Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Kini kebanyakan orang tentu tidak asing lagi dengan banyaknya penyakit hilang memori pada otak, seperti amnesia, demensia, Alzheimer, stroke, dan pikun. Beragam penyakit tersebut tergolong sebagai penyakit ringan hingga parah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan bahaya kehilangan memori, apalagi jika salah satu penyakit level ringan terjadi pada anak.

Anda harus segera mengatasinya dengan menggunakan cara meningkatkan daya ingat otak, khususnya bagi para penderita penyakit hilang memori tersebut. Sebelum itu, agar Anda bisa mencegahnya, perlu mengetahui beberapa faktor penyebab bagi beberapa orang yang mengalami hilang memori, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Faktor yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Hilang Memori

Kemampuan dan pertahanan otak dalam mengingat seharusnya dijaga sejak masa kanak-kanak. Karena sangat berpengaruh pada perkembangannya di usia dewasa hingga tua nanti. Namun, kini banyak sekali orang yang justru meremehkannya, salah satu contoh ketika masalah sepele sering terjadi adalah “lupa”, ini merupakan gejala awal dari adanya gangguan pada saraf otak.

Kehilangan memori memang kebanyakan terjadi pada orang-orang lanjut usia, namun kini tidak jarang juga penyakit tersebut diderita oleh kalangan remaja atau bahkan anak-anak. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui bahwa hilang memori tersebut bisa dialami oleh semua orang.

1. Kecelakaan

 Kecelakaan

Kecelakaan adalah salah satu kejadian yang berpotensi menyebabkan seseorang mengalami gangguan ingatan. Namun, tergantung pada seberapa parah kecelakaan tersebut terjadi, jika terdapat benturan pada kepala si korban maka besar kemungkinan mengalami masalah pada otak. Seperti amnesia, pikun, kehilangan memori spasial, dan sebagainya.

2. Bertambahnya Usia

Bertambahnya Usia

Semua orang tentu menganggap bahwa faktor bertambahnya usia yang menyebabkan memori pada manusia berkurang adalah hal yang wajar. Namun, perlu Anda ketahui bahwa di masa lalu para orang tua memiliki kemampuan mengingat yang cukup baik. Meskipun pada beberapa penelitian menyebutkan bahwa kemampuan otak pun menurun saat usia bertambah.

Ini sebenarnya bisa dilatasi dengan cara meningkatkan daya ingat otak, bila perlu cara tersebut diterapkan sejak dini. Oleh karena itu, para orang  tua memiliki peran yang besar dalam mendukung perkembangan otak anak.

3. Asupan yang Tidak Bergizi

Asupan yang Tidak Bergizi

Asupan zat-zat penting dari luar juga menjadi pendukung yang potensinya cukup besar dalam memengaruhi kemampuan otak untuk mengingat. Jika makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut Anda mengandung zat-zat seperti lemak, msg berlebihan, pengawet, dan bahan berbahaya lainnya tentu sangat berpotensi mengalami gangguan ingatan.

4. Beragam Penyakit Berbahaya

Beragam Penyakit Berbahaya

Beberapa jenis penyakit juga dapat memengaruhi daya ingat seseorang, seperti diabetes, stroke, dan sebagainya. Namun, hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat, serta mengkonsumsi suplemen seperti Gizidat. Kandungannya alami sehingga bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

5. Stres

Stres

Terlalu banyak beban yang menyebabkan aktivitas otak meningkat juga dapat menghilangkan memori, baik jangka panjang maupun pendek. Beban pikiran tersebut bisa menyebabkan stress yang bisa dialami oleh kalangan remaja hingga dewasa. Anak-anak jarang mengalami hal ini di masa kini karena mereka bisa melakukan banyak hal yang membuat ceria.

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Bagi Para Penderita Penyakit Hilang Memori

Beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya memori di atas sebenarnya bisa dicegah dengan metode yang cukup mudah. Namun, harus dilakukan secara rutin oleh semua orang. Tetapi, jika sebagian besar orang telah mengalami penyakit hilang memori, tentu satu-satunya yang perlu diketahui dan dilakukan adalah solusi untuk mengatasinya.

Berbagai solusi tersebut bisa diterapkan untuk semua kalangan, termasuk anak-anak yang kini sering mengalami gejala hilang memori. Penting bagi para orang tua untuk mencegahnya dan mengatasinya melalui cara meningkatkan daya otak pada beberapa poin di bawah ini.

1. Tidur Cukup Secara Rutin

Tidur Cukup Secara Rutin

Biasakanlah untuk tidur secara rutin, karena otak sangat membutuhkan istrihatat. Selain itu, otak juga bisa meningkatkan kemampuannya dalam merekam berbagai peristiwa dan materi yang dipelajari selama tidur. Khususnya bagi anak-anak, terapkan kebiasaan tidur sehari 8 jam agar daya ingat mereka meningkat, serta menghindari resiko hilang ingatan di masa selanjutnya nanti.

Begitupun bagi para penderita yang telah mengalami berbagai penyakit hilang ingatan, salah satu yang paling parah seperti stroke. Berikan waktu yang lebih lama bagi mereka untuk beristirahat. Terapkan juga pada beberapa penderita kepikunan, Alzheimer, dan amnesia.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi adalah mengandung zat yang bernutrisi dan bergizi tinggi. Karena zat-zat tersebut diperlukan untuk perkembangan otak dan meningkatkan daya ingatnya. Konsumsi makanan dan minuman sehat ini perlu diterapkan sejak dini agar tidak menyesal di hari tua nanti.

Terutama bagi para penderita hilang memori, pastikan bahwa asupan makanan dan minumnya benar-benar terjaga. Hindari beragam makanan tidak sehat yang mengandung pengawet kimia, pemanis buatan, MSG, lemak jahat, dan lainnya.

3 .Konsumsi Suplemen Gizidat Secara Rutin

Konsumsi Suplemen Gizidat Secara Rutin

Makanan dan minuman sehat saja tidak cukup, Anda juga memerlukan pelengkap untuk menambah gizi seperti Gizidat. Suplemen tersebut bisa dikonsumsi oleh berbagai usia, baik anak-anak, remaja, juga para orang dewasa. Selain menambah kesehatan secara fisik, Gizidat juga bisa meningkatkan daya ingat otak, khususnya bagi para penderita penyakit hilang memori.

Gizidat terbuat dari berbagai bahan alami, seperti madu hutan yang kaya manfaat, kurkumin, serta ikan sidat. Semua bahan tersebut secara alami mampu meningkatkan daya ingat otak. Selain itu, daya tahan tubuh juga terjaga sehingga sangat cocok dikonsumsi semua orang termasuk penderita penyakit hilang memori. Selain alami dan terjamin kualitasnya, Gizidat juga mudah didapatkan dengan harga terjangkau melalui laman gizidat.com.

4. Latih Kemampuan Otak untuk Mengingat

Latih Kemampuan Otak untuk Mengingat

Upaya yang tidak kalah pentingnya sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat otak yakni dengan melatihnya. Memberikan beberapa latihan seperti memasang puzzle, memberikan kartu bergambar kemudian menutup dan mengacaknya, atau menghafal beberapa kata, biasanya efektif untuk diterapkan pada penderita hilang ingatan.

Beberapa teknik latihan tersebut juga sangat ampuh membantu kinerja otak makin optimal. Cara tersebut makin lebih efektif jika diterapkan sejak dini pada anak-anak, mengingat usianya cukup baik bagi perkembangan otak.

5. Hindari Melamun

Hindari Melamun

Salah satu kegiatan sepele yang sebenarnya cukup berbahaya bagi kemampuan otak untuk mengingat adalam melamun. Kegiatan ini sangat tidak dianjurkan bagi para penderita hilang memori karena melamun justru membuat seseorang melupakan hal penting untuk diingat. Dan mengingat hal yang tidak terlalu penting di kehidupannya secara nyata.

Kelima poin tersebut memiliki penjelasan yang cukup penting untuk diperhatikan oleh semua orang agar mereka menjaga kesehatan otak sejak dini, khususnya bagi anak-anak. Para orang tua yang memiliki peran besar bagi anak tentu perlu menerapkan cara meningkatkan daya ingat otak di atas, dengan memberikan Gizidat sebagai pelengkap gizi untuk otak mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *