Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam waktu singkat memang sangat dicari saat ini. Khususnya yang dapat di aplikasikan mulai usia anak-anak. Karena setiap orangtua pasti ingin memiliki anak cerdas. Dan salah satu jalan untuk mencapainya adalah, anak harus memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Kalau mudah lupa, maka akan sulit untuk bisa meraih apa yang diimpikan.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan supaya daya ingat menjadi semakin tajam. Misalnya saja dengan memperbaiki pola hidup, dan juga mengkonsumsi makanan bergizi. Apalagi pada usia anak, asupan gizi yang masuk ke tubuh memiliki peran penting dalam pertumbuhannya. Termasuk juga dalam memaksimalkan kinerja otak.

Faktor Penyebab Lemahnya Daya Ingat

Sebelum membahas bagaimana cara untuk meningkatkan daya ingat, maka ada baiknya mengetahui faktor penyebab kenapa daya ingat bisa melemah. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan lengkapnya:

1. Kurang Tidur

Kurang Tidur

Tanpa disadari, kurang tidur dan hobi begadang ternyata bisa menurunkan daya ingat seseorang. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Riset menyebutkan, kalau setiap orang membutuhkan minimal 6 jam tidur malam. Apabila waktu tidur kurang dari jam tersebut, maka berpotensi melemahkan daya ingat dan tingkat fokus.

Kebanyakan begadang akan menguras energi tubuh. Yang mana dalam kondisi lelah tersebut, maka tingkat konsentrasi akan menurun drastis. Dan Anda tidak bisa membayar jam tidur yang sudah terbuang, dengan menggantinya tidur lebih lama di lain waktu.

2. Tiroid

Tiroid

Faktor lain yang dapat melemahkan daya ingat adalah penyakit tiroid. Kabar buruknya adalah bawa penyakit ini bisa terjadi pada semua level usia. Jadi, bukan hanya orang dewasa saja. Anak-anak juga memiliki potensi mengidap tiroid, yang terjadi pada kelenjar. Dan dampak dari tiroid adalah kerusakan pada ingatan seseorang, sehingga mudah lupa dan tidak fokus.

3. Kekurangan Vitamin

Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin tertentu seperti B12 juga bisa menjadi penyebab menurunnya daya ingat. Apalagi, vitamin memang sangat dibutuhkan oleh otak untuk memaksimalkan fungsi dan kinerjanya. Apabila tubuh kekurangan suplai vitamin yang diperlukan, maka daya ingat akan mulai menurun secara perlahan. Dan bisa berakibat fatal kalau tidak segera diatasi.

4. Depresi

Depresi

Pada orang dewasa, faktor terbesar yang menyebabkan penurunan daya ingat adalah depresi. Namun sebenarnya, usia anak-anak juga berpotensi terserang depresi. Bisa saja karena faktor lingkungan, keluarga, atau eksternal seperti bully. Yang membuat anak menjadi terluka dan terus kepikiran. Hal tersebut dapat membuat anak seperti losing mind.

5. Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi Alkohol

Orang dewasa yang memiliki kecanduan berlebihan pada minuman beralkohol juga memiliki daya ingat lemah. Jika tidak segera ditanggulangi, maka dapat menyebabkan dampak negatif serius. Meskipun awalnya hanya bermasalah dengan ingatan jangka pendek, tapi bisa berkembang menjadi masalah ingatan jangka panjang, dan bahkan amnesia.

6. Diabetes

Diabetes

Penderita diabetes memang memiliki risiko terkena penyakit bernama “Pikun”. Hal tersebut disebabkan kegagalan pada sistem vaskular. Yang kemudian membuat daya ingat melemah. Selain diabetes, ada beberapa penyakit lain yang bisa merusak konsentrasi seseorang. Di antaranya adalah, ginjal, paru-paru, hati, dan lain sebagainya.

7. Jarang Olahraga

Jarang Olahraga

Olahraga secara teratur terbukti mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Sedangkan jarang melakukan olahraga, juga akan memberikan dampak sebaliknya. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh dan sistem yang tidak sehat. Sehingga mengakibatkan lemahnya daya ingatan seseorang.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Paling Ampuh

Setelah mengetahui apa-apa saja faktor yang menyebabkan menurunnya ingatan seseorang. Di bawah ini adalah beberapa trik ampuh yang dapat membuat daya ingat serta konsentrasi meningkat dalam waktu singkat:

1. Jalan Jalan di Alam

Jalan Jalan di Alam

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan memperbanyak menghirup udara segara. Jika selama ini Anda selalu menghabiskan waktu di dalam ruangan, maka mulai sekarang biasakan untuk jalan-jalan di luar ruangan, terutama di alam bebas dimana udara masih bersih. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat ingatan seseorang.

Melakukan aktivitas di alam akan membuat suplai oksigen semakin lancar. Yang mana akan membantu relaksasi pada saraf dan otak. Dan membuat kinerja otak menjadi semakin bagus. Jadi, mulai sekarang jangan malas untuk berkunjung ke alam.

2. Istirahat Cukup

Istirahat Cukup

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Jika terlalu lelah, maka akan mengakibatkan penurunan fungsi pada sistem. Salah satunya ingatan. Oleh sebab itu, jika selama ini Anda terlalu sibuk sampai lupa istirahat. Sekarang saatnya untuk membayar istirahat yang kurang tersebut. Misalnya saja dengan memperbaiki pola tidur.

3. Sarapan Teratur

Sarapan Teratur

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sarapan secara teratur bisa menjadi cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi paling ampuh. Meskipun kelihatannya sangat sepele, ternyata makan pagi akan membantu Anda untuk lebih fokus dalam menghadapi sesuatu. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya jangan pernah melewatkan sesi sarapan.

Hal ini dikarenakan sarapan adalah kesempatan pertama tubuh dalam mengisi ulang asupan glukosa. Setelah sebelumnya istirahat selama beberapa jam tanpa makanan (Tidur). Dan glukosa adalah salah satu sumber energi utama untuk tubuh manusia.

4. Meditasi

Meditasi

Mungkin Anda sudah sering mendengar anjuran dari para neuropsychologist tentang manfaat melakukan meditasi. Hal tersebut memang terbukti benar adanya, karena aktivitas meditasi ini bisa merubah struktur pada otak. Selain itu, meditasi juga merupakan cara relaksasi terbaik yang berfungsi melatih kepekaan dan konsentrasi. Jadi, sangat worth to do.

Anda yang mengalami masalah penurunan ingatan karena faktor internal seperti depresi, dan sebagainya. Bisa menjadikan meditasi sebagai alternatif solusi. Ketika pikiran dan tubuh bisa menyatu dan Anda merasakan ketenangan. Kinerja otak akan menjadi lebih maksimal. Dan Anda akan lebih siap untuk menghadapi apa saja, termasuk juga mengingat sesuatu.

5. Mengkonsumsi Vitamin

Mengkonsumsi Vitamin

Sebagaimana yang Anda ketahui, kalau sekarang ini banyak sekali vitamin untuk memperkuat ingat yang dijual di pasaran. Tentunya hal tersebut menjadi nilai plus bagi calon customer, karena Anda bisa memutuskan mengkonsumsi vitamin sesuai yang dibutuhkan. Sebagai suplai untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Namun pertanyaan yang kemudian timbul adalah, Apakah vitamin tersebut aman dan ampuh saat di konsumsi? Karena faktanya, ada banyak sekali produk yang dibuat oleh oknum tidak bertanggungjawab. Kalau Anda masih belum memiliki referensi vitamin yang akan dibeli. Sangat dianjurkan untuk mencoba produk Gizidat yang sudah terbukti manfaatnya.

Gizidat adalah produk vitamin anak yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti madu hutan, temulawak, dan sidat. Yang memang sudah terkenal khasiatnya bagi tubuh. Selain menjadi cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi terbaik. Gizidat juga dapat mengatasi masalah nafsu makan pada anak.

Dengan mengkonsumsi produk Gizidat secara teratur, maka akan membantu anak lebih fokus dalam beragam aktivitas. Selain itu juga akan memaksimalkan proses tumbuh kembang, sehingga anak menjadi lebih aktif, kreatif, dan cerdas. Jadi, sangat cocok sekali dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai masalah dalam proses pertumbuhan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *