cara menggemukan badan

cara menggemukan badan

Pada masa anak- anak merupakan saat tubuh dan otak mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang paling pesat. Namun orang tua kadang khawatir karena setiap anak memiliki selera makan yang berbeda. Terdapat anak yang memang memiliki selera makan besar, namun banyak pula yang susah sekali dan pemilih dalam memilih makanan. Anak-anak dengan nafsu makan kecil cenderung memiliki badan yang terbilang kurus atau kecil, apalagi apabila tidak diimbangi dengan susu.

Banyak orang tua yang khawatir apabila anak-anak mereka kurus. Oleh sebab banyak orang tua yang mencari cara menggemukan badan anak. Misalnya dengan memberikan minyak ikan, madu, membuat kreasi makanan, dan masih banyak cara lainnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk menambah berat badan pada anak dan memastikan mereka terpenuhi kebutuhan gizinya.

Cara Menggemukan Badan Anak, Mengatur Pola Makan hingga Memberikan Madu

  1. Atur Kebiasaan Makan

 

Kebiasaan makan orang tua biasanya akan di contoh pula oleh buah hati. Oleh sebab itu sebagai orang tua anda harus mampu memberikan contoh makan yang baik. Salah satunya adalah jangan menjadi pemilih makanan di depan anak-anak kita. Makanan apa pun, termasuk sayur, buah-buahan, yang walaupun kurang disukai, namun sehat dan mampu memenuhi gizi anak sebaiknya kita makan seolah-olah merupakan makanan yang sangat enak.

Selain itu, apabila biasanya orang tua menyuapi makanan anak dengan mengikuti kemana pun anak itu pergi, sebaiknya kurangi kebiasaan itu. Buatlah kebiasaan bahwa makanan ada di meja makan, dan bukan makanan yang menghampiri mereka. Lalu biasakan anak untuk makan pada pagi, siang, dan sore atau malam hari, walaupun hanya sedikit makanan yang masuk. Disela-sela makanan utama, anda bisa menambahi dengan camilan sehat untuk anak.

  1. Makan Sebelum dan Sesudah Beraktivitas

Masa kanak-kanak merupakan saat seseorang tengah sangat aktif. Mereka tidak mudah lelah dan selalu bergerak kesana-kemari. Oleh sebab itu kebutuhan asupan kalori juga tinggi. Apabila tidak diimbangi dengan kalori yang masuk, maka di khawatirkan tubuh anak akan kurus. Apabila anak-anak akan beraktivitas, seperti pergi ke playgroup, main bersama teman, pastikan berikan mereka makanan terlebih dahulu.

Setelah beraktivitas pun demikian. Berikan kembali makanan untuk anak-anak untuk menggantikan kalori yang terbakar. Selain makanan, pastikan juga anak-anak cukup meminum air putih agar tubuh mereka terhidrasi. Namun tidak perlu memberikan makanan yang terlalu berat. Karena dikhawatirkan justru anak akan kehilangan selera makan saat memasuki jadwal makan yang utama.

  1. Sediakan Makanan Berkalori Tinggi

Anak-anak memiliki kebutuhan kalori berbeda tergantung usianya. Pada anak umur 2 hingga 3 tahun, kalori yang dibutuhkan sekitar 1.000 kkal setiap harinya. Sedangkan anak usia4 hingga 8 tahun, kalori per hari yang dibutuhkan adalah sekitar 1400 kkal. Apabila anda ingin menggemukan badan anak, maka tambahkan kebutuhan kalori untuk anak sekitar 500 kkal setiap harinya. Sehingga tiap minggu anak anda bisa bertambah berat badannya kurang lebih 5 ons.

  1. Sediakan Camilan dengan Lemak Sehat

Lemak perlu ditambahkan pada anak apabila ingin menggemukan badannya. Apabila anda membutuhkan lemak sehat, pilihlah kacang-kacangan dan alpukat. Bahan tersebut mengandung lemak sehat dan kalori yang cukup tinggi. Bisa pula mempercepat pemulihan peradangan anak akibat cedera. Bahan tersebut bisa dijadikan camilan seperti jus alpukat, brownies alpukat, atau buatlah roti dengan olesan selai kacang.

  1. Tambahkan Kalori dari Minuman

Terkadang anak sangat pemilih dalam makanan bahkan makan sangat sedikit. Apabila kondisinya seperti itu, orang tua bisa mengakali menambahkan kebutuhan kalori dari minuman anak. Buatkan smoothies yang ditambahkan yoghurt, karena yoghurt memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jus alpukat juga bisa dijadikan pilihan. Anda juga bisa memberikan susu untuk anak dengan rasa vanila maupun cokelat.

  1. Sediakan Makanan Karbohidrat Tinggi

Kalori dalam karbohidrat mencapai 4 kkal/gram. Meskipun tidak sebanyak kalori dalam lemak, namun dengan menambahkan makanan berkarbohidrat tinggi juga bisa menjadi salah satu cara menggemukan badan anak. Camilan dengan karbohidrat tinggi seperti buah-buahan kering, granola, maupun kismis juga bisa menjadi pilihan. Sereal oatmeal dan madu juga mampu menambah asupan karbohidrat untuk anak.

  1. Tambahkan Porsi Makan

Perhatikan terlebih dahulu makanan apa yang menjadi favorit si kecil. Apabila sudah mengetahui favoritnya dan merupakan makanan yang sehat, tambahkan porsi itu untuk anak. Misalnya anak suka roti dengan selai kacang, maka berikan dua porsi. Mungkin anak-anak suka sereal, maka berikan dengan mangkuk besar. Mungkin juga anak suka susu dan yoghurt, anda bisa membuatkannya dalam gelas yang lebih besar.

  1. Berikan Madu Anak Hebat Gizidat

Seperti yang sudah diketahui bahwa madu mampu menambah nafsu makan pada anak. Selain itu madu juga memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi serta berbagai gizi yang lain. Madu sendiri mengandung gula monosacharida yang mudah diserap langsung oleh usus, dibandingkan dengan gula. Apabila anda ingin menggemukan badan anak, anda bisa memberikan asupan madu pada anak.

Pilihan madu untuk anak adalah Gizidat. Selain mengandung madu hutan alami, Gizidat juga mengandung kandungan lain. Kandungan dalam Gizidat antara lain kurikulum atau temulawak dan sidat. Sidat sendiri memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan salmon. Berikan Gizidat ini kepada buah hati tercinta untuk menambah nafsu makannya.

Pilihan Camilan untuk Menggemukan Badan Anak

Camilan merupakan hal penting yang perlu diberikan, apabila ingin menggemukan badan anak. Karena dengan camilan, maka pemenuhan kalori yang dibutuhkan untuk sehari-hari juga akan bertambah. Namun pemilihan camilan juga sebaiknya dilakukan, antara lain adalah camilan yang tidak mengandung perasa, pewarna, dan pengawet (3P). Cara menggemukan badan anak dengan menghindari camilan mengandung 3P ini, maka sebaiknya mengolah camilan sendiri.

Berikut adalah resep cheesecake kukus untuk menggemukan badan anak.

Bahan:

  • 125 gr tepung terigu
  • 75 gr keju cheddar
  • 125 gr gula pasir
  • 100 gr margarin
  • 3 butir telur ayam
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sachet kental manis

Cara Pembuatan:

  • Parut keju cheddar, lalu lelehkan margarin dengan keju yang telah diaprut.
  • Pada tempat terpisah campur telur, gula, dan emulsifier.
  • Kocok campuran tersebut menggunakan mikser hingga menjadi kaku dan putih.
  • Kemudian tambahkan susu bubuk, kental manis, dan tepung terigu, aduk hingga merata.
  • Tambahkan margarin dan keju yang sudah dilelehkan, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan margarin pada loyang dan masukkan adonan tersebut.
  • Siapkan kukusan, panaskan terlebih dahulu kukusan, lalu kukus adonan tersebut kurang lebih 30 menit.
  • Coba tusukkan cake dengan garpu untuk mengecek kematangan.
  • Apabila dirasa sudah makan, angkat, dinginkan, dan siap disajikan.

Selain cheesecake, beberapa camilan yang bisa dibuat untuk menggemukan anak adalah:

  • Nugget pisang
  • Roti wortel isi cokelat
  • Cake bayam keju
  • Brownies alpukat
  • Schotel Mie
  • Kroket kentang
  • Brokoli Saus Keju
  • Bola Keju Goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *