Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Ketika anak buah hati anda susah makan, hal tersebut merupakan permasalahan yang perlu segera anda atasi karena anak balita akan kekurangan nutrisi dimana anak balita akan mengalami masa pertumbuhan nya yang membutuhkan banyak gizi serta nutrisi pada tubuh nya untuk pertumbuhan nya. Ketika balita mendapatkan nutrisi serta gizi yang cukup maka daya tahan tubuh akan kuat.

Berikut beberapa cara mengatasi balita susah makan yang perlu orang tua ketahui yaitu memberikan makanan yang bervariasi, menyediakan makan, melatih agar mandiri, makanan dengan porsi yang sesuai, makan dengan teratur, memberikan semangat kepada anak, mencari penyebab anak susah makan, Sabar, memberikan makanan bergizi dan bernutrisi, asupan vitamin gizidat.

10 Cara Mengatasi Balita Susah Makan

  1. Memberikan makanan yang bervariasi

Cara pertama yaitu memberikan makanan yang bervariasi kepada anak buah hati anda dimana sejak dini anak anda akan di kenalkan makan dengan bermacam – macam makananyang memiliki aneka rasa. Hal ini akan membantu anak buah hati anda untuk beradaptasi dengan makanan sehingga ketika balita hingga menuju anak – anak akan dengan mudah mengenali berbagai macam rasa.

Memberikan makanan yang bervariasi

Cara ini akan membantu anda mengatasi balita yang susah makan karena ketika anda memberikan balita berbagai macam makanan yang diberikan maka balita tidak akan merasa bosan dan menambah nafsu makan anak buah hati anda tetapi hal ini dilakukan secara bertahap karena balita juga perlu beradaptasi. Cara ini akan cukup membantu anak buah hati anda agar suka makan.

  1. Selalu menyediakan makan

Selalu menyediakan makan

Ketika anak buah hati anda sedang bermain dan merasa lapar karena energi yang telah di keluarkan nya karena bermain sehingga orang tua harus menyiapkan makan setiap waktu, tidak harus makanan padat atau makanan berat, dapat anda sediakan makanan ringan yang sehat dan terdapat nutrisi serta gizi di dalam nya. Hal ini dapat membantu anak buah hati anda yang susah makan.

  1. Melatih anak agar mandiri

Melatih agar anak lebih mandiri sejak dini sangatlah penting agar anak terbiasa hingga dewasa. Cara ini juga dapat mengatasi balita susah makan, ketika anda membiasakan balita mandiri untuk belajar memegang sendok sendiri ketika makan maka balita akan bermain – main dengan sendok, disini anda akan mengajari anak buah hati anda agar dapat makan dengan benar.

Melatih anak agar mandiri

Walaupun hal ini akan membutuhkan proses yang cukup lama hingga makanan balita pasti akan berantakan kemana – mana tetapi balita akan mandiri dan dengan begitu balita tidak akan susah makan karena dengan dimulai nya mengajari anak memegang sendok sendiri dapat membuat nafsu makan anak buah hati anda bertambah.

  1. Menyiapkan makanan dengan porsi yang sesuai

Ketika anak buah hati anda mendapatkan porsi yang tidak sesuai atau porsi besar, balita akan merasa kenyang dan makanan tidak habis sehingga anak buah hati anda akan susah makan. Oleh karena itu, Ketika anda menyiapkan makanan kepada anak buah hati anda sebaiknya dengan porsi yang sesuai sehingga anak akan habis dengan porsi yang sesuai dan anak akan terbiasa.

Menyiapkan makanan dengan porsi yang sesuai

Menyediakan anak buah hati anda dengan porsi secukupnya anak akan merasa tidak terbebani untuk menghabiskan makanan nya karena jumlah yang disediakan sudah sesuai dan anak akan cenderung lapar lagi sehingga makan yang berkelanjutan akan membiasakan anak untuk suka makan dan menghindari anak susah makan dimana akan mengakibatkan kekurangan  nutrisi dan gizi.

  1. Makan dengan teratur

Makan dengan teratur

Makan dengan teratur akan membiasakan anak buah hati anda makan tepat waktu dan dapat mengatasi balita susah makan. Hidup sehat di mulai dari makan teratur dan dapat di mulai sejak masih dini. Orang tua dapat membiasakan anak buah hati nya untuk makan teratur dengan cara membuatkan jadwal makan untuk anak buah hati anda sehingga balita akan terbiasa makan teratur.

  1. Memberikan semangat kepada anak

Memberikan semangat kepada anak

Ketika balita susah makan yang harus anda lakukan adalah memberikan semangat kepada anak buah hati anda agar dapat makan dengan semangat sehingga sang balita akan berusaha untuk melawan susah makan nya. Sebaik nya orang tua tidak memaksa anak buah hati nya untuk menghabiskan makanan atau memarahi nya karena dapat menyebabkan trauma kepada anak.

  1. Mencari penyebab anak susah makan

Mencari penyebab anak susah makan

Selanjutnya cara mengatasi balita susah makan yaitu orang tua dapat mencari tau penyebab anak susah makan karena anak susah makan disebabkan oleh banyak hal seperti menu makanan yang sama,  dapat disebabkan karena anak buah hati anda merasa sakit atau tidak enak badan dan ada faktor lain yang membuat nafsu makan anak menurun sehingga terjadi susah makan.

Oleh karena itu, Perlu nya orang tua untuk selalu memperhatikan anak buah hati nya apa bila terjadil masalah terutama terjadinya susah makan yang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi serta gizi bagi anak dimana nutrisi dan gizi sangat penting bagi pertumbuhan balita di usia dini sehingga penting nya bagi orang tua untuk berusaha mencari penyebab anak buah hati nya susah makan.

  1. Bersikap sabar

Bersikap sabar

Cara selanjutnya yaitu dengan bersikap sabar untuk mengatasi balita yang susah makan, apabila anda memarahi atau memaksa anak buah hati anda akibat nya balita akan trauma sehingga orang tua harus sabar dan berusaha membantu anak buah hati nya untuk makan lebih dan dapat beberapa  faktor yang disebabkan seperti gigi tumbuh atau tidak suka dengan menu yang di hidangkan.

  1. Memberikan anak makanan bergizi dan banyak nutrisi

Cara mengatasi balita susah makan merupakan permasalahan yang serius bagi orang tua untuk memperhatikan hal ini karena balita merupakan periode emas pertumbuhan anak dimana anak balita membutuhkan nutrisi lebih dan gizi lebih untuk kesehatan serta pertumbuhan anak buah hati anda. Selain itu di masa balita anak akan beraktifitas lebih sehingga membutuhkan banyak energi.

Memberikan anak makanan bergizi dan banyak nutrisi

Beberapa jenis makanan yang mengandung gizi dan energi seperti pisang, ubi jalar, ubi kayu dan lain – lain. Beberapa jenis makanan yang mengandung gizi serta energi dapat membangkitkan nafsu makan anak buah hati anda sehingga balita akan mendapatkan asupan nutrisi serta gizi yang cukup untuk masa pertumbuhan anak buah hati anda ketika sang balita melakukan banyak aktifitas.

  1. Memberikan asupan vitamin gizidat

Cara terakhir untuk mengatasi anak balita yang susah makan yaitu dengan memberikan asupan vitamin gizidat dapat membantu anak buah hati anda untuk mengembalikan nafsu makan nya. Vitamin gizidat akan membantu sang balita agar mendapatkan nutrisi serta gizi lebih untuk mengatasi masalah susah makan anak buah hati anda.

Memberikan asupan vitamin gizidat

Vitamin gazidat juga dapat diberikan bersamaan dengan mpasi yang  akann anda berikan kepada anak sebaiknya bahan yang di berikan merupakan makanan bergizi seperti bubur sayur, bubur buah – buahan dan bubur buah dan sayur, sehingga anak buah hati anda dapat hidup dengan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *