cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun

cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun

Siapa bilang di usia 20 tahun tidak bisa bertambah tinggi? Jika Anda mengetahui cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun maka permasalahan tinggi badan sudah tidak menjadi masalah lagi. Memiliki tinggi badan yang ideal tentu menjadi impian semua orang, baik pria atau wanita. Pertumbuhan tinggi badan seseorang biasanya berlangsung di usia 15 sampai 19 tahun.

Lalu bagaimana untuk usia 20 tahunan yang masih ingin bertambah tinggi? Tenang, Anda masih tetap bisa menambah tinggi badan dengan melakukan beberapa gerakan olahraga alami. Apa saja gerakannya? Yuk simak uraian berikut ini.

Faktor yang Bisa Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

1. Faktor Genetik

HMGA2 merupakan salah satu gen yang bisa mempengaruhi tinggi rendahnya pertumbuhan seseorang. Jika seseorang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya maka akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya emiliki T. Sebaliknya, ketika seseorang memiliki C ganda maka akan membuat seorang tersebut lebih tinggi satu sentimeter dibandingan dengan dia yang hanya memiliki T ganda.

Faktor Genetik

Selain itu, masih ada juga gen lain terkait dengan tinggi banda. HMGA2 hanya memberikan penjelasan sebesar 0,3 persen saja dari keberagaman tinggi manusia.

2. Nutrisi

Nutrisi

Kualitas gizi seorang di masa kanak-kanak akan memperngaruhi tinggi badannya nanti. Ketika di masa kanak-kanak kekurangan nutrisi, maka akan cenderung bertumbuh pendek pada masa dewasanya. Untuk itu sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan yang banyak akan kandungan protein serta kalsium supaya pertumbuhan tubuh semakin maksimal.

3. Olahraga

Untuk menambah tinggi badan dianjurkan juga untuk melakuka olahraga yang bisa memberikan beban di bagian tulang belakang, seperti atletik, lari snatai, lompat tali, basket, badminton hingga berbagai olahraga lain yang sejenis.

Olahraga

Dengan menggunakan cara tersebut, maka tulang akan dirangsang untuk bekerja lebih keras karena adanya hentakan berat badan. Selain itu, renang juga menjadi cara mudah untuk menambah tinggi badan seseorang.

Beberapa Cara Mudah Meninggikan Badan di Usia 20 Tahun

1. Melakukan Perenggangan Tangan Lurus ke Atas

Dengan melakukan gerakan perenggangan tangan lurus ke atas, maka akan membuat tulang gerak menjadi lentur dan juga akan memperbaiki postur tubuh. Gerakan seperti ini bisa membuat tulang menjadi renggang dan juga menyempit.

Perenggangan Tangan Lurus ke Atas

Perlu Anda ketahui, jika perenggangan ini bagus untuk membuat badan menjadi renggang. Mengenai caranya, Anda bisa mempraktikkan beberapa cara berikut ini.

  • Rekatkan kedua telapak tangan, tekuk kemudian dorong ke atas
  • Luruskan sembari merenggangkan badan, alangkah lebih baik jika dilakukan sambil berjinjit
  • Tahan kurang lebih 1 sampai 2 menit kemudian lemaskan dan ulangi gerakan sampai 10 kali.

2. Melakukan Pose Yoga Warrios Pose

Melakukan Pose Yoga Warrios Pose

Perlu untuk Anda ketahui jika gerakan warrior pose ini bisa membuat otot tubuh dan otot lengan menjadi kencang. Mengenai gerakannya, Anda bisa melakukan gerakan seperti berikut ini:

  • Berdiri tegak serta rentangkan kaki
  • Rentangkan tangan di bagian samping badan sejajar dengan pundak. Jika sudah, tekuk badan ke bagian satu sisi sampai semua berat bertumpu di kaki.
  • Posisikan satu kaki di bagian depan sembari ditekuk.
  • Doronglah kdua tangan sampai jauh ke atas, sehingga tubuh akan tertarik dengan sempurna dengan posisi tegak.
  • Tahan kurang lebih 1 sampai 2 menit kemudian bergantian kaki kakan serta kiri.

3. Melakukan Gerakan Mencium Lutut Sembari Berdiri

Melakukan Gerakan Mencium Lutut Sembari Berdiri

Gerakan satu ini ternyata bisa membuat tulang belakang menjadi lentur serta bisa merangsang pertumbuhan badan. Hal ini bida digunakan sebagai salah satu cara meninggikan badan di usia 20 tahun ke atas dengan mudah. Mengenai gerakannya adalah sebagai berikut:

  • Berdirilah dengan tegak di lantai
  • Cobalah untuk membungkuk serta cobalah menyentuh jari-jari kaki dengan perlahan-lahan, dalam hal ini, usahakan posisi kaki tetap lurus
  • Lakukan gerakan ini kurang lebih 1 sampai 2 menit, kemudian ulangi sebanyak 5 kali

4. Lenturkan Kaki dengan Menendang ke Depan

Lenturkan Kaki dengan Menendang ke Depan

Gerakan ini dipercaya bisa membuat otot kaki merenggang serta secara otomatis akan membuat badan bertambah tinggi. Mesikipun terlihat sederhana, ternyata gerakan ini bisa membuat tinggi badan usia 20 tahun bertambah dengan cepat. Mengenai cara melatihnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan berdiir di lantai dengan kaki lurus sejajar bahu
  • Angkat salah satu kaki, kemudian luruskan paha hingga sejajar dengan lantai. Jika sudah kerahkan tenaga untuk bisa melakukan gerakan menendang ke depan tanpa perlu menggerakkan paha.
  • Ulangi gerakan ini secara bergantian mulai dari kaki kiri serta kanan, masing-masing 10 kali dalam jangka waktu 2 sampai 3 menit.

5. Melakukan Gerakan Triangle Pose

Gerakan Triangle Pose

Triangle pose menjadi salah satu gerakan yang dipercaya bisa meningkatkan tinggi badan untuk usia 20 tahun. Hal ini dikarenakan triangle pose akan memperkuat bagian paha, lutut dan pergelangan kaki menjadi lentur dan memanjang. Mengenai caranya adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan posisi kedua kaki direnggangkan
  • Rentangan tangan ke bagian samping hingga sejajar dengan pundak, serta usahakan di dalam posisi lurus
  • Bawalah tangan kanan menuju bagian bawah tepat di belakang kaki. Serta dalam waktu yang bersamaan angkat bagian tangan kiri ke udara
  • Lakukan gerakan ini bergantian serta tahanlah kurang lebih 1 sampai 2 menit

6. Skipping

Skipping

Untuk Anda yang senang bermain lompat tali kini ada kabar gembira. Ternyata lompat tali yang dikenal sebagai olahraga ringan ini bisa membuat tinggi badan cAnda meningkat secara cepat di usia 20 tahun. Mengenai caranya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan skipping setidaknya 100 kali setiap hari dengan jeda setiap 5 hari,
  • Dalam satu minggu lakukan skipping berturut-turur kemudian istirahat selama 2 hari

7. Gerakan Basic Leg Stretch

Gerakan Basic Leg Stretch

Cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun yang ketujuh ini bisa dilakukan dengan mudah. Gerakan satu ini akan menjadikan punggung serta tulang kaki ketarik dengan maksimal. Mengenai caranya adalah sebagai berikut:

  • Duduklah dengan posisi kaki terpisah sejauh mungkin antara satu sama lain
  • Raih bagian ujung kaki menggunakan tangan, usahakan untuk selalu menjaga lulut tetap lurus serta hanya bergerak dari bagian pinggul
  • Lakukan pergantian serta tahan selama Anda mampu
  • Ingat, jangan melengkungkan tulang belakang ke bagian atas

8. Olahraga Basket

Olahraga Basket

Saat ini olaharaga basket menjadi salah satu olahraga yang terbukti efektif dalam membantu pertumbuhan tulang. Olahraga basket sudah lama dimanfaatkan sebagai salah satu olahraga yang bisa meningkatkan tinggi badan dengan cepat di usia 20 tahunan.

Konsumsi Gizidat untuk Menambah Tinggi Badan dengan Mudah

Konsumsi Gizidat untuk Menambah Tinggi Badan dengan Mudah

Untuk bisa menambah tinggi badan dengan mudah di usia 20 tahunan, sebaiknya bekali tubuh dengan nutrisi lain.  Anda bisa mengonsumsi gizidat sebagai pemenuhan nutrisi harian Anda. Gizidat ini aman dikonsumsi siapa saja, serta sudah terbukti mampu mempercepat pertumbuhan tinggi badan. Mengenai informasi lengkapnya bisa dilihat di  https://gizidat.com/ atau bisa menggunakan instagram dengan #Gizidat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *