Cara Mengasah Otak

Cara Mengasah Otak

Otak adalah organ yang sangat penting dan terletak di bagian dalam kepala. Otak juga merupakan organ yang mengurusi tentang segala memori yang kita alami atau rasakan. Hal yang paling kerap terjadi adalah lupa mengingat sesuatu. Hal ini karena kita kerap kali kurang mengasah otak. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal ini, termasuk cara mengasah otak dengan mudah.

Tak hanya saat menjadi pelupa tiba-tiba, namun latihan mengasah otak agar pikiran tetap tajam pada usia berapapun juga penting. Anda perlu mengetahui beberapa tips mengasah otak yang baik dan tidak terlalu sulit untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Cara Mengasah Otak

  1. Terus Belajar

Para ahli berpikir bahwa terus belajar tentang sesuatu yang baru dapat membantu menjaga ingatan tetap kuat dengan membiasakan seseorang untuk aktif secara mental. Menantang otak Anda dipercaya untuk mengaktifkan proses yang membantu mempertahankan sel-sel otak individu dan merangsang komunikasi di antara mereka.

Banyak orang memiliki pekerjaan yang membuat mereka tetap aktif secara mental, namun kegiatan seperti hobi, mempelajari keterampilan baru, atau menjadi sukarelawan untuk proyek yang melibatkan keterampilan yang biasanya tidak Anda gunakan, dapat berfungsi dengan cara yang sama dan merupakan salah satu cara mengasah otak.

  1. Gunakan semua indera Anda

Semakin banyak indera yang Anda gunakan dalam mempelajari sesuatu, semakin banyak otak Anda yang akan terlibat dalam mengasah otak. Bahkan, ada sebuah penelitian yang melibatkan orang dewasa memadukan indera penglihatan dan indera penciuman dengan melihat gambar dan disajikan bersama aroma.

Dan hasil penelitian menunjukkan orang-orang ini memiliki daya ingat yang sangat baik untuk semua gambar yang dipasangkan dengan aroma, terutama bagi mereka yang berhubungan dengan aroma yang menyenangkan.

Hal ini merupakan salah satu proses indera penciuman utama otak yang menjadi aktif ketika orang melihat benda yang semula dipasangkan dengan aroma, meskipun baunya tidak lagi ada dan subjek tidak mencoba mengingatnya. Jadi tantang semua indera Anda saat Anda menjelajah ke tempat yang asing.

  1. Percaya pada diri sendiri

Mitos tentang penuaan dapat memengaruhi otak. Orang yang berusia setengah baya dan lebih tua melakukan lebih buruk pada tugas yang harus mengingat sesuatu. Mereka beranggapan jika mereka kerap lupa dari dalam hatinya. Cara mengasah otak yang mudah yakni, jika Anda yakin bisa meningkatkan dan menerjemahkan keyakinan itu ke dalam diri sendiri.

  1. Prioritaskan penggunaan otak Anda

Jika Anda sudah mudah melupakan dimana meletakkan barang atau melupakan acara yang harus dihadiri, manfaatkan kalender dan perencana, peta, daftar belanja, folder file, dan buku alamat agar informasi rutin tetap dapat diakses. Tentukan tempat di rumah untuk barang penting seperti kacamata, dompet, kunci, dan barang-barang lain yang sering Anda gunakan.

  1. Ulangi apa yang ingin diketahui

Saat Anda ingin mengingat sesuatu yang baru saja didengar, dibaca, atau dipikirkan, cobalah untuk mengulangi dengan keras atau tuliskan. Dengan begitu, Anda memperkuat memori dan mengasah otak otomatis. Misalnya, jika baru saja diberi tahu nama seseorang, gunakan nama itu saat Anda berbicara dengannya: “Jadi, Nisa dimana kamu mulai bertemu dengan bosmu?”

  1. Lakukan pengulangan

Pengulangan memang cara yang paling ampuh sebagai alat belajar mengasah otak dan ingatan. Yang terbaik adalah Anda tidak mengulangi sesuatu berkali-kali dalam waktu singkat, seolah-olah Anda sedang melakukan ujian. Cara yang lain bisa dipelajari kembali setelah periode waktu yang semakin lama misalnya, satu jam, lalu setiap beberapa jam, lalu setiap hari.

  1. Berlatih meditasi untuk mengurangi stres.

Studi menunjukkan bahwa stres kronis dapat merusak otak. Jadi, selain berlatih mengasah otak, Anda dapat membantu melindungi dan memperkuat otak dengan melakukan kegiatan atau kebiasaan gaya hidup yang mengurangi tekanan respons stres Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui mengembangkan latihan meditasi, bahkan jika itu hanya 10 hingga 20 menit sehari. Anda dapat berlatih latihan yang berfokus pada nafas, meditasi mindfulness, yoga, Tai Chi, atau melakukan latihan spiritual atau ritual, seperti doa.

  1. Ikuti latihan kognitif

Pikiran tetap tajam ketika plastisitas otak dipertahankan. Plastisitas otak mengacu pada kemampuan otak untuk terus berubah sepanjang hidup seseorang. Dan plastisitas ini dapat dipertahankan dan alangkah lebih baiknya  lagi ditingkatkan. Hal-hal seperti terlibat dalam latihan-latihan kognitif, yang menantang kemampuan intelektual Anda.

Anda bisa bermain catur, belajar bahasa baru, atau main sulap. Boardgames dapat merangsang pemikiran dan koordinasi tangan-mata Anda. Anda bahkan dapat melakukan cara lain yang sederhana seperti mempelajari arah baru untuk mengemudi ke kantor, mengetik, atau menggabungkan indera, misalnya makan sambil mendengarkan musik dengan mata tertutup.

  1. Latih tubuh untuk otak Anda

Penelitian menunjukkan bahwa latihan fisik meningkatkan fungsi kognitif. Salah satu alasannya mungkin karena ia meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), sebuah protein yang meningkatkan pembelajaran, memori dan pemikiran yang lebih tinggi dengan merangsang pertumbuhan neuron baru dan membantu neuron yang ada tetap hidup.

Yoga atau tai chi juga memungkinkan Anda berlatih koordinasi, aliran gerakan, keseimbangan, dan keterlibatan berbagai kelompok otot. Dan jangan lupa untuk melakukan latihan aerobik juga, minimal selama 15 menit beberapa kali seminggu.

  1. Menghindari gula

Mengonsumsi gula dalam jumlah banyak bisa berbahaya bagi otak, menyebabkan peradangan, stres oksidatif dan regulasi insulin yang buruk. Anda bisa memilih vitamin dengan kandungan madu hutan alami memberi nutrisi yang maksimal dari lebah-lebah liar, temulawak adalah bahan yang dipercaya ratusan tahun di Nusantara dalam meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Atau protein sidat yang memiliki kandungan protein yang tinggi bahkan melebihi salmon norwegia. Deretan kandungan tersebut dapat anda temukan di produk Gizidat.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Cara mengasah otak dengan asupan yakni tak hanya dari asupan gula yang rendah, tetapi juga dari mendapatkan lebih banyak antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, pembelajaran, dan kinerja kognitif Anda secara keseluruhan.

Makanan kaya antioksidan termasuk buah beri, terutama blueberry, buah-buahan dan sayuran seperti wortel, bayam dan anggur merah, dan minuman seperti teh hijau, anggur merah, dan kopi, serta cokelat hitam dalam jumlah sedang.

  1. Tidur sesuai waktunya

Otak anda tidak dapat sepenuhnya beroperasi saat kurang tidur, termasuk keterampilan kognitif, memori, dan kemampuan Anda untuk berpikir jernih atau berkomunikasi. Jika Anda merasa tidak cukup istirahat, lihat apakah Anda membutuhkan lebih banyak jam tidur atau apakah itu masalah meningkatkan kualitas tidur.

Pertimbangkan dengan aplikasi yang memantau seberapa tenang Anda tidur, atau melakukan studi tidur yang dilakukan oleh dokter Anda. Anda mungkin harus bangun terlalu pagi untuk mendapatkan jumlah jam yang tepat. Jika ini masalahnya, pertimbangkan untuk tidur siang, yang dapat membantu Anda mengejar kurang tidur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *