Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Daya Tangkap

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Daya Tangkap

Anak-anak cenderung memiliki kemampuan berpikir cukup baik jika dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu para orang tua sangat membutuhkan cara meningkatkan daya ingat dan daya tangkap. Umumnya hal ini terjadi di rentang usia perkembangan anak sekitar 3 hingga 12 tahun.

Namun, jika daya ingat sudah menurun di rentang usia tersebut, maka perlu diwaspadai. Para orang tua bisa saja panik karena hal tersebut. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada beberapa faktor dan solusi untuk mengatasinya

Mengetahui Penyebab Daya Ingat dan Daya Tangkap Orang Anak Menurun

Anak sebenarnya sangat membutuhkan kemampuan berpikir selama masa perkembangan dan pertumbuhan secara fisik. Karena pada masa-masa tersebut mereka harus belajar banyak hal agar bisa menjadi orang yang tangguh di masa depan, khususnya bagi orang yang berarti di sekitar mereka. Tentu menjadi hal sulit jika mereka memiliki daya pikir dan daya ingat rendah.

Mengetahui Penyebab Daya Ingat dan Daya Tangkap Orang Anak Menurun

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan setiap anak sering lupa karena daya ingat serta daya tangkapnya menurun. Bisa terjadi karena sebuah penyakit menurun pada anak-anak, kecelakaan, gangguan kognitif, dan sebagainya. Dan bisa juga disebabkan pola hidup yang kurang sehat.

Ketika mendengar tentang daya ingat dan daya tangkap anak menurun harusnya setiap orang tua memberikan perhatian dengan baik. Mereka tidak boleh untuk berfokus hanya pada kesibukan harian orang dewasa saja. Tetapi pada diri seorang anak juga diperlukan, mengingat mereka pun memerlukan pembentukan karakter, pemikiran, dan ingatan untuk masa depan.

Jangan remehkan tentang menurunnya kemampuan berpikir seorang anak karena sangat berarti bagi generasi mendatang. Ada berbagai faktor yang harus diketahui penyebabnya, untuk kemudian diatasi dengan beberapa cara meningkatkan daya ingat dan daya tangkap anak di bawah ini.

Inilah 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Daya Tangkap Orang Anak

Setelah mengetahui beberapa faktor yang umumnya menyebabkan para anak mudah lupa, atau memiliki daya tangkap yang tidak cukup baik. Selanjutnya ada beberapa solusi yang bisa dilakukan dan diusahakan oleh semua orang tua agar ingatan dan daya pikir mereka dapat terjaga hingga tua.

1. Jaga Pola Makan Sehat

Semua bagian organ tubuh dapat bekerja dengan baik jika mendapatkan asupan makanan yang baik pula. Semua orang termasuk anak-anak sebenarnya bisa memiliki daya ingat dan daya tangkap otak yang baik sejak usia dini hingga tua. Bahkan tidak jarang di masa lalu para anak memiliki kecerdasan dan daya ingat luar biasa di usia dini.

Jaga Pola Makan Sehat

Namun, di masa kini justru kebanyakan anak dengan mudah melupakan banyak hal penting dalam hidupnya. Itu bisa diatasi dengan menjaga pola makan sehari-hari dengan baik. Caranya dengan memilih makanan sehat serta menjaga pola makan sehat tersebut secara rutin.

Konsumsi buah, sayur, dan makanan yang tidak mengandung kolesterol atau kandungan berbahaya lainnya bagi kesehatan, karena mengancam kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat. Sebaiknya hindarkan makanan berlemak yang kini banyak sekali ditemui di pasaran. Anda harus bisa menjaga keinginan  anak untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat.

2. Jaga Pola Tidur

Setiap orang membutuhkan waktu untuk beristirahat dari berbagai aktivitas yang melelahkan termasuk saat berpikir. Kesibukan yang dilakukan seharian penuh bisa menyita waktu panjang bagi otak untuk bekerja secara penuh. Jika otak dipaksa terus menerus bekerja, kelelahan bisa dialami otak dan untuk mengurangi bebannya beberapa kemampuannya pun berkurang.

Jaga Pola Tidur

Jaga waktu tidur anak dalam sehari, Anda perlu mengistirahatkan pikiran anak dengan tidur minimal 7-8 jam sehari. Bila perlu disesuaikan dengan kemampuan mereka untuk beraktivitas sesuai daya tahan tubuhnya. Jika anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak untuk memperbaiki metabolisme, maka bisa tidur lebih dari 8 jam sehari.

Jangan biasakan anak begadang, mengingat di usia perkembangan mereka menjadi lebih aktif. Jika Anda bisa mengatur pola tidur anak, maka otak bisa memperbaiki daya kemampuannya setiap hari dengan baik, khususnya di pagi hari saat mulai beraktivitas.

3. Biasakan dan Paksakan Diri Berolahraga Secara Rutin

Olahraga juga menjadi salah satu faktor penting bagi semua orang untuk mendapatkan tubuh dan otak yang sehat. Kemampuan daya ingat dan daya pikir otak sebagian besar juga dipengaruhi oleh faktor satu ini.

Biasakan dan Paksakan Diri Berolahraga Secara Rutin

Hal ini terbukti melalui penelitian secara psikologis dan medis, bahwa tubuh segar dan sehat akan mempengaruhi kinerja otak dengan baik. Otak bisa bekerja secara maksimal, selain itu otak juga bisa menghasilkan ide-ide kreatif setiap hari setelah berolahraga. Terapkan kebiasaan olahraga rutin pada anak. Bila perlu paksa mereka untuk berolahraga rutin di pagi atau sore hari.

4. Pastikan Asupan Gizi Terpenuhi dengan Gizidat

Anda juga memerlukan asupan nutrisi dan gizi secara maksimal untuk kebutuhan otak anak. Berikan suplemen makanan yang terjamin dan berkualitas bagi otak, seperti Gizidat. Suplemen ini tidak hanya baik dikonsumsi untuk anak, bahkan remaja dan para orang tua pun bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Pastikan Asupan Gizi Terpenuhi dengan Gizidat

Gizidat terbuat dari madu yang bisa menjaga metabolisme tubuh secara maksimal, memperbaiki sel-sel rusak. Serta meningkatkan daya ingat dan daya tangkap semua orang dari berbagai usia dan kalangan. Gizidat terbuat dari madu  alami 100 persen, yang dipadukan dengan minyak ikan Sidat untuk kemampuan berpikir si anak.

Gizidat seringkali disebut sebagai madu anak ikan sidat sehingga memang benar-benar dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak. Tidak hanya di usia 5-12 tahun saja, para remaja di usia 12 tahun ke atas pun bisa mengkonsumsinya.

5. Sering Membaca dan Melatih Otak Untuk Berpikir

Latihlah anak-anak Anda untuk berpikir agar otak terbiasa untuk bekerja dengan baik dan maksimal. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa membuat beberapa media latihan untuk mereka, seperti beberapa gambar yang memudahkan mereka mengingat hal penting. Atau media belajar lain yang memberikan hiburan cukup menarik.

Sering Membaca dan Melatih Otak Untuk Berpikir

Jangan memberikan cara-cara terlalu membosankan atau terlalu sulit bagi si anak. Contohnya seperti saat Anda memberikan pelajaran matematika. Cara mudah agar anak bisa menangkap materinya dengan mudah yakni, menggambarkan beberapa karakter kesukaan dengan angka-angka. Berikan gambaran pada mereka bahwa angka menyenangkan.

6. Kurangi menggunakan Gadget

Penelitian membuktikan bahwa gadget cukup berbahaya untuk perkembangan kecerdasan dan kemampuan berpikir anak. Bahkan mereka bisa mengalami gangguan kesehatan otak jika terlalu kecanduan gadget. Tidak hanya kemampuan kognitif, kemampuan sosialnya pun akan berkurang.

Kurangi menggunakan Gadget

Jangan berikan gadget kepada anak ketika mereka berada di usia perkembangan dan pertumbuhan, yakni 5 hingga 12 tahun. Berikan ketika mereka memang benar-benar membutuhkannya, serta siap menerima berbagai pengaruh buruknya dengan baik.

Beberapa cara meningkatkan daya ingat dan daya tangkap pada otak anak di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dan jangan lupa memenuhi gizi untuk otaknya dengan Gizidat yang bisa ditemukan dengan mudah secara online. Cukup memesan dan menunggunya dari rumah, Anda bisa memenuhi kebutuhan si anak dengan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *