Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Permasalahan yang sering terjadi pada anak adalah susahnya anak untuk makan. Ya tentu saja sebagai orang tua, anda akan merasa khawatir jika anak susah makan. Orang tua tentu akan mencari berbagai cara mengatasi anak susah makan.

Memahami kebutuhan nutrisi pada anak memang terbilang tidak mudah. Pertumbuhan pada anak sangat erat kaitannya dengan nutrisi yang dikonsumsi. Nutrisi sangat dibutuhkan oleh anak karena pada masa ini tubuh melakukan proses pertumbuhan yang sangat pesat. Berikut trik ampuh untuk memenuhi nutrisi untuk anak anda:

Manajemen Waktu Pemberian Makan

  1. Buat jadwal pemberian makan secara rutin

Anda harus memperhatikan jadwal pemberian makan secara rutin untuk si kecil. Anak akan merasa terbiasa dengan jadwal makannya sendiri. Menerapkan jadwal makan untuk anak akan berpengaruh pada kebiasaan makan buah hati anda ketika sudah dewasa.

  1. Jangan paksa anak untuk makan terus

Memaksa anak untuk makan pada jam yang tidak sesuai dengan keinginan anak justru akan membuat anak ngambek dan mogok makan. Ketika anak malas untuk makan anda jangan langsung memaksa dan memarahinya, anda cukup membujuknya dengan halus.

  1. Beri makan lebih sering setiap hari

Jika buah hati anda susah makan, anda tidak perlu menyiapkan makanan dengan porsi yang besar. Hal ini justru membuat anak bosan untuk makan. Cukup berikan porsi kecil dan berikan makan lebih sering setiap harinya. Anda bisa memberikan makan tiap 3 jam dengan porsi kecil.

  1. Buat jadwal pemberian camilan sehat

Anak cenderung susah jika disuruh makan makanan berat yang banyak mengandung karbohidrat. Cara mengatasi anak susah makan ini dapat dilakukan dengan memberikan camilan sehat di sela-sela makanan berat yang diberikan pada anak. Dengan demikian nutrisi anak tetap terpenuhi.

Manajemen Variasi Makanan

  1. Berikan asupan makanan sesuai dengan usia anak

Asupan makanan yang diberikan harus disesuaikan dengan usia anak. Perhatikan tekstur dari makanan yang anda berikan dengan usia dan kondisi pencernaan anak. Anda cukup memberikan makanan bertekstur lembut seperti bubur pada anak usia di bawah 1 tahun. Kemudian coba latih anak untuk makan makanan yang lebih kasar seperti nasi pada usia di atas 1 tahun.

  1. Perhatikan zat gizi yang terkandung dalam makanan

Anak sangat membutuhkan mineral dan vitamin. Untuk itu, pastikan makanan yang anda berikan untuk anak banyak mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Mineral dan vitamin dapat anda temukan di buah dan sayuran. Selain itu, anak juga membutuhkan asupan protein yang cukup untuk pertumbuhannya. Anda dapat memberikan anak kacang-kacangan, ikan, telur, dan daging.

  1. Berikan tampilan makanan yang menarik

Tampilan yang menarik pada makanan akan menggugah selera makan anak. Ketika anda mempercantik tampilan makanan anak, anak akan tertarik dan kemudian memakannya dengan senang. Anda juga dapat membawakan bekal makanan anak di sekolah dengan berbagai tampilan sesuai dengan karakter yang disukai oleh anak anda.

  1. Perhatikan rasa yang disukai anak

Perhatikan rasa makanan yang disukai oleh anak. Anda cenderung suka dengan makanan yang manis atau gurih. Hindari pemberian makanan yang pedas atau masam untuk anak. Selain karena anak tidak terlalu suka, sistem pencernaan anak juga tidak cocok dengan makanan yang pedas dan masam.

  1. Buat jadwal menu makanan yang bervariasi

Buatlah jadwal menu makanan yang bervariasi. Jika menu makanan yang anda sediakan hanya itu itu saja, anak akan cenderung bosan dan malas untuk makan.

  1. Perkenalkan menu makanan baru

Menu makanan baru dapat anda buat sebagai cara mengatasi anak susah makan. Tetapi perhatikan pula zat gizi yang terkandung dalam menu makanan baru untuk anak. Perkenalkan jenis makanan yang anda berikan untuk anak anda.

  1. Tambahkan suplemen makanan vitamin Gizidat

Tambahan suplemen makanan juga dapat anda berikan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Suplemen makanan yang terbukti ampuh adalah vitamin Gizidat. Gizidat adalah suplemen yang diformulasikan dengan 3 bahan pilihan yaitu madu hutan, kurkumin dan sidat yang dijamin dapat membuat nafsu makan anak bertambah. Selain itu, gizidat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Manajemen Lingkungan dan Kesehatan Anak

  1. Perhatikan suasana hati anak

Suasana hati sangat berpengaruh besar pada nafsu makan anak. Jika anak sedang ngambek atau marah, anak cenderung lebih sulit makan dibandingkan biasanya. Untuk itu, anda harus memahami suasana hati anak dengan baik sebelum memberi makanan.

  1. Berikan peralatan makan yang menarik

Peralatan makanan yang menarik dapat anda gunakan sebagai cara mengatasi anak susah makan. Pilihlah peralatan makanan sesuai dengan karakter tokoh yang anak sukai. Dengan demikian anak akan senang menggunakannya.

  1. Ajak anak sambil bermain

Mengajak anak makan sambil bermain juga dapat anda lakukan jika anak anda susah makan. Ketika anda menyuapi anak sambil bermain, rasa bosan anak akan menjadi berkurang. Dengan demikian, makanan yang dimakan anak akan lebih banyak dan cepat habis.

  1. Ajak anak untuk jalan-jalan

Jalan-jalan dan melihat jalanan atau lingkungan sekitar dapat anda lakukan ketika menyuapi buah hati anda. Selain itu, anda dapat mengenalkan lingkungan untuk anak sehingga rasa bosan anak terhadap makanan dapat teralihkan. Dengan demikian porsi makanan yang anda berikan akan dihabiskan oleh anak.

  1. Berikan reward (penghargaan) pada anak

Anak cenderung suka dengan pemberian reward. Pemberian reward dapat menyebabkan anak merasa lebih dihargai. Berikanlah reward atau penghargaan kecil seperti berkata “anak pintar” jika anak telah habis memakan makanan yang anda berikan.

  1. Ajak anak untuk menyiapkan makanan

Mengajak anak untuk menyiapkan makanan dapat anda lakukan jika anak sudah berusia di atas 5 tahun. Dengan demikian, anak akan cenderung lebih paham dengan makanan yang akan dia makan. Selain itu, mengajak anak untuk menyiapkan makanan dapat digunakan sebagai bekal ketika buah hati sudah dewasa nanti.

  1. Perhatikan apakah anak sakit

Kehilangan nafsu makan bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan anak yang tidak baik. Perhatikan apakah anak menderita demam, sakit tenggorokan, atau BAB yang tidak normal. Ketika anak sakit, maka tubuh anak akan lesu dan lemas sehingga anak susah makan.

  1. Berikan jenis makanan yang sesuai dengan kesehatan anak

Berikan jenis makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan anak. Jika konsistensi BAB anak encer, maka anda harus memperhatikan asupan cairan yang cukup untuk anak. Berikan makanan kaya serat dan berikan minum yang banyak untuk anak.

  1. Konsultasikan dengan dokter

Jika anak memiliki nafsu makan yang sangat buruk ditambah dengan penurunan berat badan secara signifikan, anda harus mengkonsultasikan dengan dokter. Dengan demikian, dokter akan memberikan terapi sebagai cara mengatasi anak susah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *