Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Sebagian besar orang tua memiliki cara tersendiri untuk mengatais demam pada buah hatinya. Cara mengatasi demam pada anak memang beragam sekali. Selain itu, obaat pereda demam untuk anak banyak sekali jenisnya, dan dengan mudah didapatkan. Akan tetapi, banyak diantara kita yang menghindari penggunaan obat demam pada anak.

Demam adalah sebuah kondisi yang kerap terjadi pada anak. Untuk anak yang sehat, demam bukanlah sebuah permasalahan yang serius. Demam juga bisa diibarakan sebagai tanda jika tubuh sedang berusaha untuk melakukan perlawanan pada infeksi yang sedang menyerang tubuh anak. Jika anak Anda mengalami demam, berikut beberapa cara mengatasi deemam pada anak, yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Bagaimana Cara Mengatasi Demam Pada Anak?

Seorang anaka akan dikatakan demam, ketika mengalami suhu tubuh yang mencapai 37 derajat celcius, atau lebih dari itu. Secara umum, suhu pada tubuh anak akan naik-turun ketika sedang damam. Bisa saja suhunua kan rendah ketikapgi hari, dan bisa saja akan lebih tinggi pada malam hari.

Bahkan, ketika demamnya tinggi, anak bisa menggigil saat malam hari. Hal tersebut tentu menjadikan anak tida bisa tidur dengan nyenyak saat malam hari. Hal ini tentu akan membuat ibu-ibu khawatir. Tennag, sebagai orang tua, Anda bisa mengambil beberapa langkah awal, sebagai upaya untuk menurunkan demam pada anak.

Beberapa langkah ini biasa Anda lakukan di rumah, sebelum Anda membawanya ke dokter. Beberapa demam dapat disembuhkan, meskipun hanya menggunakan perawatan di rumah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Melakukan kompres dengan menggunakan air hangat

Melakukan kompres menggunakan air hangat merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam pada anak. Langkah ini adalah salah satu cara yang banyak dilakukan secara turun temurun.

Sebenarnya, cara menurunkan demam pada anak satu ini, hanya bisa menurunkan demam secara semantara saja. Selain itu, ada juga yang tidak turun demamnya, meskipun sudah dikompres. Selain itu, anak juga tidak nyaman dengan adanya kompresan pada dahinya tersebut. Akan tetapi, cara ini masih relevan Anda lakukan untuk membuat demam anak Anda turun.

  1. Membuat panas tubuh segera keluar

Langkah ini bisa Anda lakukan dengan memakaikan pakaian keĀ  anak yang bisa menutupi semua tubuhnya. Anda tidak perlu memberi anak Anda pakaian yang tebal, cukup dengan menggunakan jenis pakaian yang tipis, akan tetapi tetap tertutup.

Memberikan pakaian yang tebal akan menjadikan panas dalam tubuh susah untuk keluar, sehingga demamnya akan semakin tinggi. Menggunakan pakaian yang lebih tipis bisa membuat panas yang ada dalam tubuh bisa kelaur dengan mudah.

Selain dari pakaian, Anda juga bisa menurunkan demam dengan membuat suhu di ruangan menjadi senyaman mungkin. Aturlah suhu pada ruangan Anda. Dengan demikian, maka anak Anda tidak akan ekdinginan, ataupun kepanasan.

Biarkan anak Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, supaya suhu tubuhnya segera kembali normal, namun hal ini tidak perlu dilakukan dengan cara seharian berada di atas tempat tidur.

  1. Memandikan dengan air hangat

Meskipun anak Anda sedang demam, namun anak Anda juga harus dimandikan atau dilap. Anda bisa memandikan anak Anda dengan air hangat. Memandikan dengan air hangat, bisa dipercaya dapat menurunkan demam pada anak. Air hangat yang mengenai kulit saat mandi, bsa membuat tubuh yang demam sedikit dingin.

Selain itu, memandikan menggunakan air hangat juga bisa menurunkan suhu pada anak. Hindari untuk memandikan dengan air dingin. Ketika Anda memandikan dengan air dingin, yang ada anak Anda akan menggigil, serta menjadikan suhu pada tubuh anak Anda malah naik.

  1. Memberikan air minum yang banyak

Memberikan air minum tidak perlu langsung banyak dalam sekali minum, akan tetapi, Anda bisa memberikan air minum sedikit demi sedikit namun dengan intensitas yang sering. Langkah ini, bisa menjadikan tubuh anak lebih capat mengeluarkan panas. Memberikan air minum yang banyak juga dapat mencegah dehidrasi pada anak.

Ketika sedang demam, maka anak akan kehilangan cairan lebih banyak dibandingkan biasanya.

Bukan hanya mendapatkan air dari air putih saja, akan tetapi Anda juga bisa mendapatkan cairan dari makan atau minuman. Anda bisa memberikan sup, es krim, atau jenis minuman dingin lain yang bisa mendinginkan tubuh dari dalam.

Supaya kehilangan cairan tubuh tidak semakin parah, maka sebaiknya Anda menghindari pemberian minuman yang memiliki kandungan kafein, seperti kopi, teh, bahkan jenis minuman bersoda. Hal ini dikarenakan, minuman jenis ini akan membuat anak Anda semakin sering buang air kecil.

  1. Makan lebih banyak

Ketika sedang demam, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Dengan hal ini, maka memberikan asupan makan akan membantu demam anak Anda lebih cepat sembuh. Semakin tinggi demam pada anak, tentu akan semakin besar kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh anak Anda.

Biarkanlah anak Anda mengonsumsi makanan yang disukai. Langkah tersebut supaya anak Anda memiliki selera untuk makan. Kebanyakan, nafsu makan akan berkurang ketika anak sedang demam, serta hal ini bisa membuat kesembuhan anak Anda semakin lambat.

Anda bisa menawarkan anak Anda jenis makanan yang memang disukai, akan tetapi jangan memaksa anak Anda jika tidak ingin memakannya. Ketika sedang lapar, tentu anak Anda akan mencari makanan.

  1. Memberikan minuman teh herbal

Minuman teh herbal, seperti jahe, chamomile, yarrow, serta beberapa jenis minuman herbal lainnya bisa Anda gunakan untuk menurunkan demam pada anak Anda. Beberapa jenis minuman herbal tersebut dipercaya mampu memberikan efek tenang, serta bisa membuat tubuh bisa dengan mudah mengeluarkan keringat.

Adanya pengeluaran keringat ini bisa menjadikan suhu pada tubuh menjadi turun ketika sedang demam. Anda juga bisa menambahkan madu, untuk membuat minumannya manis.

  1. Terapi melalui kaus kaki

Silahkan Anda masukkan kaki anak Anda di air panas. Selanjutnya masukkan kaus kaki katun ke dalam air dingin, jika sudah maka silahkan peras, dan gunakan ketika anak Anda akan tidur. Gunakan sepasang kaus kaki yang kering, yang terbuat dari wol dai atas kaus kaki yang basah.

Langkah ini bisa membantu mengatasi demam anak. Ketika darah pada anak terkumpul, maka peredaran darah akan semakin lancar.

  1. Memperbanyak tidur

Dengan istirahat, maka suhu pad atubuh akan mudah reda, ketika anak Anda terus aktif bergerak, maka tbuh akan lelah, serta temperatur pada tubuh akan meningkat.

  1. Memberikan makanan pedas

Jika anak Anda suka dengan jenis makanan padas, maka bisa memberinya sedikit makanan pedas kesukaan anak Anda dengan memberinya sedikit makanna pedas, maka bisa membuat keringat meningkat, serta membuat peredaran darah menjadi lancar.

  1. Memberikan gizidiat

Anda bisamemberikan vitamin dari gizidiat, untuk menurunkan demam pada anak Anda. Gizidiat hadir dengan bahan terbaik yang aman Anda berikan pada anak Anda. Untuk informasinya, Anda bisa melihat langsung di website https://gizidiat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *