Cara Mencerdaskan Otak

Cara Mencerdaskan Otak

Kecerdasan dapat disebut sebagai anugerah dari sang pencipta. Namun ternyata kecerdasan tersebut dapat dibentuk karena faktor dari dalam diri sendiri maupun lingkungan. Tidak seyogyanya manusia terlahir cerdas sejak lahir. Dalam hidupnya manusia harus mengasah kemampuannya dan melakukan hal-hal yang mendukung peningkatan kemampuan otaknya.

Menjadi seseorang yang cerdas ternyata gampang-gampang susah. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mencerdaskan otak. Dengan memiliki kecerdasan dapat membantu anda mengembangkan karir dan meraih prestasi. Selain itu, kecerdasan otak terbagi dalam beberapa tingkatan yang wajib untuk diketahui.

Mengukur Kecerdasan Otak Manusia

Mengukur Kecerdasan Otak Manusia

Orang yang cerdas tidak dapat diukur hanya dengan pengamatan terhadapnya saja. Tetapi menggunakan standar khusus yang didapat setelah melakukan tes intelegensia. Ada beberapa jenis tes intelegensia didunia ini dan dapat menunjukkan seberapa cerdas anda. Seperti tes Binet Simon, tes Mosselom, telegram test.

Selanjutnya test deinitie yang dibuat dengan mendefinisikan sesuatu. Wiggly test dilakukan dengan menyusun ulang potongan balok-balok kecil yang pada awalnya merupakan satu kesatuan. Stenguest test dilakukan dengan mengamati benda secara fokus, lalu dirusak dan dimintai membentuk seperti semula. Ada pula absurdity test dengan mencari beberapa keanehan dalam suatu teks cerita.

Medallion test dilakukan dengan cara menyelesaikan gambar yang masih sebagian atau belum selesai. Terakhir adalah educational test atau scholastik test, umumnya diadakan tiap lembaga pendidikan formal. Dari berbagai macam jalan mengukur kecerdasan ini penting untuk diketahui. Sebab, dari sini dapat memberikan sedikitnya gambaran mengenai cara mencerdaskan otak melalui beberapa tips.

Ada beberapa hal yang menjadi perhitungan ketika melakukan tes tersebut. Seperti faktor umur kronologis yakni lamanya seseorang hidup dihitung mulai dari tanggal lahirnya. Kemudian umur mental yang diperoleh dari tes kemampuan akademik. Dari kedua hal tersebut barulah didapatkan hasil test IQ dengan rumus IQ = (MA/CA) x 100%. Tes IQ ini sangat populer dan biasanya diselenggarakan oleh pihak sekolah untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

Tokoh Dunia yang Diakui Kecerdasannya

Tokoh Dunia yang Diakui Kecerdasannya

Berikut ini merupakan tokoh yang berpengaruh didunia sepanjang masa dengan tingkat kejeniusan mencengangkan berdasarkan standar nilai IQ. Penelitian seorang ilmuan dari barat menyebutkan sesuai nilai IQ seseorang dikatakan cerdas jika memiliki nilai IQ diatas rata-rata seperti 200. Tokoh paling berpengaruh didunia karena kejeniusannya adalah Albert Einstein dandiperkirakan memiliki IQ lebih dari 160.

Selanjutnya ada Leonardo Da Vinci seorang pelukis berkebangsaan Italia yang hidup di era Renaisance. Selain menjadi pelukis terkenal lewat karya agungnya ‘monalis’, ternyata da Vinci mahir dalam beberapa bidang ilmu pengetahuan misalnya geologi, matematika, dan mesin. Christoper Langan yang memiliki kecerdasan tinggi dari Amerika Serikat.

Kim Ung-Young, pria berkebangsaan Korea Selatan yang telah menguasai 3 bahasa asing sejak berumur 3 tahun. Saat ini tengah bergabung dengan NASA dan memiliki tingkat IQ sebesar 210. Selanjutnya ada Ainan Cawley merupakan bocah dari Singapura yang pernah menggemparkan dunia karena kejeniusannya. Cawley memiliki kecerdasan diatas rata-rata anak seusianya dengan tingkat IQ sebesar 250.

10 Tips Jitu Mencerdaskan Otak

Berbagai tips jitu ini dapat dijadikan hal pendukung dalam proses mencerdaskan otak dan disebut juga cara mencerdaskan otak individu.

1.Melakukan Dialog Internal Positif

Melakukan Dialog Internal Positif

Cara dramatis ini dipercaya mampu meningkatkan kinerja secara intelektual. Dilakukan dengan mengajari diri anda sendiri atau anak untuk tidak berfikir negatif. Selain itu juga harus membangun rasa percaya diri dengan melakukan latihan dialog internal diri yang positif. Sebagai contohnya adalah ‘Saya mampu melakukan ini semua dan segalanya akan baik-baik saja’ atau ‘Sekarang saya akan melakukannya dengan sebaik mungkin’.

2.Melatih Otak dengan Senam Mental

Melatih Otak dengan Senam Mental

Untuk melakukan latihan senam mental bagi otak melalui sarana game. Sebab, game dipercaya mampu merangsang otak khususnya game strategi. Dalam game ini anda akan dipaksa memecahkan masalah, melakukan penalaran, dan bersabar. Ada beberapa game favorit yang berfungsi sebagai senam mental seperti teka-teki silang, konsentrasi, mencari perbedaan gambar, dan cryptograms.

3.Rajin Membaca

Rajin Membaca

Gemar membaca tidak hanya memperluas pemikiran, namun juga dapat mendorong kecerdasan otak meningkat. Membaca tidak hanya menyita pikiran melainkan mempromosikan suatu ikatan, meningkatkan fokus anda, mampu membangun kosa kata, dan mempertajam memori. Membaca buku dapat dilakukan dimana saja seperti saat bersantai dan sore maupun pagi hari.

4.Interaksi Verbal dalam Rumah

Interaksi Verbal dalam Rumah

Memang terdengar mudah bagi orangtua untuk melakukan komunikasi verbal saat berada di rumah. Dalam hal ini membangun percakapan dengan anak-anak untuk menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan bahasa. Interaksi dilakukan tanpa memandang usia, sangat penting agar dapat meluangkan waktu untuk komunikasi teratur dengan buah hati anda. Disamping itu, setelah proses ini anda harus membiarkan anak mengartikulasikan pikiran sembari memberikan masukan.

5.Lingkungan yang Menstimulasi

Lingkungan yang Menstimulasi

Yang dimaksudkan dengan lingkungan yang menstimulasi yaitu memberikan pelukan hangat kepada anak. Memeluk mereka artinya anda telah mendukung pengembangan kemampuan dalam memproses informasi dengan efektif. Selain itu, cara lainnya yang dapat anda lakukan yakni bercerita sebelum tidur, membawa anak berkunjung ke perpustakaan lokal atau toko buku. Disamping itu, dianjurkan juga untuk mematikan seluruh alat elektronik sehabis jam makan malam selesai.

6.Feed the Mind

Feed the Mind

Kemampuan mental dan kecerdasan dapat ditingkatkan serta dijaga dengan mengkonsumsi nutrisi baik. Anak-anak yang memiliki gizi baik akan bergerak lebih efektif. Untuk informasi mengenai produk gizi dapat dilihat di website http://gizidat.com. Berikut ini merupakan asupan nutri yang penting seperti buah citrus, ikan laut, sayuran hijau untuk melindungi sel otak, dan daging tidak berlemak.

7.Mendengarkan Musik Klasik

Mendengarkan Musik Klasik

Penelitian menunjukkan bahwa dengan musik serta ritme klasik bisa meningkatkan kinerja akademik terhadap anak. Dari beberapa kasus ditemukan beberapa anak lebih mudah untuk fokus dengan pekerjaan rumah beriringan dengan mendengarkan musik klasik dan instrumental. Musik juga dapat memberi ketenangan disaat stress.

8.Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan Aktivitas Fisik

Manusia normal umumnya tidak bisa hanya berdiam diri ditempat dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk membangun fisik yang aktif. Seperti dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Darah yang mengalir sampai ke otak ini mengandung oksigen. Sehingga meningkatkan konsentrasi, fokus, daya pikir, dan kejelasan.

9.Menjauhkan Diri Dari Aktivitas Elektronik

Menjauhkan Diri Dari Aktivitas Elektronik

Anda harus sadar bahwa aktivitas didepan layar elektronik seperti smartphone, TV, komputer, dan tablet dapat meningkatkan respon stress. Dengan pemakaian barang elektronik berlebihan dapat menimbulkan kecanduan dan berdampak pada masalah kognitif. Selain itu, suasana hati dapat berubah, dan kualitas kesehatan tubuh dapat menurun.

10.Jam Istirahat yang Cukup

Jam Istirahat yang Cukup

Setiap manusia memiliki jam tidur normal 6 sampai 10 jam yang memberikan relaksasi bagi badan dan pikiran. Disamping itu, memiliki jam istirahat cukup dapat menjaga kesehatan tubuh, spiritual, emosional, dan mental. Penting bagi para orangtua untuk mengajarkan kepada anaknya agar mampu mengatur waktu tidur misalnya tidur selama 7 sampai 10 jam per harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *