Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun

Pada usia 1 tahun, anak mulai mengalami masa transisi dari ASI ke makanan padat yang seringnya menyebabkan anak mengalami susah makan dan membuat ibu menjadi panik. Penyebab anak menjadi seperti ini bisa jadi karena faktor lingkungan, alergi terhadap makanan atau bisa juga terpecah fokus anak tersebut akibat sesuatu hal. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun.

Penyebab Anak Usia 1 Tahun Susah Makan

Pada usia 1 tahun, kebanyakan anak mulai banyak bergerak dan sudah dapat memilih makanan yang ia sukai. Di masa-masa seperti inilah biasanya anak-anak juga mulai mengalami fase susah makan dan membuat para orang tua kebingungan dengan hal yang harus dilakukannya.

Namun, lebih baik cari tahu dahulu apa penyebab dari anak yang menjadi susah makan lalu bagaimana cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering kali menjadi penyebab anak menjadi susah makan.

1. Anak mulai memilih makanan yang ia sukai

Ketika anak sudah berada di fase memilih makanan, ia akan cenderung hanya memilih makanan yang ia sukai. Ia akan cepat bosan ketika diberi makanan yang tidak bervariasi dan tidak enak menurutnya. Dalam kasus seperti ini, anak-anak cenderung akan memilih minum susu disbanding makanan padat yang menurutnya tidak enak.

Anak mulai memilih makanan yang ia sukai

Ditambah lagi, anak-anak mungkin dapat memilih makanan cepat saji atau makanan manis yang menurutnya lebih enak karena mempunyai penyedap rasa yang berlebih, padahal itu tidak baik untuk tumbuh kembangnya.

2. Waktu anak banyak dihabiskan di depan TV atau Gadget

Waktu anak banyak dihabiskan di depan TV atau Gadget

Berkembangnya teknologi menjadikan para orang tua cenderung memberikan TV atau gadget sebagai sarana anak bermain. Dalam beberapa hal memang ini sangat dibutuhkan agar anak menjadi lebih memahami teknologi yang ada, namun jika berlebihan hal ini akan menjadikan anak tersebut tidak bisa lepas dari hal tersebut. Hal ini juga menjadi tidak baik bagi tumbuh kembang anak. karena akan mengganggu konsentrasi dan merusak selera makan.

3. Pencernaan Anak menjadi Kurang baik

Pencernaan Anak menjadi Kurang baik

Berubahnya makanan yang di konsumsi anak dari ASI (makanan cair) menjadi makanan padat dapat menyebabkan pencernaan menjadi kurang baik atau BAB tidak lancar. Saat anak mengalami ini, anak akan cenderung menjadi takut untuk memakan makanan padat karena nantinya saat sembelit ia akan mengalami sakit saat BAB. Untuk itu, para ibu harus memberikan vitamin serta gizi yang cukup agar pencernaan anak baik dan teratur.

4. Anak Baru Sembuh Dari Sakit

Anak Baru Sembuh Dari Sakit

Sakit merupakan penyebab yang paling sering ditemukan dalam permasalahan anak susah makan. Pada kasus ini, atau dalam keadaan sakit, biasanya nafsu makan anak menjadi berkurang secara drastis. Tumbuhnya gigi yang disertai demam pun dalam menyebabkan anak jadi susah makan.

5. Anak tidak merasa lapar

Anak tidak merasa lapar

Kadang orang tua lupa bahwa takaran makan anak berbeda dengan orang dewasa. Yang orang tua inginkan hanyalah memberikan anaknya makanan bergizi dan cukup untuk tumbuh kembang anaknya. Tapi, coba diingat-ingat, apakah satu hari atau beberapa jam sebelum sang anak sudah mengkonsumsi makanan atau camilan yang cukup banyak? Jika iya, pantas saja anak menjadi susah makan, Karena ia masih merasa kenyang.

Perlu diingat bahwa takaran makan anak hanya 1/3 dari takaran makan orang dewasa ya!

Pola makan yang salah seperti terlalu sering memberikan snack, camilan susu, coklat dan makanan ringan lainnya juga dapat membuat anak menjadi tidak sering merasa lapar dan mengalami kebosanan pada makanan padat yang diberikan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun 

Jika ibu sudah tau apa penyebab anak susah makan, kali ini bahas cara mengatasinya ya! Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun bias dibilang susah-susah gampang. Namun ada berbagai banyak cara yang dapat dicoba untuk mengatasinya.

1. Jangan memaksa anak untuk makan

Jangan memaksa anak untuk makan

Seringnya ketika dihadapkan dengan permasalahan ini, orang tua cenderung memaksa anak untuk makan karena ia khawatir anaknya tidak memiliki asupan yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Dirasa hal ini akan berhasil, namun cara ini ternyata tidak efektif sama sekali karena dengan cara memaksa, anak akan semakin tidak mau makan dan akan menjadi takut.

Untuk itu, cobalah dengan cara membujuk anak dengan memberikan pilihan makanan yang ia sukai.

2. Membuat Makanan yang Bervariasi

Membuat Makanan yang Bervariasi

Membuat makanan yang bervariasi dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah makan anak usia 1 tahun. Karena saat usia 1 tahun anak sudah mulai bisa memilih apa yang dirasa enak dan tidak,

variasikanlah makanan dengan sayuran serta protein secara bergantian setiap 2-3 hari sekali. Bentuklah makanan dengan karakter favorit anak seperti proses pembuatan bento ala Jepang. Bisa juga tambahan cemilan seperti biscuit, roti atau jus disela makan siang dan sore. Jangan  lupa untuk selalu memberikan makanan dengan gizi yang seimbang agar vitamin anak tercukupi dengan baik.

3. Buatlah Suasana Yang Menyenangkan Ketika Makan

Makan bersama keluarga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengajarkan anak disiplin dalam hal makan. Selain itu, anak juga dapat paham bahwa ia berkewajiban untuk makan seperti yang dilakukan keluarganya.

Buatlah Suasana Yang Menyenangkan Ketika Makan

Berikanlah alat makan yang menarik perhatiannya. Jangan lupa juga untuk menjauhkan anak dari jangkauan TV ataupun gadget, agar anak dapat fokus dengan makanan yang adA di depannya.

Orang tua juga dapat mengajak anak untuk bermain ke taman atau luar rumah, berkumpuk bersama teman-teman sepermainannya. Agar ia dapat lebih lahap saat menyantap makanan sambil bermain bersama teman-temannya. Biasanya anak-anak akan menjadi lahap saat ia makan sambil bermain bersama temannya.

4. Gizidat, Madu Anak Untuk Menambah Nafsu Makan

Selain beberapa cara di atas, vitamin serta nutrisi yang cukup juga diperlukan untuk menambah nafsu makan pada anak. Salah satu produk yang sudah teruji untuk mengatasi hal ini adalah Gizidat. Gizidat merupakan madu anak dengan kandungan alami seperti madu, kurkumin dan juga sidat.

Gizidat, Madu Anak Untuk Menambah Nafsu Makan

Kandungan kurkumin atau temulawak ini dapat menambah nafsu makan pada anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya. Kehebatan bahan ini telah dipercaya oleh nusantara dalam permasalahan nafsu makan. Sidat sendiri adalah hewan sejenis belut yang memiliki protein cukup tinggi melebihi protein yang terdapat pada ikan salmon norwegia. Sidat juga termasuk hewan yang memiliki jumlah tertinggi untuk eksport ke Jepang loh!

Jika kamu ingin lebih tau mengenai produk madu berkualitas ini, kamu dapat langsung mengakses webnya di gizidat.com

Dari artikel di atas, apakah ibu serta para orang tua dapat lebih mengenai penyebab serta cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun? Atau para orang tua pembaca mempunyai cara lainnya? Jika ada, bisa tulis di laman komentar agar kami bisa saling diskusi masalah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *