Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Tidak perlu ditanya lagi, memiliki berat badan yang ideal sudah pasti menjadi dambaan setiap orang. Berat badan jelas mempengaruhi bentuk tubuh, apakah tubuh terlihat terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Dengan tercapainya berat badan ideal, tentu kepercayaan diri akan sangat meningkat. Namun, pandangan orang-orang berbeda-beda tentang memandang bagaiman ideal itu sendiri.

Jadi, apakah bentuk tubuh ideal yang anda pikirkan itu benar merupakan berat badan ideal? Pandangan orang-orang cenderung terlalu subjektif dalam melihat hal ini. Bisa saja yang anda pikirkan tentang bentuk tubuh ideal berbeda dengan teman anda. Lalu, bagaimana kita mengetahui bentuk tubuh yang benar-benar ideal untuk kita? Mari kita simak bagaimana cara menghitung berat badan ideal.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus

Bisa jadi anda kini bingung memikirkan tentang apa itu bentuk tubuh ideal dan berat badan ideal. Sederhananya, bentuk tubuh ideal itu cenderung bersifat subjektif, sedangkan berat badan ideal sudah pasti objektif. Kenapa berat badan ideal pasti objektif? Begini, berat badan ideal itu dihasilkan dari perhitungan yang sudah pasti. Maka dari itu berat badan ideal bersifat objektif.

Jangan terpaku pada pandangan Anda sendiri terhadap seperti apa bentuk tubuh ideal itu sendiri. Bisa jadi itu bersifat subjektif, sehingga apa yang Anda ingin capai bukanlah apa yang seharusnya anda capai.

Lalu, bagaimana kita menghitung berat badan ideal? Tentu saja ada rumusnya. Ada beberapa rumus yang bisa kita gunakan untuk mengetahui berapa sebenarnya berat badan ideal kita.

Rumus BMI

Salah satu cara menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus BMI. BMI adalah singkatan dari (Body Mass Index) atau bisa kita sebut sebagai IMT (Index Massa Tubuh) dan ini kerap dijadikan acuan untuk mengetahui berat badan seseorang. Rumus ini memerlukan tinggi serta berat badan, hasilnya adalah berat badan ideal. Inilah rumus yang digunakan:

Berat Badan Ideal = Berat Badan : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)

  • Berat badan dalam satuan kg.
  • Tinggi badan dalam satuan m.

Jika anda tidak ingin ambil pusing dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus tersebut. Anda bisa menggunakan kalkulator BMI online yang banyak tersedia di internet. Di sana anda tinggal memasukkan berapa berat dan tinggi anda. Setelah itu akan otomatis keluar hasil perhitungannya dengan penjelasan indikator berat badan ideal.

Dalam standar BMI, pria dan wanita memiliki standar yang berbeda perihal berat badan ideal, yaitu sebagai berikut:

  1. Wanita
  • Kurus: < 18 – Anda berada dalam kategori kurus, sebaiknya mulai menambah berat badan dengan memperhatikan makanan yang Anda makan.
  • Berat badan normal: 18 – 25 – Berat badan anda dalam kategori ideal, namun alangkah baiknya untuk tetap menjaga asupan gizi.
  • Kegemukan: 25 – 27 – Anda berada dalam kategori kegemukan, sebaiknya Anda lebih giat berolahraga dan diimbangi dengan menjaga makanan.
  • Obesitas: ≥ 27 – Sebaiknya Anda mulai menjalani program penurunan berat badan, karena obesitas tidak baik bagi kesehatan.
  1. Pria
  • Kurus: < 17 – Anda berada dalam kategori kurus, sebaiknya mulai menambah berat badan dengan memperhatikan makanan yang Anda makan.
  • Berat badan normal: 17 – 23 – Berat badan anda dalam kategori ideal, namun alangkah baiknya untuk tetap menjaga asupan gizi.
  • Kegemukan: 23 – 27 – Anda berada dalam kategori kegemukan, sebaiknya Anda lebih giat berolahraga dan diimbangi dengan menjaga makanan.
  • Obesitas: ≥ 27 – Sebaiknya Anda mulai menjalani program penurunan berat badan, karena obesitas tidak baik bagi kesehatan.

Rumus Brocha

Selain rumus BMI, rumus Brocha juga sering dijadikan acuan untuk mengetahu berat badan ideal. Seperti halnya rumus BMI, rumus Brocha juga memberikan perhitungan yang berbeda antara pria dan wanita.

  1. Rumus Brocha untuk berat badan ideal wanita

Sebelum melakukan perhitungan, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jika wanita yang dihitung berat badan idealnya merasa sangat sehat dan juga sangat bugar, persentase yang digunakan bisa diubah menjadi 10%, dari yang awalnya 15%.

            Berat badan ideal = (Tinggi Badan – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100))

            Contoh: berapa berat badan ideal seorang wanita dengan tinggi badan 165 cm?

            Berat badan ideal = (165 – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100)) = 65 – 9.75 = 55.25

  • Berat badan dalam satuan kg.
  • Tinggi badan dalam satuan cm.
  1. Rumus Brocha untuk berat badan ideal pria

Untuk pria, persentase yang digunakan adalah 10%.

Berat badan ideal = Tinggi Badan – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100))

            Contoh: berapa berat badan ideal pria dengan tinggi 175 cm?

            Berat badan ideal = (175 – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100)) = 75 – 11.25 = 63.75

Selain menghitung berat badan pria dan wanita yang bisa dikatakan telah dewasa, ada juga cara menghitung berat badan ideal anak. Untuk bayi yang baru saja lahir, rata-rata berat badan normalnya dalaha 3,5 kg.

Memperkirakan Berat Badan Ideal Anak

Sebelum kita menghitung berat badan ideal anak, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui asupan gizi yang baik untuk anak. Di masa kanak-kanak, lebih tepatnya masa pertumbuhan, orang tua harus peka dan memiliki pengetahuan tentang bagaimana mencukupi asupan gizi anak. Jangan hanya sekedar memberi makan saja.

Anak perlu diberi asupan gizi yang mendukung tumbuh kembang mereka, kini para orangtua tak perlu khawatir. GIZIDAT dapat mendukung asupan gizi anak serta meningkatkan nafsu makan anak. Bagi para orangtua, Anda bisa mengatasi masalah nafsu makan anak dan juga yang terpenting menemani tumbuh kembang mereka dengan khasiat nyata madu GIZIDAT.

Madu GIZIDAT sendiri diformulasikan dari tiga bahan pilihan. Pertama adalah madu hutan, madu hutan alami memberi nutrisi yang maksimal yang berasal dari lebah-lebah liar dan keanekaragaman hayati hutan tropis Indonesia. Lalu ada kurkumin atau lebih dikenal dengan temulawak, bahan yang telah dipercaya ratusan tahun di Nusantara untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain dua bahan pilihan yang telah disebutkan, ada bahan yang tak kalah penting; yaitu sidat. Protein sidat kini mulai dikenal luas oleh masyarakat karena memiliki kandungan protein yang inggi bahkan meleebihi kandungan protein salmon norwegia, menjadikannya komoditas ekspor favorit ke Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai apa itu Madu GIZIDAT, Anda bisa mencari tahu melalui https://gizidat.com/ atau melalu akun instagramnya yaitu @gizidat.

Berikut adalah rumus yang dapat digunakan untuk mengetahui berat badan ideal untuk anda:

  • Usia 3 hingga 12 bulan

Berat badan anak (kg) = (Usia dalam bulan + 9) : 2

  • Usia 1 hingga 6 tahun

Berat badan ideal (kg) = (Usia dalam tahun x 2) + 8

  • Usia 7 hingga 12 tahun

Berat badan ideal (kg) = ((Usia dalam tahun) x7 – 5) : 2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *