Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang, terutama para wanita. Wanita cenderung lebih memperhatikan bentuk dan berat badan demi penampilan yang sempurna. Untuk mendapatkan berat badan ideal, pertama anda harus mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita. Berikut beberapa cara umum yang digunakan untuk menghitung berat badan.

5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

1. Body Mass Index (BMI)

Body Mass Index (BMI)

BMI ditemukan oleh seorang ahli matematika dari Belgia pada tahun 1832, yang bernama Adolphe Quetelet. Perhitungan ini menggunakan perbandingan berat dan tinggi badan dalam satuan kilogram dan meter kuadrat. Rumus yang digunakan adalah :

BMI = Berat Badan (dalam satuan kg) / {Tinggi Badan (m) }2

Berat badan dikatakan ideal menurut WHO jika hasil pembagian yang didapatkan adalah antara rentang nilai 18,5 – 24,9. Untuk kawasan asia, termasuk Indonesia BMI normal jika hasilnya antara 18,5 – 22,9. Sementara anda dibawah standar ideal/kurus jika hasil BMI adalah kurang dari 18,5. Badan yang terlalu kurus dapat menyebabkan penyakit osteoporosis.

Jika hasil BMI antara 25 – 29,9 maka anda termasuk overweight, atau untuk orang asia antara 23 – 24,9. Nah jika hasil BMI anda mencapai rentang lebih dari 30 atau untuk Asia lebih dari 25, maka nilai tersebut tergolong obesitas. Obesitas diketahui dapat meningkatkan berbagai macam resiko penyakit berbahaya. Jadi sebelum muncul berbagai penyakit tersebut, ada baiknya anda mulai berdiet.

Cara perhitungan ini dapat digunakan untuk wanita dan laki-laki dewasa yang berumur 18 hingga 64 tahun. Sehingga tidak dapat digunakan untuk anak-anak, binaragawan, wanita hamil dan orang tua. Hal ini disebabkan karena BMI tidak dapat menentukan kadar lemak tubuh dan beberapa faktor lain yang mempengaruhi berat badan.

BMI biasanya digunakan untuk mengetahui resiko gangguan kesehatan melalui berat badan. Namun cara ini tidak begitu akurat karena berat badan dipengaruhi oleh banyak hal seperti kepadatan tulang, jenis kelamin, ras dan lainnya.

2. Broca atau Rumus Devine

Broca atau Rumus Devine

Broca yang disebut juga dengan rumus Devine, ditemukan oleh DR.Pierre Paul Broca pada tahun 1871. Disebut juga rumus Divine karena metode perhitungan ini dipopulerkan oleh Dr.BJ Devine tahun 1970an. Mulanya untuk menghitung dosis obat tertentu (teofilin, digoksin, gentamisin) berdasarkan berat badan pasien. Rumus yang digunakan untuk berat ideal wanita adalah :

BB ideal wanita (kg) = {Tinggi Badan (cm)-100} – {[Tinggi Badan (cm)-100] x 15%}

Formula broca juga memiliki kekurangan sehingga tidak terlalu baik dijadikan acuan diet untuk wanita Asia. Hal ini disebabkan karena formula ini dikembangkan di negara Prancis yang umumnya memiliki tubuh berbeda dengan orang Asia. Penduduk Prancis bertubuh tinggi dan bobot yang lebih besar dibandingkan Asia.

Kekurangan lain adalah hanya dapat digunakan untuk perempuan yang bertubuh tinggi dan pria bertubuh pendek. Jika perempuan bertubuh pendek maka akan dihasilkan berat badan ideal yang sangat kurus.

3. Rumus Modifikasi untuk Wanita

Rumus Modifikasi untuk Wanita

Dr.JD Robinson dan Dr.DR Miller adalah dua orang ahli yang memodifikasi rumus menentukan berat badan ideal. Tujuannya untuk menutupi kekurangan formula Broca, agar dihasilkan berat badan yang sangat mendekati ideal. Namun untuk di Indonesia modifikasi formula Broca untuk mencari berat badan ideal adalah :

Modifikasi Broca: BB ideal = 90% x {Tinggi Badan (cm)-100} x 1 kg

Untuk wanita dengan tinggi badan kurang dari 150 cm, menggunakan rumus :

BB ideal = {Tinggi Badan (cm)-100} x 1 kg

Interpretasi : seseorang dikategorikan memiliki berat dibawah normal jika berat badannya kurang dari 90% berat badan idealnya.

4. Berat Badan Wanita Hamil

Berat Badan Wanita Hamil

Wanita hamil menggunakan perhitungan berat badan ideal khusus karena pertambahan berat badan bayi yang dikandungnya. Berat badan wanita hamil harus diperhatikan karena hal ini mempengaruhi perkembangan dan kesehatan calon bayi. Berikut cara perhitungan berat badan wanita hamil :

BBIh (BB ibu hamil) = BBI (BB ideal) + {UH (umur minggu kehamilan) x 0,35}

0,35 menunjukkan pertambahan berat badan seharusnya yang dimiliki oleh wanita hamil setiap minggunya. Untuk mencari berat badan ideal anda dapat menggunakan formula Broca, BMI atau rumus modifikasi yang dipublikasikan di website Depkes RI.

Wanita hamil yang memiliki berat badan dibawah normal dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir prematur atau normal dengan berat rendah. Bagi wanita hamil pada trisemester pertama biasanya disertai mual sehingga sering tidak nafsu makan. Untuk mencegah berat badan kurang, anda dapat mengkonsumsi Gizidat yang baik untuk kesehatan dan penambah nafsu makan.

5. Lingkar Pergelangan Tangan dan Lingkar Pinggang

Lingkar Pergelangan Tangan dan Lingkar Pinggang

Menurut seorang ahli dari Cleaveland Clinic Women Cardiovasculer Center, berat badan ideal paling efektif ditentukan berdasarkan lingkar pinggang. Lingkar pinggang juga dikatakan lebih efektif untuk mengetahui kondisi kesehatan anda.

Wanita yang memiliki lingkar pinggang sekitar 88,9 cm atau lebih diprediksi dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit kronis. Laki-laki memiliki lingkar pinggang normal jika lebih kecil dari 90 cm. Meskipun memiliki berat badan ideal, namun lingkar pinggang yang besar dapat menjadi tanda obesitas pada laki-laki ataupun wanita.

Lingkar tangan dikategorikan menjadi tiga, yaitu lingkar kecil, besar dan medium. Ukuran besar apabila ujung jari tengah anda dan ujung ibu jari tidak dapat saling menyentuh. Jika hanya dapat saling menyentuh maka tergolong lingkar sedang. Dan lingkar kecil apabila dapat ujung jari tengah dan ujung ibu jari dapat saling menindih.

Untuk menentukan berat badan ideal berdasarkan lingkar pergelangan tangan kecil, besar dan medium dapat dilihat pada tabel yang telah dibakukan. Perkiraan diberikan berdasarkan tinggi badan dan kisaran berat badan yang masuk kategori ideal.

Cara menghitung berat badan ideal wanita juga dapat menggunakan metode lain seperti melihat tabel berat badan, dengan metode Hamwi dan lainnya. Selain itu dapat pula menggunakan aplikasi yang terinstal di smartphone anda seperti BMI Calculator, Body Mass Index Calculator dan aplikasi lainnya.

Cara Meningkatkan Berat Badan Wanita dengan Gizidat

Bagi anda yang memiliki berat badan dibawah ideal, dapat meningkatkan berat badan anda dengan cara memilih makanan yang bernutrisi tinggi. Gizidat adalah produk unggulan dengan 3 bahan unggulan alami yang dapat meningkatkan nafsu makan anak dan dewasa. Untuk anda yang memiliki anak yang sulit makan makan madu Gizidat sangat cocok agar menambah nafsu makan.

Cara Meningkatkan Berat Badan Wanita dengan Gizidat

Madu gizidat yang merupakan multivitamin anak ini sangat baik dikonsumsi bahkan untuk dewasa karena mengandung berbagai mineral penting. Kandungan lain yang bermanfaat adalah minyak ikan sidat yang berfungsi untuk kecerdasan anak, temulawak yang dapat menambah nafsu makan dan probiotik untuk melawan bakteri jahat didalam pencernaan.

Untuk meningkatkan berat badan ideal tentunya hal pertama yang harus diketahui adalah cara menghitung berat badan ideal wanita. Agar lebih praktis anda dapat menggunakan smartphone anda, dengan cara menginstal aplikasi penghitung berat badan ideal. Selanjutnya anda dapat menambahkan Gizidat sebagai multivitamin yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *