Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Stamina

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Stamina

Memiliki anak yang sehat, cerdas dan ceria merupakan keinginan setiap ibu didunia ini. Anak yang hidup sehat harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Untuk memenuhi keinginan tersebut ibu-ibu harus tahu cara meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina anak dengan baik.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar anak tumbuh dengan baik, tidak gampang sakit, sehat dan ceria.

12 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Stamina Pada Anak

1.Sarapan

Sarapan dibutuhkan bagi anak-anak karena anak-anak berktivitas aktif sepanjang hari. Sarapan sangat penting untuk anak agar tidak kekurangan nutrisi penting dan menghambat pertumbuhannya.Membiasakan anak untuk sarapan juga dapat meningkatkan kecerdasan otak anak dan menigkatkan daya tahan tubuh anak.

Sarapan

Sarapan juga dapat dijadikan kebiasaan baik agar anak memiliki energi untuk beraktivitas secara aktif sepanjang hari.

2.Makanan Sehat

Makanan yang sehat dan teratur sangat diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan saya tahan tubuh anak. Anak yang sehat sudah pasti memiliki pola makan yang sehat dan itu dapat dilakukan ibu-ibu dirumah dengan menyiapkan makanan sendiri untuk anak.

makanan sehat

Dimulai dengan membiasakan makan tepat waktu untuk anak, memperhatikan cemilan anak, konsumsi susu dan pengawasan yang paling penting.Penerapan pola makan sehat pada anak-anak juga memiliki manfaat jangka panjang yaitu menjadi kebiasaan yang baik sehingga terus diterapkan sampai mereka dewasa.

3.Banyak Minum Air Putih

Para ahli menyarankan banyak minum air putih baik untuk anak maupun dewasa. Air putih dibutuhkan untuk membantu berbagai fungsi tubuh terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.Membiasakan anak-anak untuk minum banyak air putih memiliki tantangan sendiri bagi ibu-ibu.

Rajin meminum air putih

Namun hal ini dapat dilakukan dengan cara menjelaskan manfaat minum air putih untuk anak, menambahkan campuran lain agar lebih enak dikonsumsi, atau membuat peraturan yang mengharuskan anak meminum air putih sebelum melakukan hal-hal yang mereka sukai.

4.Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayuran dan buahan dapat dijadikan menu sebagai variasi untuk makanan anak-anak. Manfaat sayuran dan buahan selain sebagai sumber serat juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak-anak.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Misalnya jeruk dan jambu yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak. Selain itu masih banyak buah buahan dan sayuran lain yang mengandung vitamin C dan vitamin lainnya yang bisa diberikan pada anak.

Membiasakan anak makan buah dan sayur juga memiliki kesulitan sendiri bagi ibu-ibu, untuk itu dapat diberikan Gizidat yaitu madu alami penambah nafsu makan.

5.Tidur yang cukup

Anak-anak yang kurang tidur memiliki resiko diabetas dan penyakit jantung. Kebutuhan tidur anak-anak sangat penting untuk diperhatikan karena anak-anak kadangkala bermain sampai lupa waktu. Sebagai orang tua kitalah yang seharusnya memperhatikan waktu tidur anak.

Tidur yang cukup

Anak-anak membutuhkan waktu tidur sesuai usianya, untuk balita 12-13 jam sedangkan anak usia diatasnya 9-11 jam. Sebaiknya sempatkan tidur siang untuk anak atau tidur lebih awal untuk memenuhi kebutuhan tidur anak.

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat untuk anak seperti meingkatan kekebalan tubuh, terapi sensori untuk balita, menjadikan berat anak ideal, otak lebih cerdas dan lain-lain.

6.Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan anak adalah tanggung jawab orang tua karena biasanya anak-anak belum bisa membedakan yang kotor dan yang bersih.

Menjaga kebersihan

Dimulai dari rumah sendiri yang harus terjaga kersihannya, selain itu kebersihan makanan dan jajan yang dikonsumsi anak sangat penting diperhatikan.

Lingkungan bermain yang kotor juga dapat berdampak buruk pada anak dan membuat anak gampang sakit karena banyak bakteri dan virus yang dapat dengan mudah menempel pada anak. Oleh sebab itu sebaiknya anak-anak bermain dalam jangkauan orang tuanya sehingga lebih mudah diperhatikan lingkungan tempatnya bermain.

7.Mengajak anak berolah raga

Berolahraga dapat membantu perkembangan, pertumbuhan anak sekaligus menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu olahraga bisa menjadi kegiatan yang menarik untuk anak-anak selain bermain.

Mengajak anak berolah raga

Sempatkan untuk mengajak anak berolahraga minimal sekali seminggu di akhir pekan. Olahraga dapat dilakukan dirumah atau ditaman sehingga anak leboh tertarik untuk berolahraga.

Berolahraga juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, mengkatkan daya tahan tubuh, sebagai sarana bersosialisasi dan lainnya.

8.Hindari Makanan Junk Food Berlebihan

Makanan Junk food banyak disukai anak-anak, namun hal ini perlu dibatasi konsumsinya agar tidak membahayakan tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit pada anak.

Hindari Makanan Junk Food Berlebihan

Bahkan junk food tidak dianjurkan sering dikonsumsi karena tidak mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh, menyebabkan obesitas, kecanduan bahkan melemahkan sistem kekebalan tubuh anak.

9.Biasakan anak mencuci tangan

Membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, sebelum dan setelah makan dan setelah keluar rumah dapat dilakukan orang tua sejak dini.

Biasakan anak mencuci tangan

Tangan yang bersih mencegah penyebaran bakteri dan virus yang mungkin terbawa dari dan ke dalam rumah, sehingga tidak sampai masuk kedalam tubuh anak.

10.Jauhkan dari asap rokok dan polusi

Asap rokok dan polusi sangat tidak baik bagi kesehatan anak-anak. Asap rokok sendiri biasanya dapat terhirup secara tidak langsung oleh anak-anak jika ada perokok disekitarnya.

Jauhkan dari asap rokok dan polusi

Jika memiliki keluarga perokok sebaiknya dijauhkan dengan anak-anak atau diberikan peraturan tidak boleh merokok didekat anak. Melihat orang terdekat merokok juga dapat membawa dampak buruk bagi anak-anak karena hal tersebut dapat ditiru anak.

Polusi yang tidak dapat dihindari diera modern ini sebaiknya dikurangi dengan mencipakan lingkungan yang aman untuk anak-anal, kurangi kegiatan diluar saat siang hari, dan menanam tanaman untuk membersihkan udara sekitar rumah.

11.Rekreasi

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dan staminaanak salah satunya dengan mengajak mereka berekreasi. Mengajak anak berekreasi sangatlah mudah karena pada umumnya anak-anak menyukai rekreasi. Rekreasi dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan dan memberikan efek senang dan nyaman yang nantinya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada anak.

anak rekreasi

Anak juga memerlukan rekreasi untuk pengembangan diri dan sosialisasi dengan lingkungan luar yang lebih luas.Rekreasi juga dapat menambah kedekatan hubungan anak dengan keluarganya.

Rekreasi tidak harus mahal tapi bernilai positif bagi tumbuh kembang anak, misal dapat melakukan rekreasi ditaman kota dekat rumah.

12.Supleman Tambahan

Selain itu carameningkatkan daya tahan tubuh dan stamina anak adalah dengan memberikan supleman tambahan. Saat ini banyak sekali supleman makanan yang dapat diberikan untuk menunjang daya tahan tubuh anak. Supleman makanan sebaiknya yang telah terdaftar di BOPM secara resmi seperti Madu Gizidat.

Tambahkan Dengan Suplemen Gizidat

Madu Gizidat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sekaligus menambah nafsu makan memiliki kandungan madu hutan alami yang memiliki sejuta manfaat kesehatan, kurkumin atau temulawakyang dapat menambah nafsu makan pada anak-anak dan protein sidat yang memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari ikan salmon.

Madu yang manis pastinya disukai anak-anak sehingga mudah sekali untuk dikonsumsi atau ditambahkan kedalam makanan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *