Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Peran penting sistem imun atau kekebalan tubuh yaitu memberikan perlindungan dari pengaruh luar seperti virus dan bakteri yang melibatkan pada sel dan organ pada organisme. Jika kekebalan tubuh melemah maka perlindungan juga melemah dan menyebabkan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh dan berkembang. Jika dibiarkan secara terus menerus, maka akan menyebabkan suatu penyakit.

Pada anak – anak, sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga sangat rentan terhadap suatu penyakit. Meskipun demikian, ada beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh pada anak yang dapat orang tua lakukan, sehingga anak memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah sakit. Jika buah hati Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Orang Tua Harus Meningkatkan Sistem Imun Anak

Ketika bayi baru dilahirkan, maka sistem imunnya tidak cukup kuat. Sistem kekebalan bayi harus beradaptasi terlebih dahulu agar lebih kuat. Lama – lama sistem imun anak akan melawan serangkaian bakteri dan virus. Kemudian terus berlanjut hingga mereka kebal terhadap bakteri dan virus. Itu sebabnya banyak dokter mempertimbangkan bahwa anak normal, ketika anak mengalami sakit.

Oleh karena itu, orang tua harus berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Berikut ini cara meningkatkan daya tahan tubuh pada anak yang dapat Anda lakukan:

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisinya

Pada bayi baru lahir, ASI merupakan makan utama yang harus diberikan. ASI juga berperan sebagai antibodi alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi. Ini dilakukan hingga sampai 6 bulan pertama dan kemudian jika Anda ingin menambahkan susu formula untuk melengkapi gizinya.

Menurut penelitian, Manfaat ASI lainnya adalah untuk meningkatkan kecerdasan dan mencegah terjadinya penyakit seperti penyakit diabetes, infeksi telinga, alergi dan lain – lain. Ketika bayi bertambah usia, maka bayi juga membutuhkan nutrisi tambahan seperti sayuran, buah – buahan dan lainnya.

Beberapa buah mengandung fitonutrien yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Karena dapat memperbanyak produksi sel darah putih dan interferon, dalam hal ini keduanya berperan dalam melawan infeksi virus dan bakteri.  Sayuran dan buah – buahan juga dapat melindungi anak dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

  1. Pantau Waktu Tidurnya

Dalam sebuah studi membuktikan bahwa orang dewasa yang kurang istirahat akan mudah sakit, karena kekebalan tubuhnya gagal dalam melawan kuman, virus dan juga bakteri. Hal ini juga berlaku untuk bayi ataupun anak- anak. Jika bayi atau anak- anak jam tidurnnya kurang, maka dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuhnya menurun dan mudah terkena sakit.

  1. Memberikan Nutrisi Tambahan

Cara meningkatkan daya tahan pada anak selanjutnya yaitu dengan memberikan nutrisi tambahan. Jika Anda bingung memilih nutrisi apa yang paling cocok untuk buah hati Anda, Madu gizidat dapat Anda jadikan solusi terbaik untuk buah hati Anda. Syrup dengan rasa yang manis anak – anak pasti menyukainya.

Madu Gizidat merupakan jenis madu hutan yang di peroleh dari berbagai hutan di Indonesia, sehingga memiliki varian rasa. Madu Gizidat ini juga dikombinasikan dengan bahan lain seperti temulawak, ikan sidat, dan juga probiotik alami.

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Anak

Cara meningkatkan daya tahan tubuh pada anak sebenarnya tidaklah sulit. Salah satunya adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan kaya serat. Selain itu, makanan yang diberikan pada anak harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan juga mineral. Dengan kebutuhan nutrisi yang tercukupi, maka akan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Ada beberapa jenis makanan yang sangat direferensikan untuk anak, karena jenis makanan tersebut selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat membantu proses tumbuh kembang anak dengan baik. Semua orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh sehat, cerdas dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya kandungan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dan berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

Vitamin C sangat berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh buah hati Anda. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup, maka buah hati Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan dapat terhindar dari berbagai macam serangan virus, bakteri atau penyakit yang lainnya.

Cara penyajiannya, Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau diberikan begitu saja namun harus diambil bijinya terlebih dahulu.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin dan serat. Jadi sayang banget, jika Anda tidak memasukkan sayuran yang satu ini dalam menu masakan sehari hari untuk buah hati Anda. Brokoli selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A dan E. Selain itu, brokoli juga mengandung mineral.

Cara mengolah sayur brokoli juga tidaklah sulit, Anda tinggal memotong sayuran ini pada kuntum – kuntumnya, kemudian mencucinya rendam sebentar dengan air yang dikasih sedikit garam setelah itu Anda baru merebusnya hingga matang.

  1. Bayam

Sayuran bayam mengandung vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Dengan kandungannya tersebut, mengkonsumsi sayur bayam secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh buah hati Anda. Cara pengolahannya juga cukup mudah, Anda dapat mengolahnya menjadi sayuran berkuah yang dikombinasi dengan campuran sayuran lain.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa bayam merupakan jenis sayuran yang tidak tahan lama dan tidak boleh dipanasi karena akan mengeluarkan zat racun yang berbahaya untuk tubuh. Saat mengolah bayam menjadi menu makanan di rumah, sebaiknya masak hanya untuk sekali makan saja dan dianjurkan untuk tidak menyimpannya lebih dari 4 jam.

  1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan sumber vitamin E yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Perlu Anda ketahui, bahwa bahwa vitamin E yang terkadung dalam biji almond, memegang peranan penting untuk menjaga stamina tubuh. Selain kacang almond, maupun jenis kacang – kacangan lainnya yang memiliki kandungan vitamin E, berbagai vitamin dan juga lemak sehat.

Cara penyajian kacang almond untuk anak – anak, sebaiknya di blender hingga halus dan campurkan ada bubur sereal atau menu makanan yang lain. Kacang almond ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Selain beberapa jenis makanan di atas, keju dan yoghurt juga sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Perlu Anda ingat, jangan mengolah sayuran bayam dan brokoli yang terlalu lama karena tidak baik untuk kesehatan.

Selain menjaga pola makan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang, cara meningkatkan daya tahan tubuhadalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat dapat mengganggu kesehatan berbagai fungsi dan sistem tubuh, termasuk sistem imunitas, sehingga buah hati Anda tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *