Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara meningkatkan daya ingat anak sebenarnya tidak begitu sulit. Yang penting Anda mengetahui langkah tepat untuk dilakukan. Karena tidak sedikit orangtua belum mengetahui hal yang harus dilakukan supaya ingatan anak bisa semakin tajam. Salah satu trik mudah supaya daya ingat menjadi maksimal adalah dengan menerapkan asuhan yang tepat. Terutama saat anak masih bayi.

Karena ada banyak hal yang dapat memengaruhi ketajaman daya ingat. Mulai dari makanan yang di konsumsi anak, pola asuhan yang baik dan benar, latihan mengasah ingatan, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan usia batita hingga balita memang memiliki daya ingat yang singkat. Dan orangtua memiliki peran penting supaya anak tidak mengalami fenomena seperti amnesia kanak-kanak.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Paling Tepat

Bagi Anda yang sedang mencari cara untuk memaksimalkan daya ingat anak. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, supaya daya ingat anak berfungsi secara maksimal:

1. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Daya ingat pada anak sangat bergantung pada asupan nutrisi yang diberikan oleh orangtua. Oleh sebab itu, pastikan kalau Anda memberikan makanan yang kaya akan kandungan gizi. Karena otak sangat membutuhkan nutrisi supaya bisa bekerja secara maksimal. Beberapa makanan yang disarankan untuk di konsumsi antara lain adalah:

  • Zat ini dapat ditemukan pada sayuran brokoli, bayam, kubis, dan asparagus. Kemudian bisa juga dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, buah alpukat, strawberry, jeruk, dan sebagainya.
  • Omega 3. Kandungan Omega 3 ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi ikan tuna, makarel, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak ikan.
  • Yang terakhir adalah rajin memberikan anak makanan dengan kandungan Vitamin B dan B12. Vitamin tersebut dapat ditemukan pada sayuran hijau, susu, gandum, dan keju.

2. Tidur Teratur

Tidur Teratur

Perlu diketahui, bahwa gangguan tidur ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun juga oleh anak-anak. Jika dibiarkan terus-menerus, maka kondisi tersebut dapat memberikan dampak negatif pada anak. Salah satunya adalah menurunkan daya ingat. Oleh sebab itu, sebagai orangtua, maka pastikan kalau anak Anda mendapatkan istirahat cukup.

Seorang direktur dari lembaga pediatric di Boston, yaitu Richard Feber mengungkapkan, bahwa anak-anak yang masih berusia di bawah 4 tahun memerlukan tidur selama kurang lebih 11 hingga 12 jam dalam sehari. Termasuk juga tidur siang. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk bisa menerapkan kebiasaan tidur siang kepada anak-anak.

3. Membiasakan Anak Minum Air Mineral Secara Teratur

Membiasakan Anak Minum Air Mineral Secara Teratur

Meskipun kelihatannya sangat sepele, namun membiasakan anak untuk minum air mineral secara berkala dapat memberikan dampak positif bagi tubuh dan kesehatan. Karena ada satu hal yang mungkin kurang diperhatikan oleh orangtua, bahwa pada usia balita anak kadang mulai menjadi pemilih, terutama soal makanan dan minuman.

Dalam fase tersebut, tidak sedikit anak yang kemudian menginginkan perubahan hidup. Misalnya dengan mengkonsumsi minuman tertentu yang dirasa lebih enak. Dan sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan batasan. Karena minuman terbaik untuk anak adalah air mineral. Yang memang pure dan bisa membuat tubuh prima.

Selain itu, dengan minum air mineral secara teratur, maka akan membantu proses terbentuknya sel darah merah. Yang mana berfungsi sebagai pembawa oksigen ke dalam sel otak. Dan oksigen merupakan elemen paling penting, yang berfungsi untuk memaksimalkan daya ingat.

4. Melakukan Aktivitas Outdoor

Jalani Pola hiduMelakukan Aktivitas Outdoorp sehat

Cara meningkatkan daya ingat anak yang selanjutnya adalah melakukan outdoor activity. Jadi, jangan biasakan anak hanya bermain di dalam rumah saja. Apalagi sampai menjadi gadget addicted. Dengan sering mengajak anak bermain di luar, khususnya di alam, maka akan membuat asupan oksigen ke otak menjadi lancar.

Hal sederhana tersebut pula yang akan memicu tingkat keaktifan, dan kreativitas anak. Oleh sebab itu, sebaiknya biasakan anak Anda melakukan berbagai kegiatan di tempat terbuka sejak usia dini. Sehingga daya ingatnya juga semakin tinggi, dan anak mengalami tumbuh kembang dengan sempurna.

5. Melatih Anak

Melatih Anak

Penting untuk diketahui oleh para orangtua, bahwa salah satu hal yang dapat merangsang daya ingat anak adalah melakukan aktivitas, yang melibatkan fungsi panca indera anak. Misalnya saja suara, penciuman, sentuhan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, orangtua memiliki peran sangat penting untuk melatih anak dengan melakukan pemetaan pikiran.

Contoh mudahnya adalah membantu anak mengenali benda sehari-hari yang digunakannya. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mulai memperkenalkan sesuatu yang lebih rumit. Seperti bilangan angka, nama-nama hari, dan lain sebagainya. Latihan tersebut akan sangat membantu anak dalam meningkatkan daya ingat terhadap sesuatu.

6. Membiasakan Anak Mendengar Musik

Membiasakan Anak Mendengar Musik

Tidak banyak orangtua yang menyadari betapa besarnya peran musik dalam merangsang ingatan anak, khususnya bayi. Padahal sebenarnya musik “yang tepat” dapat menstimulasi perkembangan pada otak bayi. Hal ini dikarenakan musik yang diputar berulang-ulang akan langsung melibatkan peran indera pendengaran. Sehingga anak bisa tetap mengingatnya.

Meskipun begitu, sebaiknya perhatikan pemilihan musik yang akan diputar. Untuk usia anak-anak, maka perdengarkan musik dan lagu yang sesuai. Jangan lupa, pada usia balita anak akan selalu meniru kata-kata apa saja yang didengarnya.

7. Mengajak Anak Melakukan Game Menyenangkan

Mengajak Anak Melakukan Game Menyenangkan

Untuk mengasah daya ingat dan ketajaman pikiran anak, Anda bisa melakukan manipulasi pembelajaran. Salah satunya dengan cara mengajak anak bermain game yang menyenangkan, namun terdapat unsur mendidik di dalamnya. Contohnya adalah mengajak anak menyusun puzzle. Sebaiknya pilih tema yang memang disukai oleh anak.

Membiasakan anak bermain game sederhana, namun mengandung unsur fun ini akan sangat membantu mengasah ketajaman berpikirnya. Karena permainan ini akan melibatkan peran otak secara langsung. Dan anak secara tidak sadar akan berpikir bagaimana cara melengkapi space dalam puzzle tersebut.

8. Mengkonsumsi Vitamin

Mengkonsumsi Vitamin

Cara meningkatkan daya ingat anak yang terakhir adalah dengan memberikan produk bervitamin tinggi. Untuk produk seperti ini sebenarnya tidak sulit ditemukan, karena Anda bisa membelinya melalui toko online dan offline. Dan selain itu, harganya juga cukup pricable sehingga dijamin tidak akan membuat kantong menjadi terkuras.

Salah satu produk vitamin yang sangat direkomendasikan adalah Gizidat. Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami, seperti madu hutan, temulawak, dan sidat yang sudah terkenal manfaatnya. Dengan perpaduan 3 bahan berkhasiat dalam satu kemasan produk, akan memaksimalkan fungsi kerja otak anak, termasuk juga meningkatkan daya ingatnya.

Gizidat di racik dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa pure dan sweet yang disukai oleh anak. Jadi, tampilannya seperti madu. Dan dapat di konsumsi dengan minuman atau makanan anak. Dijamin anak akan menyukainya.

Dengan mengkonsumsi Gizidat secara teratur, maka akan membantu mempercepat proses tumbuh kembang anak. Sehingga anak menjadi lebih aktif dan cerdas. Produk ini juga berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan anak. Gizidat dapat dibeli melalui official resmi produsen yang dapat ditemukan di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *