Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Perasaan seorang ibu pasti akan gusar ketika anak susah sekali untuk makan. Hal ini karena anak membutuhkan nutrisi yang baik selama kembang tumbuhnya. Jika anak anda mulai susah makan, maka anda perlu mencari tahu cara mengatasi anak yang susah makan. Jadi, anda perlu tenang dan jangan panik saat anak anda mulai tidak ingin membuka mulutnya dengan gampang.

Permasalahan anak susah makan juga memiliki banyak faktor di belakangnya. Hal ini juga akan memengaruhi hal yang bisa mengatasi penyebabnya. Untuk itu, anda perlu banyak membaca untuk mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi atau bahkan mengatasi anak yang susah makan ini. Tidak lupa, perhatikan bagaimana kembang tumbuh anak anda saat ingin mengatasi permasalahan ini.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

  1. Biarkan anak anda makan sendiri

Biarkan anak anda makan sendiri

Biarkan anak Anda makan sendiri dan makan dengan kecepatannya sendiri. Anda dapat menyediakan banyak variasi makanan saat makan dalam jumlah yang bisa diatur. Dan biarkan anak anda yang bertanggung jawab atas apakah dan berapa banyak dia makan.

Anda hanya perlu mengawasi kelancaran anak anda saat menyantap makanannya. Hal ini akan membuat anak anda lebih rileks saat makan tanpa tekanan. Jadi, anak anda dapat menikmati makanannya sendiri dengan baik.

  1. Ajak anak anda mempersiapkan makanan

Ajak anak anda mempersiapkan makanan

Cara mengatasi anak yang susah makan lainnya adalah membiarkan anak-anak Anda mempersiapkan makanannya. Dalam hal ini, ada beberapa cara untuk melibatkan anak-anak Anda dalam proses makan. Saat anda mempersiapkan camilan, biarkan anak anda memilih. Misalnya anda menyediakan beberapa macam buah.

Bawalah anak anda berbelanja dan lihat apa yang ingin mereka raih. Beri mereka 2-3 pilihan di setiap bagian dari toko kelontong. Anda bisa mengajaknya bicara dan menawarkan buah-buahan atau sayur yang anda pilih. Anda juga bisa memilih kue kering, biskuit, atau camilan yang pas untuk usia anak anda.

  1. Beri pilihan makanan lain

Beri pilihan makanan lain

Anda bisa datang dengan beberapa menu makanan yang baru atau pilihan camilan berbeda untuknya. Saat ini sudah banyak menu makanan yang dibagikan oleh website ibu dan anak, website kesehatan, atau forum online. Namun, anda perlu memerhatikan bahan makanan yang akan anda pilih untuk anak.

  1. Ajarkan mencoba makanan baru

Ajarkan mencoba makanan baru

Saat bosan, anda mungkin akan memberikan varian baru, namun jika anak anda menghindarinya lebih dahulu, anda bisa mencoba cara mengatasi anak yang susah makan dengan berikut ini. Anda dapat menyampaikan bahwa tidak papa tidak menyukainya, namun ajarkan jika anak anda harus mencicipinya.

Buat makanan lebih menarik dengan menghiasnya atau menatanya dengan baik. Hal ini membuat anak anda akan lebih tertarik.

  1. Biarkan anak anda fokus

Biarkan anak anda fokus

Anda dapat mengalihkan perhatian anak hanya kepada makanan saja. Jadi, cara mengatasi anak yang susah makan karena tidak fokus pada makanan, anda dapat menghadapkannya pada makanan saja. Tetapkan batasan pada makanan dengan tidak membiarkan layar atau mainan di meja saat makan.

Anda juga dapat meletakkan tumpuan kaki di bawah kursi anak Anda sehingga mereka merasa seolah-olah kaki mereka stabil ini membuatnya lebih fokus pada makanan. Makan makanan keluarga bersama, tanpa gangguan TV, gadget, game, dan buku. Pilih lokasi yang pas dan nyaman untuk makan dan camilan, seperti dapur dan kursi tinggi, atau tempat biasa lainnya.

  1. Mengurangi porsi

Mengurangi porsi

Cobalah sekali-kali mengurangi porsi anak anda. Bisa saja, anak anda akan mulai makan lagi dan bahkan meminta lebih banyak. Anda dapat melayani anak dengan menambah makanan namun tetap memastikan bahwa dia mendapatkan makanan seimbang yang baik.

  1. Sering mengajaknya makan

Sering mengajaknya makan

Tawarkan makanan sesering mungkin ketika anak Anda sedang tidak enak badan, tetapi jangan terlalu mendorongnya. Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda tidak tertarik makan dan bertingkah agak tidak aktif, lelah luar biasa atau lesu, ini bisa menjadi penyebabnya.

Jika anak Anda mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau asam lambung yang bisa membuatnya tidak nyaman untuk dimakan. Jika Anda mencurigai bahwa ini masalahnya, lebih fokuslah pada serat-serat utuh yang lebih tinggi, buah-buahan dan sayuran dan banyak cairan (sembelit) dan jauhkan dari makanan asam tinggi seperti tomat dan buah jeruk.

Jika masalah ini terus berlanjut, bicarakan dengan dokter anak Anda atau ahli diet anak untuk bantuan lebih lanjut.

  1. Memberi asupan vitamin

Memberi asupan vitamin

Tak hanya dari sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin, Anak anda perlu mendapatkan vitamin dari suplemen Gizidat. Kandungan yang begitu kaya akan vitamin dari mulai madu hutan murni dan alami. Madu hutan memberikan nutrisi yang maksimal dari lebah liar yang baik.

  1. Porsi susu

Porsi susu

Balita dan anak-anak harus ditawari tidak lebih dari 500 mL atau dua cangkir susu per hari. Cobalah menawarkan setengah cangkir setiap atau setelah makan yang menyisakan ruang untuk setengah cangkir lagi sebelum tidur. Air juga salah satu yang perlu dipersiapkan untuk menghindari dehidrasi pada anak.

Jus mengandung kalori dan gula berlebih yang tidak dibutuhkan oleh anak-anak. Jus juga memberi mereka sedikit nilai gizi. Kotak jus dengan berat 250 mL mengandung enam sendok teh gula, Dan hal ini melewati kandungan yang dibutuhkan oleh anak. Anda juga dapat menawarkan makanan terlebih dahulu dan beri susu atau makanan penutup anak.

  1. Terlalu banyak snack untuk anak

Terlalu banyak snack untuk anak

Anak-anak yang sering “makan” di sela-sela waktu makan, atau ngemil secara acak sepanjang hari mungkin datang ke meja dengan perasaan terlalu kenyang untuk makan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menata waktu snack yang tepat untuk anak anda.

Harus ada waktu makan cemilan yang ditentukan di mana satu atau dua makanan saja. Hal ini dapat memengaruhi asupan gizi anak dan hubungan keseluruhan dengan makanan seiring waktu.

  1. Atur kebiasaan di luar makan anak anda

Atur kebiasaan di luar makan anak anda

Jika Anda mendapati bahwa anak Anda lelah secara teratur saat makan malam, itu mungkin perlu diperhatikan kebiasaan lainnya, misalnya mereka mengantuk saat makan malam. Bisa jadi ternyata anak membutuhkan tidur siang. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk makan malam lebih awal. Jadi, rencanakan makanan Anda dan waktu makan sesuai jadwal.

  1. Ajari anak anda tentang makan yang baik

Ajari anak anda tentang makan yang baik

Sebagai orang tua, anda harus mencari tahu tentang makanan yang sehat dan baik. Tentu anda juga dapat mengajari anak anda tentang makanan yang baik untuk kesehatan dan kebiasaan makan yang baik.

  1. Gaya makan yang positif

Gaya makan yang positif

Makanan merupakan hal yang wajib disantap oleh anak. Jadi, anda tidak boleh menggunakan makanan sebagai hadiah atau suap atau hukuman akan sesuatu kesalahan. Gaya makan Anda bisa menghalangi makan anak Anda. Seperti disebutkan di atas, penelitian memberi tahu kita bahwa terlalu banyak tekanan dapat memperburuk keadaan, yang menyebabkan kurang makan.

Hal ini juga memengaruhi anak anda untuk memilih-milih makanan secara berlebihan. Anda juga tidak perlu terlalu memuji anak saat makan. Buat tujuan bukan untuk membuat anak Anda makan, tetapi untuk memberikan kesempatan untuk mencicipi, makan, dan mengeksplorasi makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *