Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupaka harta yang tak bisa dinilai harganya. Oleh karena itu lah agar tetap sehat orang rela melakukan appun. Berbagai macam cara menerapkan pola hidup sehat  dilakukan baik yang secara medis maupun non medis, dari yang logis hingga hal bernuansa supernatural merupakan ragam usaha yang banyak dilakukan orang dari berbagai kalangan agar senantiasa sehat atau mendapatkan kesehatannya kembali.

Tak jarang juga orang menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga menabrak aneka norma dan logika. namun sebenarnya menjaga diri agar tetap sehat sangatlah mudah, bahkan mungkin tidak memerlukan biaya. Berikut ini kami sajikan beragam pola hidup sehat yang dapat dijadikan rujukan Anda agar tetap sehat dan senantiasa bahagia dalam menjalani hidup.

Berbagai cara menerapkan pola hidup sehat

  1. Perbanyak konsumsi air minum

Sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kekurangan konsumsi air minum. Hal ini tentu perlu Anada perhatikan sebab seperti yang kita ketahui bahwa air sangatlah penting bagi tubuh kita. Selain itu juga karena kita kerap kali kehilangan air setiap harinya melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga sangat diperlukan untuk mengisi asupan air kita.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah air yang kita butuhkan sangat tergantung pada berbagai faktor. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan.

  1. Tidur dan beristirahatlah yang cukup

Tidur dan istirahat yang cukup merupakan salah satu kunci dari pola hidup yang sehat. Hal ini sungguh beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat agar bisa beraktifitas kembali dengan maksimal. Namun jika Anda tidak cukup istirahat, Anda dapat mengkompensasinya dengan cara makan lebih banyak, namun hal ini tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Tetaplah istirahat yang cukup.

  1. Berolahraga Teratur

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berolahraga setiap hari akan membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk salah satunya peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko terkena penyakit, kepadatan tulang hingga penurunan berat badan.

Jika tidak memiliki waktu untuk berolahraga dengan pergi ke pusat kebugaran, Anda dapat melakukan aktifitas berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti naik tangga sehingga menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan sangat murah

  1. Lakukan olahraga sebagai bagian dari kesenangan

Anda akan secara alami ingin berolahraga ketika Anda sangat menikmatnya. Karena olahraga yang terpaksa justru hanya akan menimbulkan penderitaan yang bukanya membuat Anda ingin terus melakukannya namun malah menjadi malas untuk berolahraga. Jadi pilihlah olahraga yang Anda senangi lalu lakukanlah secara rutin.

  1. Berolahragalah seperti bermain

Berikanlah tubuh lebih banyak olahraga berkelompok yang menyenangkan, seperti basket, futsal atau sepak bola, tenis, badminton, bola voli dan masih banyak lagi. Olahraga secara berkelompok akan menyenangkan karena Anda akan sekaligus bersosialisasi dengan orang lain sambil melakukan aktivitas olahraga yang sehat.

  1. Meditasi

Meditasi dengan menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Ketenangan sendiri tentulah sangat bermanfaat bagi kesehatan karena hal ersebut dapat menjauhkan Anda dari stress yang merupakan sumber dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Cintailah diri Anda sendiri

Dengan mencintai diri Anda sendiri tentu Anda akan terhindar dari dampak buruk stres yang berakibat buruk juga bagi kesehatan. Selain itu Anda dapat mengambil lebih banyak manfaat melalui pemikiran positif dan cara pandang Anda tentang hidup. Serta dengan mencintai diri Anda di kehidupan yang lebih luas ini pun akan menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih bahagia disetiap harinya.

  1. Konsumsi lebih banyak buah

Perbanyaklah konsumsi buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak sekali pilihan jenis buah yang dapat dikonsumsi leh Anda yang selain menyehatkan juga menyegarkan dan enak.

  1. Konsmsi lebih banyak sayuran

Layaknya  buah-buahan, sayuran tentu penting bagi kesehatan kita. Para ahli menyarankan untuk kita setidaknya dapat mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan dan sayuran, disetiap harinya. Namun memang kebanyakan orang kurang menyenangi hidangan sayur-sayuran, dan tentu hal tersebut tidak baik untuk kesehatan kita. Kita harus membiasakan menyukai hidangan sayur-sayuran

  1. Pilih makanan berwarna cerah sebagai antioksidan

Buah-buahan dan sayur-sayuran dengan warna cerah biasanya memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan tentu sangat diperlukan oleh tubuh sebab zat tersebut dapat menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda.

Jadi mungkin Anda sangat direkomendasikan untuk mulai mengkonsumsi sayur dan buah dengan warna-warna yang cerah, seperti misalnya; Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Apel, Stroberi, Tomat, Semangka), putih (Pisang, jamur), dan lain sebagainya.

  1. Hindari cara makan yang melibatkan emosional

Tak jarang ketika seseorang sedang stress atau merasa tertekan akan membuat orang tersebut makan lebih banyak dari biasanya, hal tersebut merupakan bencana bagi kesehatan. Karena cara makan yang melibatkan emosi didalamnya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, yang paling terlihat salah satunya adalah obesitas.

  1. Berhenti makan ketika Anda merasa kenyang

Kebanyakan dari kita seringkali memiliki pola makan yang tidak menentu. Terkadang kita makan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit. Tak jarang juga situasi sosial turut mendukung seperti misalnya ketika kita sedang berada di tengah pesta. Tetap ingatlah bahwa Anda bukanlah mesin pengiling makanan yang bisa menghabiskan seluruh hidangan dimeja pesta.

  1. Katakan tidak untuk makanan berminyak

Kurangilah asupan makanan Fast Food atau cepat saji, gorengan serta makanan yang mengandung banyak minyak lainnya yang hanya akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

  1. Kendalikan Gula

Tahan hal-hal yang terlalu manis, seperti permen, coklat, cake dengan toping yang terlalu manis. Mungkin semua itu sangatlah enak dan luar biasa dipandang mata apalagi ketika makanan tersebut menyentuh lidah, tapi ingatlah kesehatan Anda adalah mutlak adanya. Karena gula dapat mengakibatkan penyakit yang sangat buruk bagi kesehatan.

  1. Kurangi konsumsi soda dan kafein

Sifat soda dan kafein yang diuretik – yang berarti mempercepat laju produksi urin, tentu akan berpengaruh pada pengurangan asupan air dalam tubuh secara cepat pula. Sebaiknya ganti kafein atau soda dengan jus buah bebas gula yang lebih banyak mengandung air dan lebih enak pula tentunya.

  1. Hindari menkonsumsi alkohol

Seperti halnya kafein, alkohol adalah diuretik, namun tidak hanya itu, alkohol sangat terbukti memiliki efek negatif pada tubuh dan kesehatan– seperti mempengaruhi penurunan fungsi otak, hati, paru-paru, dan organ tubuh utama yang lain. Jika Anda adalah seorang peminum alkohol, kini saatnya untuk Anda hentikan hal itu.

  1. Berhenti merokok

Telah banyak terbukti yang menunjukan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan, mulai dari resiko kanker mulut hingga kanker paru paru atau bahkan penyakit lainnya. Jadi jika Anda seorang perokok, maka berhentilah  merokok sekarang.

  1. Lakukan lebih banyak aktivitas luar ruangan

Beraktifitas diluar ruangan akan sangat menyenangakan bagi anda, terutama bagi Anda yang sering berada di kantor dan hampir menghabiskan waktu di dalam ruangan. Ada baiknya bagi Anda meluangkan waktu di akhir pekan bersama kawan atau keluarga dan melakukan banyak aktifitas diluar ruangan di bawah sinar matahari dan udara segar. Hal itu dapat memberi dampak baik pada kesehatan.

  1. Pilihlah camilan sehat

Saat lapar namun waktu makan belum tiba ada baiknya memilih camilan sehat seperti snack rendah kalori yang saat ini sudah banyak tersedia namun mengkonsumsi buah-buahan tetap lebih direkomendasikan.

  1. Minumlah smoothies sayur dan buah

Smoothies sayur dan buah tentu tentu sangat menyehatkan, disamping enak dan segar anda dapat memperoleh banyak manfaat dari buah dan sayur sekaligus tentunya.

  1. Mengkonsumsi Gizidat sebagai penunjang

Cara menerapkan pola hidup sehat yang terakhir dengan mengonsumsi gizidat. Kandungan utama pada Gizidat adalah madu hutan, curcuma dan ekstrak ikan sidat yang secara otomatis kandungan alaminya inilah yang merangsang Anada agar mudah makan. Penyerapan vitamin alami dari makanan yang dicerna dapat lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *