Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

Memiliki badan yang ideal adalah semua impian para wanita. Bentuk tubuh yang ideal memiliki anggapan yang berbeda-beda bagi sebagian orang, sehingga tidak selalu sama di mata semua orang. Tetapi bentuk tubuh ideal dengan berat badan ideal tidak selalu sama. apabila bentuk tubuh ideal adalah hal yang subjektif, sedangkan berat tubuh ideal adalah hal yang objektif.

Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk, itulah anggapan kebanyakan orang mengenai bentuk tubuh yang ideal. Lalu bagaimana kita mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal dan sesuai dengan usia kita? Mari simak artikel berikut untuk mengetahui bagaiaman membentuk tubuh yang ideal dan cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur .

Cara Membentuk Berat Badan Yang Ideal Bagi Wanita

1. Istirahat yang cukup

Istirahat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah dapat memulihkan tubuh setelah menjalani berbagai kegiatan sehari-hari yang telah membakar lemak. Sehingga apabila anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup seperti tidur kurang dari 7 sampai 8 jam setiap malam, dapat meningkatkan nafsu makan, dan memperlambat metabolisme.

Istirahat yang cukup

Sehingga kurangnya istirahat, dapat menghambat proses pembakaran lemak, yang mengakibatkan anda bertambah berat badannya. Maka dari itu disarankan untuk tidak olahraga berlebih, agar bisa mengatur pola tidur anda.

2. Cermat dalam urusan makanan

Dalam urusan makanan, usahakan untuk makan makanan yang berserat tinggi agar anda kenyang dalam waktu yang lama. Dan mengkonsumsi sayuran atau buah dapat juga menjadi pilihan anda. Selain itu mengkonsumsi madu juga bisa memberi manfaat bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, sehingga sedang berusaha mendapatkan berat badan yang ideal.

Cermat dalam urusan makanan

Madu Gizidat, yaitu madu yang mengandung 3 bahan pilihan seperti madu hutan, kurkumin atau temulawak dan protein ikan sidat. Bahan-bahan pilihan inilah yang dapat membantu anda mendapatkan berat badan ideal. Anda bisa mengkonsumsi madu dengan mengoleskannya di roti, mencampurkan teh dengan madu dan lemon atau segelas air hangat yang dicampur dengan madu.

3. Kurangi minuman bersoda

Kurangi minuman bersoda

Efek dari minum minuman bersoda adalah menimbulkan efek lapar setiap waktu. Sehingga apabila anda rutin berolahraga, tetapi masih rutin minum minuman bersoda sebaiknya hindari minuman tersebut. Walaupun minuman bersoda yang anda konsumsi adalah diet coke, tetapi diet coke memiliki kandungan gula yang lebih besar ketimbang minuman bersoda yang lain.

4. Bergerak lebih banyak

Walaupun olahraga seperti treadmill, kardio, dan angkat beban yang dilakukan secara rutin dapat membakar lemak, tetapi dengan melakukan kegiatan kecil juga dapat membakar lemak anda apabila dilakukan secara rutin.

Bergerak lebih banyak

Anda juga bisa menggunakan alat yang sederhana dalam berolahraga seperti menggunakan tali skipping yang mudah didapatkan. Anda bisa melakukan skipping sebanyak mungkin, minimal 50 kali lompatan. Dan gerakan itu bisa membantu anda untuk membakar lemak.

5. Mengkonsumsi air mineral

Mengkonsumsi air mineral

Mengkonsumsi air mineral secara rutin, dapat membuat anda terhindar dari rasa lapar yang berlebih sehingga dapat mengendalikan diri agar tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Anda bisa mengendalikan nafsu makan dengan meminum segelas air sebelum dan sesudah makan, dan hindari minum ketika mengunyah makanan.

6. Kurangi makan camilan

Kurangi makan camilan

Rata-rata terdapat 200 kalori yang terdapat pada semua jenis camilan, sehingga ngemil bisa menyabotase kerja keras anda untuk membakar lemak. Anda bisa mengganti camilan anda seperti snack, makanan manis menjadi buah potong yang agar lebih menyehatkan, berkalori rendah dan juga menjaga berat badan anda.

7. Mengkonsumsi lemak sehat

Lemak sehat dapat anda dapatkan dari kacang-kacangan, buah alpukat, dan masih banyak lagi. Lemak sehat dapat membantu anda untuk menghilangkan lemak lebih cepat.

Mengkonsumsi lemak sehat

Tetapi anda juga harus tau, berapa banyak kadar lemak yang anda butuhkan untuk menjalankan diet agar mencegah anda untuk makan secara berlebih. Dan juga hindari lemak trans karena tidak baik bagi tubuh.

8. Menyediakan hari bebas

Menyediakan hari bebas

Memiliki hari bebas juga dibutuhkan bagi tubuh dan mental anda agar, anda memiliki waktu istirahat yang cukup dari segala kegiatan rutin dan juga olahraga yang anda lakukan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

1. Menghitung Lingkar Perut

Menghitung Lingkar Perut

Bagi anda yang belum tahu, ternyata lingkar perut bisa menandakan apakah anda terkena obesitas atau tidak. Karena ada beberapa orang yang tidak memiliki badan gemuk, tetapi memiliki perut yang buncit. Batas lingkar perut normal bagi wanita adalah kurang dari 80 cm, sedangkan bagi pria kurang dari 90 cm.

2. Menggunakan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur juga bisa menggunakan rumus Brosca. Rumus Brosca ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Rumus ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk laki-laki dan perempuan berikut cara menghitungnya:

Laki-laki : Berat badan ideal (kg) = {Tinggi badan (cm) – 100 – {[Tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

Perempuan : Berat badan ideal (kg) = {Tinggi badan (cm) – 100} – {[Tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Menurut rumus Broscha, berat badan ideal bagi wanita berumur 16 tahun adalah 39,6 kg, dan bagi wanita berumur 17 tahun adalah 42,3 kg, sedangkan bagi yang berumur 18 tahun adalah 45 kg.

3. Menghitung berat badan dengan kalkulator BMI

BMI adalah singkatan dari Body Mass Index, yang memiliki pengertian perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan yang kemudian dihitung untuk untuk menentukan apakah berat badan anda masuk ke dalam kategori kurus atau gemuk.

Menghitung berat badan dengan kalkulator BMI

Tetapi menggunakan kalkulator BMI tidak selalu benar bagi para atlet atau olahragawan, karena massa otot akan terhitung pada berat badan sehingga hasilnya akan menunjukkan kegemukan, padahal sebenarnya tidak.

Cara menghitung dengan kalkulator BMI adalah:

Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m)

BMI memiliki angka normal yaitu antara 18,5 sampai 25. ketika angka BMI terletak di 25, anda memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung, kanker, ataupun diabetes level 2.

Tetapi jika angka di kalkulator BMI terletak dibawah 18, maka anda berisiko tinggi terkena osteoporosis. Lalu apabila angka BMI terletak di atas 27 dan di bawah 18, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter dan menjalankan pola hidup sehat agar berat badan anda ideal. Dan jika angka BMI menunjukkan di atas 40, berarti  anda mengalami berat badan yang berlebih.

Berat badan ideal bisa anda dapatkan apabila anda rutin dan konsisten dalam mengikuti tahap-tahapnya, seperti menjalankan pola hidup yang sehat dan rajin berolahraga. Selain itu, juga anda bisa menghitung berat badan anda, apakah berat badan anda sudah termasuk ideal atau masih masuk kategori terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat yang dapat membantu anda untuk memperoleh tubuh yang ideal yang anda inginkan. Dan juga, perhatikan pola makan anda, jangan sampai memaksakan dengan tidak makan sama sekali untuk mendapat tubuh yang kurus atau langsing tetapi tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *