Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

Memiliki berat badan yang ideal, bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Banyak orang yang mengidam-idamkan berat badan ideal, bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk, itulah bentuk tubuh yang diinginkan hampir semua orang. Memiliki berat badan ideal juga sebagai upaya untuk mencegah berbagai risiko penyakit.

Memiliki tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas juga bisa meningkatkan risiko penyakit seperti darah tinggi, stroke, radang sendi bahkan kanker. Tubuh yang terlalu kurus, juga bisa meningkatkan berbagai penyakit seperti kurang gizi, lemahnya sistem kekebalan tubuh hingga anemia. Untuk itu bagi anda yang ingin mengetahui cara menghitung berat badan ideal yang mudah, simak artikel berikut.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Yang Mudah Sesuai Tinggi Badan

1. Menghitung dengan kalkulator BMI

BMI adalah singkatan dari Body Mass Index, BMI adalah perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi dan berat badan anda. Melalui perhitungan kalkulator BMI, anda bisa mengetahui apakah tubuh anda termasuk kategori tubuh kurus atau gemuk.

Menghitung dengan kalkulator BMI

Kalkulator BMI dapat digunakan pada usia di atas 20 tahun, karena usia di bawah 20 tahun akan berbeda perhitungannya. Perhitungan menggunakan kalkulator BMI tidak selalu benar bagi para atlet atau olahragawan, karena berat badan berasal dari massa otot, jadi apabila BMI menunjukkan kegemukan, maka hal itu tidak selalu benar karena.

Berikut cara menghitungnya: Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m)

Contoh cara menghitungnya: Apabila berat badan anda 50 kg dengan tinggi 160 cm, maka nilai BMI adalah?  Berat tubuh ideal = 50 kg : 1,6 m = 31,25

Maka nilai BMI adalah 31,25, yang menunjukkan kategori kelebihan berat badan ringan.

BMI memiliki angka normal berkisar 18,5 hingga 25. apabila angka terletak di bawah 17, anda termasuk ke kategori kekurangan berat badan, lalu apabila di atas 25 maka termasuk kategori kelebihan berat badan ringan. Lalu apabila di atas 40 anda sebaiknya berhati-hati karena termasuk ke kategori kelebihan berat badan yang berlebihan.

2. Menghitung dengan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan ideal yang mudah selanjutnya adalah dengan Rumus Brosca, yang ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Rumus Brosca dibedakan bagi pria dan wanita.

Menghitung dengan rumus Brosca

Berikut cara menghitungnya:

Pria: Berat badan ideal = {Tinggi badan (cm) – 100} – {[Tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

Wanita: Berat badan ideal = {Tinggi badan (cm) – 100} – {[Tinggi badan (cm) – 100] x15%}

Contoh cara menghitungnya: Anda wanita dengan tinggi badan 160 cm, berapa berat badan ideal anda? Berat badan ideal = {160-100} – {[160-100] x15%} = 60 – 9 = 51 kg

Maka berat badan ideal anda adalah 51 kg dengan tinggi badan 160 cm.

8 Langkah Untuk Mendapatkan Berat Badan Yang Ideal

1. Selektif dalam memilih makanan

Makanan menjadi faktor utama dalam membentuk tubuh yang ideal. anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran. Dan untuk mendapatkan asupan protein, anda bisa mendapatkannya dari ikan, tahu, produk susu rendah dan juga produk berbahan dasar kedelai.

Selektif dalam memilih makanan

Anda harus membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti keju, daging olahan, dan susu yang tinggi lemak. Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan, kacang-kacangan dan buah alpukat.

2. Rutin minum air putih

Manfaat minum air putih selain baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat membuat anda merasa kenyang. Sebaiknya anda mengurangi minuman manis karena kurang baik bagi kesehatan. Memperbanyak minum air putih bisa meredakan rasa lapar dan mengurangi memakan camilan juga.

Rutin minum air putih

Asupan air putih yang dianjurkan adalah 8 gelas sehari. Air putih juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, agar terhindar dari penyakit seperti dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih saat anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang padat.

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga

Olahraga bisa menjadi solusi untuk menjaga kebugaran tubuh, menjaga berat badan ideal, dan juga menurunkan risiko datangnya berbagai penyakit. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan untuk dilakukan seperti bersepeda, berlari, berenang atau olahraga di gym. Anda bisa melakukan olahraga selama 15-30 menit sehari.

4. Menjaga porsi makan

Menjaga porsi makan

Makanan yang sehat dengan porsi yang tepat bisa anda lakukan, agar mendapatkan berat badan yang ideal. Makan dengan porsi yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena bisa menyebabkan obesitas.

5. Jangan lupa untuk sarapan pagi

Banyak orang yang mengira untuk mengurangi makan bahkan saat sarapan tiba. Padahal sarapan sangat berguna karena kita memerlukan asupan yang cukup untuk memulai aktivitas sehari-hari. Apabila anda tidak sarapan di pagi hari bisa berdampak pada melambatnya metabolisme tubuh.

Jangan lupa untuk sarapan pagi

Jadi, jangan lupa untuk sarapan di pagi hari dengan makanan yang kaya akan serat, protein, dan gizi seperti sayuran, susu dan putih telur. Tidak sarapan di pagi hari juga bisa membuat anda lebih banyak makan pada saat makan siang nanti.

6. Menjaga asupan makan di malam hari

Sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat, karena pada malam hari kita lebih sedikit beraktifitas dibandingkan saat siang hari. Anda bisa mengganti karbohidrat dengan sayur-sayuran yang direbus agar lebih sehat.

Menjaga asupan makan di malam hari

Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai asupan gizi untuk makan malam. Hindari makanan yang diolah, makanan yang berminyak atau di tumis dengan minyak.

7. Makan tepat waktu

Apabila anda tidak tepat waktu saat jam makan telah tiba, anda bisa merasa lebih lapar saat jam makan selanjutnya. Sehingga anda akan makan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Makan tepat waktu dianggap sepele bagi beberapa orang karena banyak orang beranggapan dengan menunda jam makan, maka akan mempercepat proses penurunan berat badan.

Makan tepat waktu

Untuk mendapatkan  berat badan yang ideal anda juga bisa mengkonsumsi madu Gizidat, agar berat badan lebih terjaga. Madu Gizidat terbuat dari bahan-bahan alami yang berkualitas dan memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh.

8. Berpikir positif

Dalam mencapai berat badan yang ideal, anda harus berpikir positif. Karena apabila pikiran anda positif anda tidak akan terasa terbebani dalam menjalani aktivitas. Pikiran harus sehat agar mampu mencapai berat badan yang proporsional.

Berpikir positif

Kunci dari semua program berat badan ideal yang akan anda jalankan adalah niat dan tekad. apabila anda memiliki niat dan tekad yang kuat, maka semua bisa terwujud. namun apabila anda mengalami kesulitan dalam mencapai berat badan yang ideal, anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran serta pengaturan pola makan yang disarankan oleh dokter.

Beberapa informasi tersebut mengenai cara menghitung berat badan ideal yang mudah dan juga langkah-langkah untuk mendapatkan berat badan yang ideal, bisa anda terapkan agar bisa mencapai keinginan anda untuk memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *