbahaya

Memiliki tubuh yang kurus atau bahkan terlalu kurus itu tidak selamanya menguntungkan. Anda bisa menghitung menggunakan kalkulator BMI dan melihat apakah berat badan anda dalam kategori kurus atau tidak. Bahaya yang dapat timbul dari memiliki tubuh terlalu kurus cukup serius. Anda rentant terkena infeksi karena sistem imun tidak berjalan dengan baik, osteoporosis, dan patah tulang.

Selain itu, orang yang kurus juga memiliki masalah kesuburan. Terlebih jika berat badan Anda sangat kurang dari rata-rata, hal itu bisa menyebabkan kematian. Nah, pasti Anda sekarang mulai paham bahwa kurus itu selain mengurangi kepercayaam diri juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, mari kita simak bersama-sama bagaimana menaikkan berat badan yang baik dan benar.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Ketika Menaikan Berat Badan

  1. Makan seenaknya

Secara umum, Anda pasti berpikir kalau makan banyak berbanding lurus dengan bertambahnya berat badan. Anda lebih cenderung makan apa saja tanpa memperhatikan apa-apa yag anda makan dengan baik. Tidak semudah itu. Meskipun makan yang banyak juga benar, tapi Anda harus benar-benar memperhatikan apa yang Anda makan.

  1. Tidak olahraga

Bisa jadi menurut Anda berolahraga hanya akan membuat tubuh bertamabah kurus. Faktanya, tidak. Memang benar tubuh Anda akan membakar kalori saat berolahrga. Namun, kita tetap perlu berolahraga dengan juga memperhatikan jenis olahraga yang Anda lakukan.

  1. Asal mengkonsumsi suplemen

Pasti banyak dari Anda yang ingin menaikkan berat badan, dan cara Anda dalam melakukannya bisa saja menghalalkan segala cara. Contohnya, dengan mengkonsumsi suplemen yang tidak jelas dengan janji menaikkan berat badan secara cepat. Mulai sekarang, Anda harus berpikir dua kali dalam menentukan suplemen. Jangan sampai halitu justru merugikan anda di kemudian hari.

Cara Menaikkan Berat Badan Yang Alami Dan Sehat

  1. Atur makanan anda

Makan tentunya tidak boleh asal. Anda harus memperhatikan gizi-gizi dari makanan yang anda makan. Jika ingin lebih baik, Anda bisa membuat menu makanan untuk seminggu yang berisikan jadwal makan Anda serta apa yang harus Anda makan. Selain itu, Anda juga bisa lebih memperhatikan gizi dan nutrisi dari makanan yang anda makan.

  1. Konsumsi Protein

Protein sangat penting untuk pembentukan sel-sel tubuh, terutama pembentukan otot pada pria. Jenis protein juga banyak pada makanan. Ada protein hewani dan juga protein nabati. Anda bisa memilih dan memadukan keduanya. Mulai sekarang, tambahkan telur, dada ayam, atau bahkan tempe ke dalam menu makanan anda.

  1. Makanan tinggi kalori

Saat Anda dalam program menaikkan berat badan, Anda benar-benar harus memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh Anda. Dalam menaikkan berat badan, Anda bisa mengejar surplus kalori. Sederhananya, Anda meningkatkan kalori dan mengatur keluarnya. Jangan melakukan olahraga yang banyak membakar kalori.

Saat Anda mampu mengejar surplus kalori, tentunya akan berdampak pada peningkatan berat badan ada; yang mana energi yang masuk lebih besar dari energi yang Anda keluarkan.

  1. Olahraga

Dalam melakukan olahraga pun Anda tidak boleh asal. Bisa jadi olahraga yang Anda lakukan ternyata membuat berat Anda berkurang. Benar, saat Anda terlalu banyak membakar kalori, tentu akan juga berdampak pada menurunnya berat badan. Jadi, olahraga pun harus diperhatikan dengan baik.

Saat Anda ingin menaikkan berat badan, batasi kardio yang anda lakukan. Kardio sangat banyak membakar kalori, sehingga jika intentsitas kardio yang Anda lakukan banyak malah akan menurunkan berat badan kalian.

Bagi para pria, Anda bisa menaikkan berat badan dengan melakukan angkat beban. Membentuk otot juga dapat menambah berat badan, dari pada hanya menimbun lemak, lebih baik sehat sekalian. Jika Anda melatih otot-otot Anda, tentunya itu juga akan berdampak bagi daya tahan Anda.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup itu sangat penting. Jika Anda kurang tidur, langkah-langkah yang sudah disebutkan tadi akan menjadi sia-sia. Saat tidur cukup terpenuhi, tubuh Anda akan beregenerasi dengan baik dan jika Anda kurang tidur tentunya tubuh Anda tidak akan beregenerasi dengan baik.

Jangan begadang, tidur dengan cukup, antara 6-8 jam. Tidur berlebihan juga tidak diperbolehkan, karena itu juga dapat memberi dampak yang buruk bagi Anda. Jadi, pastikan Anda tidur yang cukup setelah melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

  1. Mengkonsumsi madu

Anda sudah pasti tahu kalau madu memiliki banyak khasiat, terutama membantu menaikkan berat badan. Di pasaran sudah banyak tersedia jenis madu-madu penggemuk badan. Namun, pastikan bahwa itu benar-benar berkhasiat bukan hanya memikat Anda dengan embel-embel manis, namun nol manfaatnya.

Bersama Gizidat, kini Anda tidak perlu khawatir untuk mengenai khasiatnya. Gizidat denga produk madunya, yang dikhususkan untuk buah hati, dapat mencukupi nutrisi dan mendampingi tumbuh kembang sang buah hati.

Madu gizidat diformulasikan dengan tiga bahan pilihan, yaitu madu hutan yang jelas khasiatnya, kurkumin atau temulawak yang telah dikenal lama di Nusantara sebagai pendorong nafsu makan, dan ekstrak ikan sidat yang tinggi protein. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan info lebih detailnya di https://gizidat.com/.

  1. Cemilan bergizi

Alangkah baiknya Anda juga memperhatikan cemilan Anda. Pastikan cemilan Anda lebih memberi manfaat bagi tubuh Anda. Sudah banyak tersedia di pasaran cemilan yang sehat atau Anda bisa membuat sendiri cemilan sehat Anda. Anda bisa membuat peanut bar sebagai sumber protein selain dari makanan utama Anda sehari-hari.

  1. Suplemen

Suplemen merupakan salah satu cara menaikkan berat badan yang cukup efektif jika kita benar-benar memperhatikannya. Jika Anda bertubuh kurus, dan sedang melakukan program menaikkan berat badan melalu angkat beban, khususnya untuk pria, perlu mengkonsumsi suplemen weight gainer untuk mendukung asupan gizi yang baik. Selain itu, kandungan dalam weight gainer mampu memberikan Anda nutrisi yang cukup dan mudah untuk mencapai surplus kalori.

Selain mengkonsumsi weight gainer, untuk pria dan wanita, anda dapat membantu asupan gizi anda dengan mengkonsumsi whey protein. Kandungan whey protein memberi anda cukup protein dan juga membantu pembentukan otot Anda dan mencukupi nutrisi yang anda butuhkan.

Banyak suplemen yang tersedia di pasaran, namun Anda harus benar-benar memperhatikan kandungannya dan keaslian produknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *