Cara Menambah Tinggi Badan di Usia 15 Tahun

Cara Menambah Tinggi Badan di Usia 15 Tahun

Bisa dikatakan jika usia 15 tahun adalah masa pubertas. Banyak yang bertanya, bagaimana cara menambah tinggi badan di usia 15 tahun? Perlu untuk diketahui jika usia 15 tahun ini tubuh akan mengalami banyak perkembangan. Untuk wanita, usia pubertas akan ditandai dengan menstruasi. Di sisi lain untuk pria akan ditandai dengan suara yang mulai ngebas.

Jika Anda berada di usia pubertas, di sekitar umur 15 tahun, jangan sampai kehilangan momen untuk meningkatkan tinggi badan Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara mudah menambah tinggi badan khusus untuk usia 15 tahun.

Cara Menambah Tinggi Badan di Usia 15 Tahun untuk Laki-Laki dan Perempuan

1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Tinggi Kalsium dan Protein

Perlu dikrtahui juga jika tinggi badan seseorang juga dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan manusia (HGH). Hormon ini merupkan hormon pertumbuhan yang nantinya akan dilepaskan di dalam tubuh melalui kelenjar pitutari. Perlu untuk diketahui, hormon HGH ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang serta tulang rawan.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Tinggi Kalsium dan Protein

Ketika usia bertambah, maka hormon ini akan turun. Dengan hal ini maka diperlukan lebih banyak asupan makanan dengan kandungan protein, vitamin D, seng serta kalsium tinggi. Anda bisa mengonsumsi telur sebagai makanan yang kaya akan kandungan protein. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi ayam, kedelai, ikan, biji-bijian dan lain-lain.

Makanan jenis biji-bijian ini banyak kandungan vitamin B serta zat besi. Sebagian besar biji-bijian ini diperoleh dari oatmel, roti gandum utuh serta beras merah. Mengenai tingkat gizi yang dibutuhkan, anak usia 2 sampai 3 tahun membutuhkan kurang lebih 3 ons. Sedangkan untuk anak di usia 4 sampai 11 tahun membutuhkan setidaknya 5 ons untuk setiap harinya.

2. Rutin Berolahraga

Ketika masih berusia muda, sebaiknya rajinlah melakukan olahrga. Olahraga memiliki peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan. Mengenai jenis olahraganya, Anda bisa melakukan basket, joging, bersepeda, bulutangkis, berenang, bola voli, lompat tali dan beberapa kegiatan fisik lain yang menghentakkn sehingga membuat tulang memanjang.

Rutin Berolahraga

Mengenai jenis olahraganya, Anda tidak harus melakukan semua jenis olahraga tersebut. anda bisa memilih jenis olahraga mana yang paling tepat serta dikondisikan secara teratur. Dan jangan lupa untuk melakukan secara konsisten supaya bisa melihat perbedaannya.

3. Usahakan Postur Tubuh Tidak Bungkuk

Masih banyak yang belum menyadari jika posisi tubuh yang bungkuk ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan. Jika Anda ingin membuat badan lebih tinggi, sebaiknya mulai sekarang biasakan diri dengan hal-hal sederhana seperti duduk dengan posisi tegak di kursi, menjaga bahu tetap lurus, dan berjalan dengan postur tetap tegak.

Usahakan Postur Tubuh Tidak Bungkuk

Tulang punggung yang lurus dan kuat sangat diperlukan untuk meningkatkan tinggi badan. Sebaiknya Anda sejajarkan leher serta kepala supaya tidak membungkuk.

4. Lakukan Banyak Peregangan

Lakukan Banyak Peregangan

Melakykan peregangan secara rutin setiap hari akan membantu pertumbuhan Anda. usahakan untuk rutin melakukan peregangan ketika pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Peregangan ini bertujuan supaya peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, peregangan juga membantu posisi tulang yang kurang pas. Dengan demikian, maka tubuh akan menjadi segar tidak kaku.

5. Melakukan Skipping

Hampir semua orang mengetahui jika skipping mampu membantu pertumbuhan dengan cepat. Skippung atau lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk membuat badan menjadi tinggi.

Melakukan Skipping

Gerakan lompat yang terus menerus serta dukungan tangan yang mengayunkan tali akan menjadikan tubuh Anda terlatih. Silahkan lakukan kegiatan ini saat waktu selang, setidaknya 30 menit dengan pembagian set istirahat 30 sampai 60 detik untuk setiap setnya. Alangkah lebuh baik jika Anda melakukan kegiatan ini secara rutin supaya tubuh menjadi terlatih serta bisa tinggi lebih cepat.

6. Membiasakan Diri untuk Pull Up

Pull Up atau bergantung di tiang dengan cara mengangkat tubuh ternyata memiliki pengaruh cukup besar untuk pertumbuhan badan. Akan tetapi, disarankan untuk melakukan Pull Up dengan tetap berhati-hati dan jangan terlalu memaksa. Mengingat gerakan Pull Up ini termasuk dalam gerakan latihan yang cukup berat.

Membiasakan Diri untuk Pull Up

Ketika Pull Up, maka tubuh Anda akan tertarik ke atas dengan menggunakan kekuatan tangan. Akan tetapi usahakan, saat melakukan tubuh tetap dalam posisi tegak lurus. Jika Anda sudah terbiasa melakukan olahraga ini, maka bisa melakukan dengan pembagian set paling sedikit 10 kali dalam 1 set serta lakukan setidaknya 3 set setiap harinya.

7. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memang banyak para remaja yang senang dengan minuman rasa manis serta menyegarkan yang biasa dijual di kantin sekolah dengan kandungan soda. Minuman tersebut sebenarnya kurang sehat serta bisa menghambat proses pertumbuhan.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Jumlah air yang ada di dalam tubuh ternyata juga memudahkan sirkulasi serta penyebaran nutrisi makanan yang menyebar ke seluruh tubuh tanpa adanya hambatan. Selain itu, air putih juga akan menyegarkan kondisi tubuh yang lelah, terlebih setelah melakukan olahrga.

8. Istirahat dengan Cukup

Istirahat dengan Cukup

Dalam masa pertumbuhan, usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang berkualitas. Usahakan tetap tidur nyenayak setidaknya 8 sampai 10 jam setiap hari. Hindari juga begadang. Pasalnya tubuh anak yang sedang mengalami proses regenarasi dan perbaikan sel ini dibutuhkan oleh tubuh.

9. Hindari Stress

Hindari Stress

Perlu diketahui juga jika proses pertumbuhan tubuh ini juga erat kaitannya dengan faktor psikologi seseorang. Dalam hal ini, stress ternyata menghambat proses metabolisme tubuh. Untuk mengindari stress, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan positif bersama dengan teman, dan usahakan untuk selalu berpikiran positif.

10. Berenang

Cara menambah tinggi badan di usia 15 tahun selanjutnya adalah berenang. Bisa dikatakan juga berenang ini merupakan salah satu jenis olahraga yang paling cepat membuat tubuh tinggi.

Berenang

Ketika berenang, Anda diharuskan untuk mengatut napas dengan sangat baik. Jika Anda ingin berenang, usahakan untuk mengetahui dengan jelas mengenai olahraga renang ini.

11. Bermain Bulu Tangkis

Jenis olahraga selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan yaitu bulu tangkis. Bisa dikatakan olahraga satu ini adalah jenis olahraga yang sangat baik untuk memicu pertumbuhan tinggi badan.

Akan tetapi, disarankan untuk mengikuti latihan fisik serta latihan fisiknya ini dengan benar juga, sehingga tidak hanya sekedar bermain saja. Mengingat latihan fisik olahraga bulu tangkis ini melibarkan beberapa latihan yang mengutamakan kekuatan kaki serta lompatan.

Bermain Bulu Tangkis

Latihan fisik bukan hanya saat olahraga bulu tangkis saja. Akan tetapi juga berlaku dalam jenis olahraga lain, seperti ketika melakukan basket, voli dan beberapa olahraga lain yang membutugkan lompatan.

12. Mengonsumsi Gizidat

Selain melakukan beberapa hal di atas, disarankan untuk mengonsumsi juga suplemen yang bisa menambah tinggi badan Gizidat. Suplemen ini mampu menambah tinggi badan anak berusia 15 tahun dengan maksimal.

Mengonsumsi Gizidat

Selain itu, banyak sekali kesaksian dengan bantuan konsumsi suplemen peninggi badan ini, tubuh bertambah tnggi kurang lebih 15 cm dalam waktu 1 minggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *