Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Setiap orang tua akan sangat bahagia jika memiliki anak yang sehat dan aktif berakifitas seperti anak lain seusianya. Namun beberapa anak memiliki daya tahan tubuh yang lemah bahkan terhadap perubahan lingkungan sedikit saja  bisa menyebabkan anak tersebut sakit, sehingga membutuhkan perhatian khusus dari orang tuanya.

Banyak faktor penyebab daya tahan tubuh anak menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Beberapa hal yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh anak menjadi lemah adalah sebagai berikut.

5 Hal Penyebab Daya Tahan Tubuh Anak Lemah

1. Kurang Asupan Probiotik

Probiotik berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan saluran pencernaan pada anak-anak dan dewasa. Asupan probiotik sangat diperlukan untuk anak-anak karena jika pencernaan baik maka akan menjauhkan anak dari berbagai macam penyakit.

Mengkonsumsi Makanan yang Dibuat dari Fermentasi

Makanan yang mengandung probiotik misalnya yogurt, susu, tempe, acar, kefir/susu kambing atau juga dalam bentuk suplemen makanan.

2. Kurang Asupan Nutrisi Penting

Anak seringkali memilih makanan yang disukai dan yang tidak disukai. Padahal anak-anak dianjurkan mengkonsumsi berbagai jenis makanan agar terpenuhi segala kebutuhan nutrisinya. Sebagai orang tua yang mempunyai anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah sebaiknya lebih memperhatikan asupan nutrisi anak.

Kurang Asupan Nutrisi Penting

Jika anak kekurangan nutrisi dalam jangka panjang sudah pasti sistem daya tahan tubuhnya menurun sehingga anak mudah terserang berbagai macam penyakit dan terganggunya pertumbuhan anak.

3. Lingkungan yang Terlalu Bersih

Lingkungan yang terlalu bersih juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh anak menjadi lemah karena anak yang selalu berada di lingkungan yang bersih tidak biasa menghadapi lingkungan yang berubah sedikit saja. Tubuh anak tidak terlatih untuk bersentuhan dengan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga tidak terbentuknya antibodi yang bisa melawan penyakit tersebut.

Lingkungan yang Terlalu Bersih

Bahkan disarankan untuk membiarkan anak bermain di luar ruangan agar anak terbiasa dengan lingkungan dan perubahannya yang nantinya menstimulasi antibodi dalam tubuh anak.

4. Kurang Olahraga

Saat ini anak-anak lebih suka berdiam diri di dalam rumah sambil bermain gedget daripada beraktivitas di luar seperti olahraga. Olahraga sangat baik dilakukan untuk anak –anak guna menstimulasi sel-sel darah putih agar mengalir baik ke seluruh tubuh anak.

Kurang Olahraga

Seperti diketahui sel darah putih diperlukan untuk melawan penyakit dari virus dan bakteri. Olahraga dapat menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan meningkatkan kualitas tidur anak agar kekebalan tubuhnya semakin baik.

5. Mengkonsumsi Banyak Gula

Makanan manis banyak disukai anak-anak seperti permen, kue, coklat dan jajanan lainnya yang banyak dijual di warung maupun minimarket. Selain harganya yang murah jajanan dan cemilan manis mudah didapatkan dan menjadi alternatif para ibu-ibu agar anaknya sering makan.

Mengkonsumsi Banyak Gula

Gula yang terkandung di dalam jajanan anak merupakan gula buatan yang tidak mengandung vitamin dan mineral lagi. Selain itu konsumsi gula jenis ini akan menyebabkan kekurangan gizi hingga kegemukan pada  anak. Dan tentunya konsumsi gula yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh anak dan membuatnya gampang sakit.

Itulah beberapa penyebab anak memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah pada anak-anak.

6 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Yang Lemah

1. Jalani Pola hidup sehat

Menjalani pola hidup sehat dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak yang mungkin tidak terpenuhi. Hal ini dimulai dari memvariasikan makanan yang di konsumsi anak, membiasakan anak makan dan tidur tepat waktu, banyak minum air putih dan berolahraga ringan sesering mungkin.

Jalani Pola hidup sehat

Olahraga dapat dilakukan sambil bermain dengan anak, untuk itu orang tua harus saling membantu untuk mengajak anak berolahraga agar mereka tidak cepat bosan. Mengajak anak bermain juga akan menghilangkan stress pada anak karena menghambat produksi hormon stress.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah lingkungan anak, misal hindarkan anak berada di lingkungan perokok dan polusi berbahaya. Pola hidup sehat yang baik dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah pada anak-anak. Selain itu juga bermanfaat untuk kehidupan orang tua yang ikut menjalani pola hidup sehat dengan anak-anak.

2. Makan Asupan yang Bergizi

Asupan yang bergizi tentu sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak dan pembentukan sel-sel darah putih yang melawan penyakit. Dalam hal ini orangtualah yang berperan penting untuk mengawasi dan mengontrol asupan makanan yang di konsumsi anak, seperti menyediakan makanan segar sendiri dan menghindari makanan cepat saji.

Makan Asupan yang Bergizi

Menerapkan makanan yang bervariasi juga dapat memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan anak sehingga anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Bila perlu tambahkan Madu Gizidat untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak sehingga anak dapat mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak disukainya.

Biasakan anak-anak mengkonsumsi buah dan sayur yang bervariasi juga sangat penting karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, air dan lemak nabati yang ramah pada tubuh. Selain itu pengelolaan makanan juga sangat penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi nilai kandungan gizinya.

3. Imunisasi

Imunisasi menjadi pro dan kontra balakangan ini namun sebaiknya dilakukan imunisasi yang lengkap untuk anak guna membentuk antibodi pada anak yang berguna untuk melawan penyakit-penyakit. Imunisasi memiliki banyak manfaat terutama untuk mencegah penyakit menular yang bisa membahayakan anak-anak.

Imunisasi

Imunisasi dilakukan untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh sehingga kebal terhadap berbagai penyakit akibat virus, jamur, bakteri dan parasit lainnya.

4. Cek ke Dokter Secara Rutin

Anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah atau yang sehat sekalipun sebaiknya melakukan pengecekan berkala ke dokter. Pengecekan secara rutin ini bertujuan untuk memeriksa kemungkinan adanya gejala-gejala penyakit tertentu yang tidak dimengerti orang tua.

Cek ke Dokter Secara Rutin

Jika diketahui ada gejala penyakit yang akan muncul jadi bisa dicegah lebih cepat dengan bantuan vitamin atau asupan nutrisi yang tepat. Karena jika anak sudah sakit akan diperlukan pengobatan lain atau mungkin dapat terjadi infeksi yang lebih berbahaya nantinya.

5. Berikan Vitamin Tambahan

Vitamin tambahan diperlukan untuk anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Terutama untuk anak-anak yang sulit dan pilih-pilih makanan sangat disarankan mengkonsumsi vitamin tambahan. Vitamin bisa didapatkan secara alami atau dengan tablet-tablet vitamin yang banyak dijual di apotik.

Berikan Vitamin Tambahan

Saat ini banyak sekali jenis vitamin dalam berbagai merek yang dijual dengan variasi rasa yang disukai anak-anak, namun tentunya vitamin terbaik berasal dari buah dan sayuran alami.

6. Madu

Madu dengan banyak manfaat telah dipercaya dari dulu dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Madu mengandung 3 zat penting yaitu fruktosa,glukosa dan sukrosa alami yang membantu memenuhi asupan gizi yang baik untuk anak-anak.

Tambahkan Dengan Suplemen Gizidat

Madu mengandung tingkat keasaman yang tinggi sebesar 3,65 yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam usus anak, membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dan penetral zat racun. Madu dapat dijadikan konsumsi rutin anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Saat ini telah tersedia madu hutan alami yang baik untuk kesehatan anak yaitu Madu Gizidat.

Madu Gizidat bahkan mengandung kurkumin atau dikenal dengan sebutan temulawak untuk menambah nafsu makan dan protein sidat, jadi bagi yang memiliki anak yang sulit makan dan berdaya tahan tubuh  lemah sangat disarankan mengkonsumsi Madu Gizidat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *