Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dalam Belajar

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dalam Belajar

Salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam belajar bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat, menerapkan pola hidup sehat, dan juga melakukan beragam kegiatan yang melibatkan peran otak. Karena organ tersebut memiliki peran sangat penting dalam berpikir. Dan menurunnya fungsi kerja otak juga bisa mengakibatkan daya ingat melemah.

Jika dipelajari secara lebih spesifik, ada banyak sekali faktor penyebab penurunan fungsi pada otak. Yang membuat kinerjanya tidak maksimal. Dimana apabila dibiarkan, maka akan mengakibatkan gangguan pada konsentrasi. Kalau sudah begitu, kegiatan seperti belajar juga tidak bisa dilakukan dengan baik dan benar. Dan sayangnya, penurunan fungsi otak bisa terjadi pada semua usia.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi dalam Belajar Sehingga Lebih Fokus

Bagi Anda yang mengalami, atau memiliki anak dengan masalah sulit konsentrasi saat disuruh belajar. Sebaiknya pahami terlebih dahulu faktor penyebabnya. Karena bisa saja disebabkan pengaruh eksternal yang mengalihkan perhatian, seperti gadget.

Namun, kalau ternyata penyebabnya adalah faktor internal, yaitu menurunnya fungsi otak. Di bawah ini adalah beberapa cara ampuh yang dapat dicoba diterapkan. Supaya daya ingat anak meningkat dan bisa lebih fokus.

1. Melakukan Kegiatan Baru

Melakukan Kegiatan Baru

Salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan otak dan meningkatkan fungsi kerjanya, adalah dengan melakukan latihan seperti melakukan kegiatan baru secara terus menerus. Hal ini akan membantu meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Karena artinya, otak harus bekerja dan berpikir bagaimana cara menyelesaikan sesuatu yang dikerjakan.

Ketika Anda melakukan sesuatu yang baru seperti membuat kerajinan tangan misalnya. Kemampuan kognitif akan sangat dibutuhkan. Dan sebuah riset menunjukkan, kalau melakukan atau mempelajari hal baru dapat membantu menjaga ingatan seseorang. Disini, Anda bisa mengerjakan apa saja yang sesuai dengan minat dan ketertarikan.

2. Olahraga Teratur

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, namun juga organ dalam seperti otak. Hal ini dikarenakan saat berolahraga otak akan terus terpacu dan bekerja hingga batas maksimal. Dan pada kondisi tersebut, suplai darah yang mengalir menuju ke sel otak juga menjadi semakin lancar.

Bukan hanya itu, saat berolahraga, sel saraf ternyata akan menghasilkan protein fakto neurotropis. Yang mana dapat merangsang produksi zat kimia positif, yang berfungsi meningkatkan kemampuan kognitif. Dan salah satunya adalah tingkat fokus saat belajar.

3. Mengasah Mnemonik

Mengasah Mnemonik

Bagi sebagian masyarakat awam mungkin masih asing dengan kata “Mnemonik”. Secara sederhana, ini merupakan sebuah konsep untuk mengasah ketajaman pikiran. Ada banyak hal yang dapat diterapkan disini, antara lain: Melakukan pemetaan pikiran, membuat sebuah akronim, membuat visualisasi dari suatu benda dan fungsinya, dan lain sebagainya.

4. Repetisi Ingatan

Repetisi Ingatan

Repetisi atau pengulangan, adalah salah satu metode yang tepat dalam membantu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam belajar. Dengan menerapkan metode ini dalam kehidupan sehari-hari, maka bukan hanya akan mengasah ingatan saja, namun juga kecerdasan seseorang. Karena Anda sudah pasti akan mengingat apa yang dipelajari.

Disini, ada banyak hal yang bisa dipilih sebagai cara repetisi. Mulai dari menghafal suatu pelajaran, belajar bahasa baru, atau bahkan bermain musik. Yang harus dilakukan adalah mengulang kegiatan tersebut sampai Anda hafal di luar kepala.

5. Visualisasi Ingatan

Visualisasi Ingatan

Sebagian orang terlahir dengan tidak mempunyai photographic memory. Sehingga kesulitan dalam mengingat nama serta wajah seseorang. Meskipun kedengarannya sangat sepele, namun kalau tidak segera dicari solusinya akan memberikan dampak negatif pada orang tersebut.

Salah satu metode untuk mengatasi photofraphic memory adalah dengan visualisasi. Salah satunya adalah membuat persamaan, yaitu mengibaratkan nama seseorang dengan sesuatu yang familiar. Atau apa saja ciri khas dari orang tersebut, misalnya tahi lalat, warna rambut, dan sebagainya. Sehingga Anda dapat mengenalinya saat bertemu.

6. Melakukan Permainan yang Mengasah Otak

Melakukan Permainan yang Mengasah Otak

Sebenarnya ada cukup banyak permainan mengasah otak yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyusun puzzle. Yang mana dalam bermain, maka akan menuntut Anda melibatkan otak secara langsung. Karena salah satu faktor penyebab lupa dan tidak fokus adalah karena otak jarang diasah. Sehingga proses berpikir menjadi lebih lamban.

Supaya daya ingat dan konsentrasi semakin meningkat, sebaiknya Anda memainkan game yang bisa mengasah otak setidaknya sekali dalam sehari. Setelah beberapa waktu, maka Anda akan melihat perubahannya. Karena metode ini terbukti ampuh dalam meningkatkan konsentrasi saat belajar. Jadi, tidak ada lagi kata jenuh saat belajar.

7. Cukup Tidur dan Istirahat

Cukup Tidur dan Istirahat

Sebuah riset di Harvard University menunjukkan, bahwa ingatan manusia akan meningkat setelah mendapatkan istirahat yang cukup. Khususnya tidur pada malam hari. Karena setelah beraktivitas seharian, bukan tubuh saja yang akan merasa lelah, namun juga otak. Dengan memberikan istirahat cukup, maka Anda juga akan lebih siap dalam melakukan berbagai hal.

Hal ini bukan hanya berlaku pada orang dewasa, namun juga anak-anak. Jam tidur yang cukup akan membuat kemampuan kognitif meningkat. Oleh sebab itu, jika ingin anak Anda mengalami tumbuh kembang sempurna, maka selalu pantau jam tidurnya dalam sehari.

8. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Supaya daya ingat dan konsentrasi meningkat, maka otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Sehingga bisa bekerja dengan lebih maksimal. Selain itu juga hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti fast food dan gorengan misalnya. Karena sebenarnya, untuk mendapat makanan sehat itu sangat mudah dan juga murah.

Kalau Anda masih ketergantungan dengan makanan instant, maka mulai sekarang harus merubah pola makan. Sebaiknya konsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Beberapa senyawa tambahan yang terbukti mampu merangsang perkembangan pada otak, antara lain: MCT atau Medium Chain Triglycerides yang terkandung dalam minyak kelapa, dan Omega 3 yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sea food terutama ikan, kedelai, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

9. Mengkonsumsi Suplemen Tambahan

Mengkonsumsi Suplemen Tambahan

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam belajar yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Sederhananya adalah, suplemen yang berfungsi untuk merangsang perkembangan pada otak. Jika mendapatkan asupan yang cukup, maka kinerja otak juga akan bekerja secara maksimal. Dan tingkat fokus juga menjadi semakin tajam.

Salah satu produk suplemen yang memiliki khasiat untuk menutrisi otak adalah Gizidat. Produk herbal alami yang dibuat dari bahan baku madu hutan, kurkumin, dan sidat ini memiliki beragam manfaat, khususnya dalam mendukung tumbuh kembang anak. Dengan mengkonsumsi Gizidat secara teratur, maka berbagai masalah kesehatan anak dapat diatasi.

Selain memiliki khasiat dalam meningkatkan kecerdasan anak. Gizidat juga dapat merangsang nafsu makan, dan memperkuat daya tahan tubuh. Jadi, memang sangat worth to try. Kalau masih ragu, maka Anda bisa melihat berbagai testimoni pengguna produk ini di Internet. Karena meskipun termasuk produk baru, namun Gizidat ini sangat diminati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *